Share:

Kami sudah membahas mengenai apa itu gemuk air pada ulasan sebelumnya. Kini kita akan mencoba melihat bagaimana cara mengatasi gemuk air. Apa 15 cara mengatasi gemuk air yang paling efektif dalam kasus ini?

Jelas diuraikan sebelumnya, bahwa gemuk air adalah kondisi berbeda dengan gemuk lemak sebagaimana biasa. Di sini, ada efek kelebihan komposisi air dalam tubuh yang menyebabkan massa tubuh meningkat.

Yang menyulitkan, karena bukan berasal dari lemak, maka massa berlebih ini tidak bisa dibakar dan diolah menjadi energi. Sehingga cara menguruskan berat badan biasa yang lazim kita kenal mungkin tak sepenuhnya efektif mengatasi gemuk air karena retensi air.

15 Cara Efektif Mengatasi Gemuk Air!

Merujuk pada penyebab kondisi gemuk air, jelas dapat disimpulkan ada pendekatan berbeda untuk cara mengatasi gemuk air. Karena Anda sedang tidak berhadapan dengan lemak, melainkan dengan komponen air.

Air pada dasarnya dapat diuapkan atau malah dibuang dari tubuh melalui proses pembuangan seperti melalui pembuangan urin, pembuangan feses, keringat dan sedikit pada uap air. penyaluran kelebihan air melalui media ini akan membantu mengatasi gemuk air karena retensi air.

Pendekatan khusus yang perlu Anda lakukan sebagai cara mengatasi gemuk air adalah sebagai berikut;

Kurangi Aktivitas Fisik Luar di Udara Panas


Untuk mengatasi gemuk air, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan rutin. Bahkan disarankan untuk tetap aktif untuk membantu Anda tetap berkeringat dan meregulasi sirkulasi darah. Tetapi ingat, sebaiknya hindari aktivitas fisik berlebihan di udara panas.

Sebagaimana dijelaskan cara mengatasi gemuk air jelas berbeda dengan cara konvensional pada gemuk lemak. Anda sangat tidak disarankan untuk sering terserang dehidrasi. Karenanya pastikan hanya melakukan aktivitas fisik luar ruangan ketika udara tidak terlalu panas.

Udara panas membuat Anda semakin rentan mengalami dehidrasi. Dan ini akan membuat Anda semakin rentan mengalami retensi air. semakin sulit untuk Anda mengatasi gemuk air karena kelebihan berat air.

Kurangi Stress


Mengendalikan stress juga memiliki peran dalam membantu mengatasi gemuk air. Karena stress dapat menjadi pemicu kegemukan, baik itu karena efek lemak maupun karena efek retensi air.

Pada Scandinavian Journal of Clinical and Laboratory Investigation tahun 1993, dijelaskan efek dari stress adalah peningkatan hormon kortisol. Yang tidak kita duga, hormon stress satu ini justru meningkatkan kecenderungan retensi air.

Kondisi ini disebabkan oleh pengaruh hormon kortisol akan memicu pembentukan hormon ati diuretik atau disebut dengan ADH (Anti Diuretic Hormone). Hormon ini menghambat proses penarikan cairan oleh ginjal untuk diubah menjadi urin. Sehingga kelebihan cairan dalam tubuh terendap dan tidak terdorong keluar dengan optimal.

Mengendalikan stress tentu saja akan membantu mengendalikan pembentukan hormon stress termasuk hormon kortisol. Dan akan membantu menghambat pembentukan ADH. Dan akan menjadi cara mengatasi gemuk air dengan efektif.

Kurangi Asupan Garam


Sebagaimana dijelaskan, bahwa garam memiliki efek cukup kuat memicu gemuk air. hal ini telah diungkap dalam studi yang dilaporkan tahun 1987 dalam jurnal Clinical and Experimental Hypertension.

Garam akan menyebabkan darah mengental dan ini mendorong tubuh menarik lebih banyak air menuju darah. Tubuh menahan pembuangan air dan menahannya dalam darah. Kondisi yang juga memicu retensi air.

Maka langkah awal yang harus Anda lakukan sebagai cara mengatasi gemuk air adalah dengan menurunkan asupan garam.  Mulai dari mengurangi penggunaan bumbu garam dalam masakan, hingga menghindari makanan cepat saji dan criping.

