Mengatasi Jerawat dengan Khasiat Tempe

702
Wikipedia

Diedit:

Mungkin Anda salah satu orang yang mengernyitkan dahi sewaktu membaca judul artikel ini. Bagaimana bisa mengatasi jerawat dengan tempe? Apa kaitan tempe dengan jerawat? dan bagaimana cara kerja tempe dalam mengatasi jerawat?

Untuk menjawab kebingungan Anda, artikel ini akan menjelaskan kepada Anda, bahwa pada kenyataannya jerawat bukan sekadar persoalan yang terkait pada kualitas kulit dan wajah, melainkan masalah kesehatan tubuh yang lebih luas cakupannya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan jerawat, termasuk kondisi kesehatan tubuh yang menurun.

Salah satu penyebab yang belakangan diyakini menjadi masalah utama penyebab jerawatan adalah persoalan ketidakseimbangan hormonal. Selain itu, jerawat juga kerap dikaitkan dengan kondisi tubuh yang kekurangan asupan nutrisi magnesium dan selenium.

Masalah ketidakseimbangan hormonal ini meski seolah berkutat dalam persoalan kesehatan kewanitaan, ternyata bisa menyebabkan persoalan lain pada tubuh Anda. Mereka yang memiliki kadar testosteron tinggi dan kadar estrogen rendah cenderung mudah mengalami infeksi dan peradangan. Tak sedikit dari masalah hormonal, seseorang malah mengalami keluhan gastritis dan radang usus. Dan ketika pencernaan bermasalah, bisa jadi itu akan memicu masalah jerawat yang makin berat.

Lalu, adakah cara mengatasi jerawat yang ampuh terkait dengan keluhan ini? Tentu saja, dan kabar baiknya cara ini sangat mudah dan sederhana, bahkan bisa dibilang juga sangat enak. Rahasianya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak tempe.

Kedelai terbukti secara medis memiliki khasiat meningkatkan produksi estrogen. Estrogen akan melawan efek samping dari penumpukan testosteron, salah satunya adalah munculnya jerawat. Ketika kadar estrogen dalam tubuh dalam batas normal, secara berkala wajah Anda akan kembali bersih dari jerawat dan kadar minyak pada wajah juga akan berkurang.

Baca juga:  Kulit Mulus Bebas Jerawat dengan Mengikuti Pola Diet Ini!

Tetapi bukan hanya kedelai yang menjadikan tempe sangat baik untuk mengatasi jerawat dari dalam. Dalam proses peragian tempe, terdapat banyak selenium dan magnesium yang terbentuk. Selenium dan magnesium ini sangat baik dalam pembentukan minyak pada wajah. Ketika wajah mulai tidak berminyak, wajah akan lebih toleransi terhadap debu dan bakteri sehingga tidak mudah berjerawat.

Magnesium juga baik untuk memperbaiki struktur pencernaan, meredakan keluhan asam lambung tinggi, dan membantu kinerja usus menjadi lebih baik. Jika pencernaan sehat, wajah Anda pun akan menjadi lebih sehat pula.

Satu lagi yang menjadikan tempe andalan mengatasi jerawat adalah kadar vitamin E di dalamnya yang sangat tinggi. Vitamin E sangat baik Anda konsumsi untuk proses regenerasi sel sehingga mencegah sekaligus mengurangi masalah bekas jerawat.

Coba perbanyak konsumsi tempe dengan menu Anda sehari-hari. Lakukan diet khusus ini selama 1 sampai 2 minggu dengan cara yang moderat. Lihat dan rasakan sendiri setelah beberapa pekan bagaimana cara mengatasi jerawat ini akan mengembalikan lagi wajah Anda yang cerah dan sehat.

Advertisement
Alinesia