Blog Herbal No. 1 Indonesia

11 Manfaat Temu Giring untuk Kesehatan dan Kecantikan


By Cindy Wijaya

Temu giring adalah salah satu jenis herbal rimpang yang memiliki kedekatan dengan jenis rimpang lain seperti temulawak, temu ireng, kunyit, dan lengkuas. Daging rimpangnya cenderung lebih keras dalam warna kekuningan pucat dan berserat dengan kulit rimpang berbuku tebal. Dan seperti rimpang-rimpang lainnya, terdapat manfaat temu giring untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja kandungan bermanfaat dalam temu giring, apa saja manfaat temu giring untuk kesehatan dan kecantikan, adakah efek samping temu giring, dan bagaimana cara mengolah temu giring.

Kandungan Bermanfaat dalam Temu Giring

Tanaman obat ini mengandung berbagai kandungan bermanfaat. Temu giring mengandung minyak atsiri (essential oil) yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk bumbu masak, minyak wangi, kosmetik, dan obat-obatan.

Temu giring juga mengandung senyawa kimia fenolik, yang banyak digunakan sebagai antioksidan, anti-mikroba, anti-kanker, anti-malaria, dan obat demam.

Selain itu juga mengandung senyawa flavonoid, yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Suplemen flavonoid juga diduga dapat mengurangi risiko kanker, hipertensi, dan diabetes.

Rimpang temu giring mengandung senyawa kurkumin yang memberinya warna kuning. Kurkumin punya sejumlah manfaat, misalnya sebagai anti-inflamasi, antioksidan, pencegah kanker, hingga pencegah depresi. Kemudian juga terdapat kandungan senyawa saponin di dalam temu giring.

Terdapat beragam kandungan lain di dalam temu giring, kandungan-kandungan di atas hanyalah beberapa contohnya.

Karena mempunyai kandungan-kandungan bermanfaat, tanaman herbal ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Bagian berikut akan menjelaskan manfaat temu giring untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Temu Giring untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat temu giring tidak kalah kaya dibandingkan jenis rimpang herbal lain. Itu sebabnya, rimpang satu ini lebih lazim dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan tradisional dibandingkan sebagai bahan bumbu masak. Ini berbeda dengan sejumlah rimpang lain seperti jahe, lengkuas, atau kunyit yang sangat familier di dapur. Mungkin karena temu giring memiliki aroma jejamuan yang sedikit kuat dan rasa yang getir sehingga tidak cocok menjadi bumbu dapur.

Meski tidak lazim dimanfaatkan dalam dunia kuliner, tidak ada salahnya untuk menyimpan beberapa rimpang temu giring di rumah Anda. Karena temu giring juga sangat bermanfaat untuk sejumlah keluhan kesehatan dan membantu Anda meningkatkan kebugaran tubuh. Dan berikut sejumlah manfaat temu giring untuk kesehatan dan kecantikan:

Sebagai Obat Cacing

Temu giring secara tradisional sudah lama dikenal sebagai herbal obat cacing tradisional. Biasanya temu giring dipadukan dengan sejumlah bahan baku lain seperti bawang, temu ireng, temu lawak dan jenis temu-temuan lain untuk terapi penambah nafsu makan dan cacingan untuk anak.

Temu giring sendiri berdasarkan catatan jurnal IPB memiliki kandungan pipetazin sitrat, sejenis senyawa fitokimia yang bekerja sebagai toksin terhadap sistem saraf cacing, cacing akan mati dan terbuang melalui sistem pencernaan setelah Anda mengasup temu giring secara rutin dalam beberapa hari.

Sebagai Anti-Inflamasi

Dalam riset yang dikembangkan oleh Fakultas Farmasi UNAIR ditemukan bahwa terdapat kandungan sejumlah fitosterol, atsiri, zedoarondiol dan etanol dalam temu giring. Ketiganya dapat berperan dalam membantu mengatasi inflamasi dalam tubuh dan di permukaan kulit. Secara tradisional, temu giring biasa dimanfaatkan membantu mengatasi peradangan pada usus dan lambung.

Dalam riset yang dijurnalkan dalam Journal of International Immunopharmacy tahun 2009 diungkap mengenai manfaat zedoarondiol, salah satu komponen penting temu giring yang terbukti bekerja sebagai agen anti-inflamasi.