Semakin terkendali asupan garam yang Anda konsumsi, semakin baik keseimbangan elektrolit dalam darah dan semakin baik pula keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kurangi Asupan Gula


Tidak hanya garam, gula juga memiliki peran dalam proses retensi air. Dan karenanya Anda juga perlu mengurangi asupan gula sebagai cara mengatasi gemuk air karena efek retensi air.

Gula yang berlebihan juga akan membuat tubuh Anda semakin sulit untuk membakar lemak dalam tubuh Anda. Himpunan lemak ini adalah wadah paling mudah untuk menyimpan kelebihan air. kadang komponen air dalam cadangan gula dan cadangan lemak bisa mencapai 50%.

Di sisi lain efek insulin yang muncul berlebihan akibat konsumsi gula berlebihan akan memicu retensi air pula. Karena insulin menyebabkan tubuh lebih mudah mengalami kenaikan kadar sodium dan menghambat proses penarikan cairan tubuh menuju ginjal.

Pengaruh gula sebagai penyebab kegemukan karena retensi air dijelaskan dalam American Journal Public Health Nations Association tahun 1951. Jadi untuk mengatasi gemuk air, jelas Anda harus diet gula mulai sekarang.

Gunakan gula alami yang lebih sehat seperti stevia untuk memberi hasil lebih baik. Dan hindari asupan yang terlalu kaya gula macam soda dan manisan.

Tingkatkan Asupan Air


Anda sedang berhadapan dengan masalah retensi air, gemuk air dan kini Anda disarankan minum lebih banyak? Terdengar kontraindikatif bukan? tetapi demikianlah faktanya.

Karena untuk mencegah tubuh menyimpan banyak air, Anda harus tetap terhidrasi. Hal ini jelas diungkap dalam Journal of the American Society of Nephrology tahun 2008.

Untuk tubuh melakukan proses detoksifikasi, tubuh membutuhkan air. tanpa cukup air, proses detoksifikasi tidak dapat berjalan optimal. sementara proses detoksifikasi ini pula akan menjadi jalan bagi keluarnya kelebihan air yang tidak dibutuhkan tubuh.

Dalam pendekatan lain, air adalah satu-satunya cara untuk mencegah dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh otomatis menjalankan sistem retensi air untuk mencegah dehidrasi berjalan lebih lanjut.

Masalahnya, ketika Anda minum kembali, retensi air akibat dehidrasi tetap berjalan sehingga tidak bisa membuang kelebihan air dalam tubuh. Karenanya selalu minum dengan teratur untuk mencegah dehidrasi terjadi.

Tingkatkan Asupan Suplemen Vitamin B6


Sebagaimana dijelaskan, tubuh wanita dengan mudah bereaksi dengan perubahan hormonal dan memicu tubuh membentuk gemuk air. Pada kasus semacam ini, cara melangsingkan tubuh yang simpel adalah dengan menambah suplemen vitamin B6.

Vitamin B6 memberi manfaat besar dalam meredam efek dari perubahan hormonal. Termasuk di antaranya kecenderungan tubuh untuk menahan lebih banyak air. semakin baik kadar vitamin B6 dalam tubuh, semakin rendah kecenderungan tubuh untuk melakukan retensi air.

Beberapa pakar bahkan sepakat, bilapun wanita tampak resisten terhadap efek perubahan hormon, termasuk tidak mengalami masalah pembengkakan dan perubahan berat badan signifikan, besar kemungkinan karena kadar vitamin B6 dalam tubuh mereka mencukupi.

Tingkatkan Asupan Kalium dan Magnesium


Kadang sekedar mengurangi garam tidak cukup efektif mengatasi retensi air yang sudah berlebihan. Anda perlu semacam penetral tingginya kadar natrium dalam darah. Dan di sinilah peran kalium dan magnesium.

Pada dasarnya kalium dan magnesium adalah komponen penting yang menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Keseimbangan dalam elektrolit tubuh menjadi bagian penting untuk memastikan proses pembuangan air berjalan baik.

Sebagaimana dijelaskan dalam European Journal Applied Physiology and Occupational Physiology tahun 1999. Ketika kadar elektrolit menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah Anda bisa mengalami masalah gemuk air.

