Manfaat Temu Giring untuk Kesehatan dan Kecantikan

711

Diedit:

Temu giring adalah salah satu jenis herbal rimpang yang memiliki kedekatan dengan jenis rimpang lain seperti temulawak, temu ireng, kunyit, dan lengkuas. Daging rimpangnya cenderung lebih keras dalam warna kekuningan pucat dan berserat dengan kulit rimpang berbuku tebal.

Manfaat temu giring tidak kalah kaya dibandingkan jenis rimpang herbal lain. Itu sebabnya, rimpang satu ini lebih lazim dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan tradisional dibandingkan sebagai bahan bumbu masak. Ini berbeda dengan sejumlah rimpang lain seperti jahe, lengkuas, atau kunyit yang sangat familier di dapur. Mungkin karena temu giring memiliki aroma jejamuan yang sedikit kuat dan rasa yang getir sehingga tidak cocok menjadi bumbu dapur.

Meski tidak lazim dimanfaatkan dalam dunia kuliner, tidak ada salahnya untuk menyimpan beberapa rimpang temu giring di rumah Anda. Karena temu giring juga sangat bermanfaat untuk sejumlah keluhan kesehatan dan membantu Anda meningkatkan kebugaran tubuh. Dan berikut sejumlah manfaat temu giring untuk kesehatan:

  • Sebagai obat cacing

    temu giring secara tradisional sudah lama dikenal sebagai herbal obat cacing tradisional. Biasanya temu giring dipadukan dengan sejumlah bahan baku lain seperti bawang, temu ireng, temu lawak dan jenis temu-temuan lain untuk terapi penambah nafsu makan dan cacingan untuk anak.

    Temu giring sendiri berdasarkan catatan jurnal IPB memiliki kandungan pipetazin sitrat, sejenis senyawa fitokimia yang bekerja sebagai toksin terhadap sistem saraf cacing, cacing akan mati dan terbuang melalui sistem pencernaan setelah Anda mengasup temu giring secara rutin dalam beberapa hari.

  • Sebagai anti-inflamasi

    Dalam riset yang dikembangkan oleh Fakultas Farmasi UNAIR ditemukan bahwa terdapat kandungan sejumlah fitosterol, atsiri, zedoarondiol dan etanol dalam temu giring. Ketiganya dapat berperan dalam membantu mengatasi inflamasi dalam tubuh dan di permukaan kulit. Secara tradisional, temu giring biasa dimanfaatkan membantu mengatasi peradangan pada usus dan lambung.

    Dalam riset yang dijurnalkan dalam Journal of International Immunopharmacy tahun 2009 diungkap mengenai manfaat zedoarondiol, salah satu komponen penting temu giring yang terbukti bekerja sebagai agen anti-inflamasi.

  • Mencegah kanker

    Kandungan penting dalam temu giring adalah sesquiterpenes, demikian menurut The Journal of Natural Products berdasarkan riset pada Institute of Natural Medicine, University of Toyama tahun 2013. Kandungan sesquiterpenes ini menurut International Journal Molecular Sciences merupakan sejenis senyawa fitokimia yang memiliki kemampuan menurunkan intensitas kerusakan DNA dan mencegah serta menghambat pembentukan sel kanker. Senyawa ini juga efektif untuk mencegah leukemia dan kerusakan sel tulang, sehingga juga baik untuk mencegah kanker tulang.

  • Mempercepat penyembuhan luka

    Sejumlah komponen penting dari sesquiterpenes dalam temu giring adalam terpenoid. Memberi efek sedikit getir pada temu giring, rupanya senyawa biokimia ini justru memberi manfaat dalam mempercepat regenerasi sel dan proses perbaikan jaringan yang rusak karena efek luka atau inflamasi. Bahkan juga baik untuk mengatasi peradangan jerawat dan memiliki sifat anti jamur sehingga secara tradisional juga kerap dimanfaatkan untuk terapi panu dan kurap.

  • Sebagai anti-diare

    Sejenis senyawa lain dalam temu giring yang disebut dengan nama zerumbone memiliki khasiat untuk mengatasi diare. Memperbaiki tekstur dan kadar air dalam feses, membantu meringankan kontraksi berlebihan pada kolon yang mendorong terjadinya rasa mulas dan diare. Sifat anti bakteri yang terdapat dalam temu giring terbukti mengatasi inkubasi bakteri tidak sehat yang memicu diare.

  • Sebagai anti oksidan

    Kandungan sesquiterpenes, flavonoid, tannin dan sejumlah komponen fitosterol dalam temu giring menjadikan rimpang ini memiliki manfaat dalam membantu mengatasi sejumlah toksin dan residu metabolisme tubuh yang mengendap. Sejumlah riset termasuk riset yang terdapat dalam laman prisma.lppm.ugm.ac.id menunjukan adanya kemampuan temu giring sebagai anti oksidan yang efektif.

  • Sebagai hepaprotektif

    Kandungan curcuminoid dalam temu giring cukup tinggi untuk membantu memperbaiki kerusakan pada hati. Hati bekerja menetralisir sejumlah toksin, menjalankan fungsi metabolisme dan mengatasi sejumlah kelebihan mineral dan kimia tertentu dalam tubuh.

    Fungsi ini kerap menyebabkan liver mengalami penurunan kondisi akibat beban yang berlebihan. Curcuminoid akan bekerja sebagai terapi untuk memperbaiki struktur sel hati, mencegah pembentukan lemak hati yang berbahaya dan membantu mengatasi peradangan pada hati.

  • Untuk perawatan kulit

    Secara tradisional, temu giring sudah kerap dimanfaatkan sebagai terapi perawatan kulit. Temu giring dipadukan dalam sejumlah bahan untuk dijadikan lulur pada kulit. Temu giring secara tradisional memberi manfaat membersihkan kulit, membantu menghaluskan permukaan kulit serta membantu mencerahkan kulit.

    Belum banyak riset dikembangkan terkait kandungan temu giring yang memberinya manfaat untuk kecantikan. Namun dalam sejumlah artikel yang dimuat oleh fmipa.uny.ac.id diungkap kemungkinan manfaat temu giring untuk kecantikan datang dari perpaduan terpenoid, tannin, favonoid, dan amilinoid dalam temu giring.

  • Untuk melangsingkan tubuh

    Sifat temu giring yang efektif mengaktifkan fungsi hati, memaksimalkan proses metabolisme, meningkatkan daya serap glukosa darah, melancarkan pembuangan, dan mencegah pembentukan lemak hati menjadi penyebab temu giring juga dimanfaatkan untuk membantu melangsingkan tubuh.

Belum cukup riset yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar mengenai manfaaat temu giring untuk pelangsing tubuh. Penggunaan temu giring dalam ramuan pelangsing biasanya merupakan resep pengobatan tradisional yang sudah dikenal turun temurun.

Demikian tadi sejumlah manfaat temu giring yang berhasil kami himpun dari sejumlah riset dan informasi. Tidak banyak pendalaman yang dilakukan mengenai tanaman herbal rimpang satu ini, namun sebenarnya dalam rimpang temu giring tersimpan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa kita gali lebih jauh. Jadi, tidak ada salahnya kan menyimpan rimpang temu giring ini di rumah Anda?

Advertisement
Alinesia