Hindarilah 6 Kesalahan yang Jadi Penyebab Metabolisme Menurun!

484

Diedit:

Metabolisme berperan besar bagi tubuh dalam proses pembentukan energi. Metabolisme akan membantu tubuh Anda mendapatkan cukup energi untuk menjalankan aktivitas Anda. Dan peran metabolisme juga sangat besar untuk membantu Anda tetap dalam ukuran tubuh ideal Anda, tetap bersemangat serta membantu dalam proses pembentukan otot.

Jadi tentu menjadi masalah ketika Anda menyadari tengah mengalami  masalah metabolisme menurun. Karena dengan kondisi ini, diet Anda bisa jadi akan berbuntut kegagalan. Tidak hanya itu, Anda kehilangan kemampuan untuk bekerja dengan efektif, bertenaga, bersemangat dan berkonsentrasi.

Sebenarnya, ada beberapa kondisi yang tanpa Anda sadar justru menjadi penyebab metabolisme menurun. Dan untuk membantu Anda menyadari kesalahan tersebut, berikut adalah 6 kesalahan yang biasa dilakukan dan menjadi penyebab metabolisme menurun.

  • Masalah tidur

    Rupanya tidur adalah aspek penting yang sangat perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

    Tidur dengan durasi yang tepat akan membantu menjaga kondisi tubuh Anda, menjaga kinerja setiap bagian organ berjalan dengan baik karena sistem pengaturnya, yakni otak, dalam kondisi prima.

    Ketika seseorang kurang tidur banyak sistem hormonal dalam tubuh berjalan dengan tidak seimbang dan saling kontradiktif. Tubuh akan mengalami kebingungan antara otak yang tidak tersuplai cukup oksigen dengan sistem jam normal tubuh yang mengarahkan Anda untuk beraktivitas. Dan kondisi ini akan menyebabkan Anda mengalami penurunan ritme tubuh, penurunan sirkulasi darah, dan menjadi penyebab metabolisme menurun.

  • Mengonsumsi kopi rendah cafein

    Anda terbiasa memulai hari dengan kopi, itu bukan ide yang buruk. Beberapa pakar meyakinkan kopi dalam porsi wajar sangat aman bahkan sangat baik membantu meningkatkan metabolisme.

    Hanya saja bila yang Anda pilih hanya kopi rendah cafein, apalagi ditambahkan dengan sederet tambahan seperti krim, susu, pemanis, berbagai perasa, sebenarnya manfaat kopi menjadi lenyap.

    Anda mungkin kurang suka dengan efek tendangan cafein yang tajam di dalam tubuh Anda, atau bisa jadi tidak suka rasanya yang getir. Campurkan saja satu sendok teh kopi hitam berkualitas dalam minuman kopi berperasa Anda, sedikit menjadi lebih tajam, tetapi cukup bersahabat untuk lidah Anda. Dan khasiatnya juga jelas lebih baik.

  • Sarapan nasi goreng

    Nasi goreng atau pilihan sejenis seperti roti selai dan semangkuk oatmeal mungkin satu contoh sarapan simpel yang mudah Anda siapkan di pagi hari. Tak salah memang mengingat sarapan kadang hanya bisa disiapkan dalam waktu yang pendek, toh lebih baik sarapan daripada tidak sama sekali.

    Tetapi sarapan dengan karbohidrat saja akan menyebabkan tubuh kekurangan dorongan untuk membentuk energi. Anda tetap membutuhkan protein untuk memacu pembentukan energi, termasuk juga lengkap dengan vitamin dan mineral untuk meningkatkan kinerja metabolisme.

    Jadi jangan lupa untuk menghadirkan protein dan tambahan sayuran atau buah dalam sayuran Anda. Bahkan bila itu hanya beberapa iris tomat dan selembar selada di dalam setangkap sandwich isi telur mata sapi.

  • Berlebihan dengan olahraga

    Beberapa orang demikian terobsesi untuk kurus sampai mereka merelakan waktu mereka lebih panjang di dalam fitness center. Membakar kalori dalam tubuh dengan olahraga memang bagian penting dari diet, tetapi berlebihan dengan olahraga bisa menyebabkan tubuh justru mengalami kelelahan berlebihan dan ini akan menjadi penyebab metabolisme menurun.

    Daripada berlebihan dengan olahraga, pastikan Anda rutin dengan olahraga dan lakukan beberapa aktivitas harian Anda dengan orientasi gerakan fisik. Misalkan bila memang Anda hanya harus turun satu lantai ke bagian direksi lain di kantor Anda, kenapa harus menggunakan elevator kalau akan lebih sehat dengan menuruni tangga.

  • Mengabaikan rasa lapar setelah olahraga

    Pada masa lalu beberapa orang mengatakan untuk berhasil dengan diet, lupakan rasa lapar yang Anda rasakan setelah berolahraga. Padahal rasa lapar jelas merupakan sinyal alami tubuh Anda membutuhkan asupan sumber energi. Dan biasanya rasa lapar ini biasa muncul sekalipun Anda sudah mengisi perut sebelum olahraga.

    Jangan hindari makan setelah olahraga, sekalipun Anda tidak lapar. Hanya saja pastikan asupan yang Anda makan bukanlah yang berlemak. Anda bisa konsumsi semangkuk kecil kacang kenari, juice alpukat tanpa susu cokelat, dan lain sebagainya.

  • Kekurangan minum

    Untuk membentuk energi, tubuh tidak hanya butuh karbohidrat, lemak, protein dan sederet vitamin serta mineral. Tetapi juga membutuhkan air. Jadi jangan biarkan Anda kekurangan asupan air sepanjang hari Anda.

    Air akan menjaga densitas air dalam tingkat kekentalan yang tepat, air akan mendorong residu tubuh mengalir keluar melalui urin, air juga mendorong sistem cerna bekerja dengan baik, air membantu darah menghantarkan pati, gula, asam amino dan semua nutrisi lain menuju setiap bagian sel dengan maksimal. Jadi tanpa air bagaimana metabolisme bisa berjalan normal?

Baca juga:  Diet Sehat: Apa Hubungan Tidur Dengan Metabolisme Tubuh?

Bisa Anda lihat, 6 kesalahan di atas adalah kesalahan sederhana yang sudah biasa kita lakukan selama ini. Tanpa disadari justru menjadi penyebab metabolisme menurun.

Jadi mulai sekarang coba lebih cermati lagi kebiasaan-kebiasaan Anda yang selama ini ternyata salah. Lalu lihatlah hasilnya selama beberapa bulan ke depan, bukan tidak mungkin ketika Anda bercermin ternyata badan kini terlihat lebih langsing.

Advertisement
Alinesia