Keduanya membantu mengembalikan keseimbangan alkali tubuh dan membantu fungsi keseimbangan cairan tubuh kembali normal. Ini yang akan mempercepat proses turunnya berat badan gemuk air.

Catatan penting yang perlu Anda perhatikan di sini, untuk cara mengatasi gemuk air dengan tepat, Anda harus seimbangkan asupan air dan elektrolit. Juga harus menyeimbangkan kadar keringat dan urin yang Anda keluarkan dengan elektrolit yang Anda konsumsi.

Tingkatkan Asupan Protein


Mengonsumsi protein juga bermanfaat mengatasi gemuk air. sedikit yang tau bahwa protein berperan dalam proses keseimbangan cairan. Karena tubuh membutuhkan air untuk membuang kelebihan protein dalam tubuh. Karenanya mendorong ginjal menarik lebih banyak air.

Selain itu salah satu bentuk asam amino, bentuk turunan dari protein bernama albumin terbukti melindungi pembuluh darah dan mencegah terjadinya pelepasan cairan keluar dari pembuluh darah. Kondisi ini mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki.

Pada dasarnya pembengkakan semacam ini disebut edema. Pembengkakan terjadi akibat keluarnya cairan dari dalam pembuluh darah dan masuk ke dalam jaringan halus disekitarnya. Dan albumin terbukti efektif mencegah kondisi ini terjadi, sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Blood Transfusion tahun 2009.

Tingkatkan Asupan Sayur dan Buah


Buah dan sayuran adalah asupan sehat yang memberi manfaat mengatasi gemuk air. Selain baik untuk kerja pencernaan, rupanya buah dan sayuran memiliki sejumlah efek pada fungsi keseimbangan cairan tubuh.

Pertama karena keduanya kaya akan serat yang nantinya akan bekerja menarik cairan menuju usus. Cairan akan bekerja membantu laju pencernaan dan membantu melunakan feses. Semakin baik kadar serat yang Anda asup, semakin baik penarikan cairan menuju usus dan semakin mengurangi efek retensi air dalam tubuh Anda.

Sejumlah buah dan sayuran juga memiliki efek diuretik ringan yang membantu meningkatkan volume urin tanpa menyebabkan efek dehidrasi. Pada dasarnya diuretik penting bagi tubuh, untuk mengendalikan keseimbangan cairan tubuh. Tentu saja pastikan efek diuretik yang Anda konsumsi tidak berlebihan, untuk mencegah terjadinya efek dehidrasi.

Tingkatkan Olahraga Kardio


Ini lebih dari sekedar menjadi aktif. Anda akan mendapatkan dua kali manfaat cara mengatasi gemuk air sekaligus dari olahraga kardio. Karena kinerja olahraga ini sekaligus bermanfaat mengatasi gemuk air karena efek lemak dan karena kelebihan berat air.

Sekilas memang olahraga kardio bekerja menyingkirkan kelebihan lemak dengan membakarnya menjadi energi. Tetapi kardio juga akan mendorong Anda lebih berkeringat. Keringat ini yang membantu Anda menurunkan kadar air dalam tubuh.

Selain itu, olahraga kardio terbukti membantu memperbaiki detak jantung Anda. tentu saja dengan detak jantung menjadi lebih sehat, sirkulasi darah Anda juga akan terstimulasi lebih baik. Sirkulasi darah yang sehat akan membantu proses pengeluaran kelebihan air dari dalam tubuh.

Dijelaskan sebelumnya dua aspek ini, sirkulasi darah dan keringat akan sangat efektif membantu Anda mengatasi gemuk air karena efek kelebihan berat air.

Kendalikan Asupan Karbohidrat


Pada dasarnya karbohidrat adalah komponen gula. Ketika Anda diminta menjalankan diet gula untuk mengatasi gemuk air karena retensi air, maka otomatis Anda juga akan disarankan menjalankan diet rendah karbohidrat.

Karena karbohidrat di dalam tubuh akan diubah menjadi pati dan kemudian menjadi glukosa. Glukosa akan diserap oleh tubuh dan masuk sebagai bagian dari komposisi darah. Kala glukosa tinggi, insulin akan dilepas dan mengirimkan sinyal bagi sel untuk menarik glukosa dari darah.

