Mempercepat Metabolisme: Akankah Membuat Anda Langsing?

490

Diedit:

Banyak orang berpendapat bahwa metabolisme sangat berpengaruh pada angka di timbangan. Benarkah demikian? Meskipun mempercepat metabolisme memang berpengaruh pada jumlah kalori yang dibakar setiap harinya, bukan berarti ini adalah satu-satunya cara yang efektif untuk melangsingkan tubuh. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya, maka bacalah artikel ini untuk mengetahui cara mempercepat metabolisme.

Bobot tubuh sangat bergantung pada jumlah kalori yang Anda konsumsi dan berapa banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan. Hanya dalam kasus tertentu—misalnya memiliki sindrom Cushing dan penyakit hipotiroidisme, metabolisme yang rendah dapat disalahkan menjadi penyebab berat badan berlebih.  

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus berfokus pada faktor-faktor yang bisa dikendalikan. Faktor di bawah ini dapat membantu untuk mengontrol bobot tubuh dan mempercepat metabolisme Anda.

Faktor Penentu Metabolisme yang Dapat Dikendalikan

  • Kalori. Untuk melangsingkan tubuh, kurangilah jumlah asupan kalori Anda. Dan tanamkan dalam pikiran bahwa seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori pun semakin berkurang. Ini dikarenakan seraya menua, masa otot cenderung menyusut dan digantikan oleh lemak—lemak membakar lebih sedikit kalori dibandingkan otot.
  • Aktivitas. Aktif secara fisik dan rutin berolahraga sangat bermanfaat, terutama untuk mencegah bertambahnya berat badan. Olahraga aerobik membantu Anda membakar kalori, dan latihan beban berperan penting dalam mempertahankan dan menambah masa otot.

3 Cara Praktis Mempercepat Metabolisme dan Mengurangi Berat Badan

Olahraga Aerobik Secara Rutin

Latihan aerobik adalah cara paling efektif untuk membakar kalori, ini mencakup aktivitas seperti berjalan kaki, bersepeda, dan berenang. Mulailah dengan menjadwalkan paling tidak 30 menit olahraga aerobik ke dalam rutinitas sehari-hari Anda.

Bagi yang ingin mendapatkan berat badan lebih ideal, Anda dapat menambahkan waktu untuk berolahraga. Setidaknya, lakukanlah lebih banyak aktivitas fisik misalnya dengan menggunakan tangga daripada lift, berjalan kaki menuju sekolah/kantor, atau sekadar mengelilingi mall untuk melihat-lihat.

Latihan Beban

Latihan seperti angkat beban, push-up, serta pull-up dapat sangat bermanfaat untuk mempertahankan masa otot agar tidak hilang dimakan usia. Dan karena otot membakar kalori lebih banyak dibanding lemak, masa otot yang besar adalah salah satu kunci dalam melangsingkan badan.

Konsumsi Makanan yang Mempercepat Metabolisme

Apel, putih telur, daging tanpa lemak, cabai, kopi, teh hijau, susu, serta gandum utuh diyakini dapat membuat bobot tubuh Anda lebih cepat berkurang.

Tambahkan Ativitas Fisik dalam Gaya Hidup

Setiap gerakan ekstra yang Anda lakukan membutuhkan kalori, karenanya cobalah untuk mencari rute berjalan yang lebih jauh dari sebelumnya. Misalnya dengan parkir di tempat yang jauh sehingga Anda akan lebih banyak, rutin mencuci mobil sendiri, menyapu rumah, dan menata taman dengan tangan sendiri. Selain mempercepat metabolisme, aktivitas tersebut akan menambah kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup Anda.

Ketiga langkah di atas tidak melibatkan suplemen tertentu untuk mempercepat metabolisme, karena produk demikian sebenarnya tidak banyak membantu, bahkan ada yang memiliki efek samping negatif. Namun jika Anda tetap ingin menggunakannya, pertimbangkanlah matang-matang dan konsultasikan dulu dengan dokter atau profesional lain.

Baca juga:  Apakah Banyak Minum Air Bagus untuk Metabolisme?
Advertisement
Alinesia