Noni Juice Tingkatkan Aktivitas Sistem Imun Hingga 30%!


By Cindy Wijaya

Belum banyak yang tahu bahwa pada tanggal 15 Februari 2020, produk Noni juice dalam jumlah besar dikirim ke rumah sakit-rumah sakit di Wuhan, Cina untuk didistribusikan langsung kepada para pekerja medis yang berada di garis depan menghadapi pandemi, karena pada saat itu merekalah yang paling terekspos virus covid-19.

Pendistribusian ini didasarkan uji klinis bahwa Noni juice terbukti meningkatkan aktivitas sistem imun hingga 30% dan mengandung berlimpah antioksidan*, adaptogen* yang kuat, dan mengandung fitonutrien* yang menjaga keseimbangan tubuh. Penelitian tersebut berdasarkan produk Tahitian Noni Juice yang mengandung 89% sari buah Noni dalam setiap botolnya.

Credit: noninewage.com – Jus Mengkudu dikirimkan ke berbagai rumah sakit di Wuhan

Antioksidan – molekul yang menyeimbangkan kadar radikal bebas dalam tubuh, sehingga sistem imun dapat melakukan fungsinya untuk melawan infeksi penyakit.

Adaptogen – bahan alami yang membantu tubuh melawan semua jenis stres, baik secara fisik, mental, maupun emosional.

Fitonutrien – kandungan-kandungan kimia yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Memang buah Noni sejak ribuan tahun yang lalu sudah digunakan oleh para tabib di Tahiti Kepulauan Polinesia untuk meningkatkan energi, daya tahan tubuh, dan membantu memulihkan kesehatan. Kini produk olahan Noni dalam bentuk jus (sari buah) sebagai peningkat imunitas yang efektif telah didukung oleh penelitian ilmiah modern.

Sebuah artikel ilmiah yang didasarkan oleh berbagai penelitian menyebutkan seseorang yang minum Noni juice secara rutin akan mengalami perbaikan dalam penanda-penanda utama dari sistem imun mereka sebagai berikut:

  • 19% penurunan MDA dalam darah – ukuran stres oksidatif
  • 32% peningkatan aktivitas sel NK – sel-sel yang membantu memblok virus dalam tubuh
  • 30% peningkatan protein IL2 – protein yang mengatur sel-sel darah putih yang bertanggung jawab untuk imunitas

Setiap penanda utama (marker) di atas adalah alasan penting bagi Noni juice dalam meningkatkan imunitas tubuh Anda. Sekarang mari kita lihat penjelasan lebih jauh dari ketiga marker tersebut satu demi satu. Penulis berusaha menjelaskannya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami banyak orang.

Marker 1: 19% Penurunan MDA Dalam Darah 

Noni juice membantu meningkatkan imunitas karena merupakan adaptogen yang sangat kuat. Adaptogen penting untuk membantu tubuh Anda pulih dari stres sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga.

Pembentukan Senyawa MDA dalam tubuh akan meningkat ketika Anda stres, karena itu nilai MDA seringkali dijadikan ukuran stres oksidatif. Dampak dari stres oksidatif menyebabkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh akan melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya, dalam jangka panjang bisa menimbulkan penuaan dini, penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dll.

Semua orang menghadapi stres, entah itu secara fisik, mental, ataupun emosional. Dan sayanganya, semua jenis stres dapat menurunkan sistem imun kita! Selain dengan mengendalikan pikiran, dampak negatif akibat stres bisa diredam dengan mengonsumsi suplemen yang kaya akan adaptogen, seperti Noni juice.

Noni juice adalah adaptogen yang sangat powerful, terbukti sesuai penelitian di atas adanya penurunan MDA dalam darah sebanyak 19% setelah meminum Noni juice. Sehingga daya tahan tubuh Anda dapat tetap bertahan walaupun menghadapi stres.

MARKER 2: 32% Peningkatan Aktivitas Sel NK

Setiap orang memiliki sistem imun alami (sel NK) yang merupakan pertahanan tubuh yang pertama kali bekerja saat terdapat invasi dari virus, bakteri, dan mikroba lain.

Sel NK atau juga yang sering disebut natural killer akan terus berpatroli sebagai pasukan penting dari garda sistem imun manusia, yang siap menelan sel-sel terinfeksi (sel abnormal karena kerusakan DNA). Sistem ini umumnya aktif sampai 12 jam pertama sejak invasi terjadi.

Bila seseorang rutin minum Noni juice, ini akan meningkatkan kinerja aktivitas sel NK (sitem imum alami) hingga 32%. Sehinga pasukan sel NK ditubuh Anda semakin aktif dan cepat bereaksi untuk menelan sel-sel yang sudah terinfeksi, agar virus tidak sempat bereplikasi dalam jumlah banyak.

MARKER 3: 30% Peningkatan Protein IL2

Apabila invasi bakteri atau virus tidak dapat diatasi dengan sistem imun alami di atas, maka tubuh akan mengaktifkan sitem imun lainnya. Protein IL2 akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi sel T dan sel B.

Sel T sendiri adalah salah satu tipe dari darah putih yang beperan sebagai antibodi pada tubuh dan pertahanan terakhir tubuh, berbeda dengan sitem imun alami (sel NK) yang menyerang benda-benda asing secara umum, sel T akan menyerang virus secara spesifik.

Caranya antigen (viurs, bakteri, mikroba) akan difagositosis (ditelan) guna ‘mengenali’ antigen tersebut kemudian membuat antibodinya dengan cara mengaktifkan sel B menjadi sel plasma. Selanjutnya sel plasma ini akan memproduksi atibodi yang spesifik untuk melawan antigen tertentu. Kinerjanya seolah-olah sistem imun adaptif tubuh kita memiliki laboratoriumnya sendiri untuk membuat antivirus yang dibutuhkan.