Masalahnya, ketika kita kelebihan glukosa, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin. Kondisi yang akan mendorong tubuh cenderung menahan air, sebagaimana dijelaskan sebelumnya di atas. Dan karenanya, untuk membantu mencegah retensi air, sebaiknya kendalikan pula asupan karbohidrat.

Kendalikan Asupan Kafein


Kafein kadang dianggap menjadi penyebab gemuk air. tetapi sebenarnya, masalah utamanya bukan pada kafein yang Anda asup, tetapi pada kadar kafein yang Anda konsumsi.

Selama Anda tidak mengonsumsinya dengan berlebihan, efek diuretik dari kafein justru membantu Anda mengatasi gemuk air karena efek kelebihan berat air.  hal ini diungkap dalam sejumlah studi, termasuk dalam Nutrition Reviews tahun 1978.

Menambahkan 1 – 2 cangkir teh atau kopi dalam menu harian Anda, dengan gula yang sedang akan menjadi cara mengatasi gemuk air yang menyenangkan dan penuh selera.

Hanya saja pastikan tidak mengonsumsi kafein berlebihan dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan air yang mencukupi. Kebiasaan mengonsumsi kafein yang tidak tepat akan meningkatkan resiko dehidrasi.

Kendalikan Kuantitas dan Kualitas Tidur


Tidur cukup juga berperan dalam membantu mengatasi gemuk air. Mungkin beberapa dari Anda sulit menemukan benang merah antara kuantitas dan kualitas tidur dengan gemuk air. Tetapi faktanya kedua aspek ini berkaitan kuat.

Dalam American  Journal of Physiology, Regulatory, Integrative and Comparative Physiology tahun 2010 dijelaskan bahwa pola tidur yang sehat ternyata berpengaruh pada fungsi saraf ginjal dalam menarik kelebihan air dalam tubuh.

Studi lain menjelaskan selama kita tidur, tubuh membentuk fungsi detoksifikasi. Proses ini membutuhkan peran air sebagai alat angkut toksin dan residu keluar dari tubuh. Bersama dengan proses ini tentu saja tubuh akan menarik kelebihan air dalam tubuh.

Kendalikan Posisi Tidur dan Duduk


Bila Anda harus bekerja atau beraktivitas dengan posisi duduk dalam waktu yang lama, coba untuk melakukan sedikit gerakan dengan mengangkat kaki Anda secara berkala. Lakukan berulang untuk membantu mencegah pembengkakan kaki. Bila Anda sudah bisa memiliki waktu, segera rebahkan diri dengan posisi kaki diangkat. Ini membantu aliran darah dan cairan kembali ke bagian atas tubuh.

Banyak dari kita tak cukup memahami kasus kegemukan yang Anda alami adalah kasus gemuk air. Harus diakui secara fisik gemuk karena efek retensi air sama sekali tidak tampak berbeda dari kasus gemuk biasa.

Kendalikan Aktifitas Harian


Tahukah Anda keringat adalah salah satu perantara dari keluarnya kelebihan air dalam tubuh? Dan karenanya menjadi lebih berkeringat adalah cara efektif membantu mengatasi gemuk air.

Mereka yang rutin melakukan aktivitas fisik sehari-hari dan memiliki produksi keringat lebih banyak cenderung memiliki berat air yang tidak terlalu tinggi. karenanya, coba untuk tetap aktif dan biarkan tubuh Anda menghasilkan keringat.

Tidak hanya membantu Anda berkeringat, tetapi beraktivitas fisik akan membantu melancarkan kembali sirkulasi darah. Sementara sirkulasi darah yang lancar akan memudahkan kerja ginjal menarik lebih banyak kelebihan air.

Dalam jurnal Medycyna Pracy tahun 2006, dikatakan bahwa aktivitas fisik akan membantu Anda mengatasi gemuk air dengan lebih efektif dari cara lain.

Memahami dengan baik apakah penyebab kegemukan akan membantu Anda menemukan cara mengatasi gemuk air dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Baca juga  6 Cara Cepat Kurus yang Tidak Disarankan untuk Dilakukan

Sebagaimana dijelaskan, cara mengatasi gemuk air jelas berbeda dari cara melangsingkan tubuh dengan gemuk karena lemak.

Nurul Kuntarti

Menggeluti dunia penulisan, namun menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat.


Artikel di-posting oleh Nurul Kurtanti dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.