Noni juice berperan meningkatkan aktivitas sistem imun (protein IL2) hingga 30%, ini bukanlah jumlah yang kecil, setiap persen akan sangat menentukan apakah tubuh kita dapat bekerja dengan cepat untuk membuat antivirusnya sendiri, sebelum virus tersebut semakin banyak bereplikasi dan merusak sehingga sulit diatasi. Hal ini menjadi satu alasan penting kenapa orang-orang perlu minum Noni juice, khususnya di tengah pandemi saat ini.

Ingat, kalau kinerja sistem imun kita lemah maka virus akan lebih cepat bereplikasi dan sulit dihancurkan, sehingga virus akan membuat kerusakan disana-sini, termasuk merusak paru-paru sebagai sistem pernafasan.

Noni Juice Kaya Akan Vitamin C

Noni memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dari yang dimiliki oleh jeruk, buah yang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Seberapa penting asupan vitamin C dalam melawan virus? Pertimbangan informasi yang tengah berkembang berikut ini. Kini rumah sakit di New York merawat pasien virus korban pandemi dengan vitamin C, keputusan ini mereka ambil berdasarkan laporan dimana vitamin C dapat membantu orang-orang di terinfeksi virus tersebut di Cina.

Andrew G. Weber, seorang ahli paru dan spesialis di dalam salah satu fasilitas kesehatan ternama di New York mengatakan “Pasien (terinfeksi virus corona) yang menerima vitamin C secara signifikan lebih baik daripada mereka yang tidak mendapatkan vitamin C,” katanya. “Ini sangat membantu, tetapi tidak disorot karena itu bukan obat yang menarik,” ujarnya.

Memang vitamin C bukanlah satu-satunya unsur penyembuhan pasien yang terinfeksi virus, tapi juga bagian yang tidak bisa diabaikan untuk menangkal dan melawan virus jahat.

Kesimpulan Mengapa Noni Juice Dapat Bantu Tubuh Anda Melawan Virus

Memang ada banyak cara atau bahkan resep yang beredar di berita, media sosial, pesan whatsapp, dsb. Sebagian sudah dipastikan hoax, sebagian lagi diragukan kebenarannya, sementara yang lain masih memerlukan penelitian lanjutan.

Bukannya menjadi solusi, berbagai solusi yang ditawarkan malah membuat kita semua semakin stres untuk menentukan langkah pencegahan terbaik apa yang bisa diambil.

Bagaimana dengan Noni juice? Seperti diuraikan di atas, sebuah produk Noni juice dengan merek tertentu dengan kandungan Noni juice tidak sampai 90% telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan tiga cara utama berikut:

  1. Menurunkan angka MDA (19%), agar tubuh pulih dari stres dan imunitas terjaga dan tidak turun.
  2. Meningkatkan (32%) sistem imun alami (sel NK) sebagai sitem pertahan pertama untuk menelan sel-sel terinfeksi baik oleh virus, bakteri, maupun mikroba.
  3. Meningkatkan (30%) sitem imun adaptif (protein IL2) untuk membunuh virus dengan membuat antivirus sendiri dengan cara mengaktifkan sel T dan Sel B, sebagai pertahanan terakhir.

Maka dengan minum Noni juice sehari dua kali @30 ml adalah langkah-langkah terbaik yang bisa Anda ambil untuk memberikan perlindungan tambahan bagi Anda dan keluarga dari wabah virus saat ini.

Disamping minum Noni juice, pastikan untuk terus cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, cukup beristirahat, makan makanan sehat, olahraga secukupnya, jaga jarak, dan tidak panik. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut maka Anda dan keluarga akan mendapatkan perlindungan menyeluruh (luar-dalam) dari wabah saat ini. Sehingga Anda dapat merasa tenang dan aman di tengah situasi saat ini.

Baca juga artikel terkait sehubungan peran Noni dalam meningkatkan daya tahan tubuh penggunanya di sini: Jus Mengkudu Diklaim Menyembukan Pasien Covid-19?

Namun, tahukah Anda bahwa selain meningkatkan daya tahan tubuh, Noni juice juga dapat membantu tubuh untuk memulihkan diri dari sejumlah penyakit seperti darah tinggi, asam urat, diabetes, dan yang lainnya. Silakan baca artikel berikut berikut untuk informasinya: Noni Juice Tingkatkan Imunitas, Lawan Hipertensi, Diabetes, dan 27 Masalah Kesehatan Lainnya!

Sumber

Sumber Referensi:

Noni by NewAge. Boost your immunity with Noni by NewAge. Published: 2020-03-16. URL: https://noninewage.com/en-us/news/7867479/boost-your-immunity-with-noni-by-newage

Noni by NewAge. Tahitian Noni Juice is fantastic for supporting immunity – here’s why. Published: 2020-03-09. URL: https://noninewage.com/en-us/news/7848598/tahitian-noni-juice-is-fantastic-for-supporting-immunity-heres-whyv

Noni by NewAge. Published: 2020-03-20.URL: https://noninewage.com/en-us/news/7937196/noni-by-newage-donates-216-million-in-tahitian-noni-to-frontline-medical-workers-fighting…

Ma DL, Jun Z, Jianhua G, dkk. (2008). The effect of Tahitian Noni Juice on antioxidation and immune function. Chinese Medical Research & Clinical. 6: 8-10

West, Brett. J, dkk. (20178). The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods. 7(4): 58. DOI: 10.3390/foods7040058

Rumah Sakit di New York Berikan Vitamin C pada Pasien. URL: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/25/175500220/rumah-sakit-di-new-york-berikan-vitamin-c-pada-pasien… Penulis : Gading Perkasa. Editor : Lusia Kus Anna

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.