Menurunkan Trigliserida

Manfaat temu giring untuk menurunkan trigliserida diduga karena peranan flavonoid, kurkumin, tannin, dan saponin yang dimilikinya. Flavonoid dan kurkumin memiliki aktivitas antioksidan yang mampu menghambat proses oksidasi sehingga turut menghambat sintesis kolesterol dan trigliserida.

Selain itu kandungan tannin dan saponin dalam rimpang temu giring juga sanggup menurunkan kadar trigliserida dengan mekanisme yang berbeda, yaitu dengan cara menghambat absorbsi trigliserida dalam usus. Dengan begitu jumlah trigliserida yang masuk ke dalam pembuluh darah akan berkurang.

Mencegah Kanker

Kandungan penting dalam temu giring adalah sesquiterpenes, demikian menurut The Journal of Natural Products berdasarkan riset pada Institute of Natural Medicine, University of Toyama tahun 2013.

Kandungan sesquiterpenes ini menurut International Journal Molecular Sciences merupakan sejenis senyawa fitokimia yang memiliki kemampuan menurunkan intensitas kerusakan DNA dan mencegah serta menghambat pembentukan sel kanker. Senyawa ini juga efektif untuk mencegah leukemia dan kerusakan sel tulang, sehingga juga baik untuk mencegah kanker tulang.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Sejumlah komponen penting dari sesquiterpenes dalam temu giring adalam terpenoid. Memberi efek sedikit getir pada temu giring, rupanya senyawa biokimia ini justru memberi manfaat dalam mempercepat regenerasi sel dan proses perbaikan jaringan yang rusak karena efek luka atau inflamasi.

Bahkan juga baik untuk mengatasi peradangan jerawat dan memiliki sifat anti jamur sehingga secara tradisional juga kerap dimanfaatkan untuk terapi panu dan kurap.

Sebagai Anti-Penuaan

Salah satu manfaat temu giring untuk kecantikan adalah sebagai anti-penuaan (anti-aging), yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit dan wajah. Penelitian menunjukkan bahwa temu giring mengandung senyawa antioksidan dan memiliki aktivitas anti-penuaan yang kuat.

Temu giring juga mengandung minyak atsiri, amilum, damar, lemak, tannin, saponin, dan flavonoid sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat kecantikan yang baik untuk kulit, sebagai bahan lulur ataupun campuran bedak untuk menghaluskan kulit.

Sebagai Anti-Diare

Sejenis senyawa lain dalam temu giring yang disebut dengan nama zerumbone memiliki khasiat untuk mengatasi diare. Memperbaiki tekstur dan kadar air dalam feses, membantu meringankan kontraksi berlebihan pada kolon yang mendorong terjadinya rasa mulas dan diare.

Sifat anti bakteri yang terdapat dalam temu giring terbukti mengatasi inkubasi bakteri tidak sehat yang memicu diare.

Sebagai Antioksidan

Kandungan sesquiterpenes, flavonoid, tannin dan sejumlah komponen fitosterol dalam temu giring menjadikan rimpang ini memiliki manfaat dalam membantu mengatasi sejumlah toksin dan residu metabolisme tubuh yang mengendap. Sejumlah riset termasuk riset yang terdapat dalam laman prisma.lppm.ugm.ac.id menunjukan adanya kemampuan temu giring sebagai anti oksidan yang efektif.

Sebagai Hepaprotektif

Kandungan curcuminoid dalam temu giring cukup tinggi untuk membantu memperbaiki kerusakan pada hati. Hati bekerja menetralisir sejumlah toksin, menjalankan fungsi metabolisme dan mengatasi sejumlah kelebihan mineral dan kimia tertentu dalam tubuh.

Fungsi ini kerap menyebabkan liver mengalami penurunan kondisi akibat beban yang berlebihan. Curcuminoid akan bekerja sebagai terapi untuk memperbaiki struktur sel hati, mencegah pembentukan lemak hati yang berbahaya dan membantu mengatasi peradangan pada hati.

Untuk Perawatan kulit

Secara tradisional, temu giring sudah kerap dimanfaatkan sebagai terapi perawatan kulit. Temu giring dipadukan dalam sejumlah bahan untuk dijadikan lulur pada kulit. Temu giring secara tradisional memberi manfaat membersihkan kulit, membantu menghaluskan permukaan kulit serta membantu mencerahkan kulit.

Belum banyak riset dikembangkan terkait kandungan temu giring yang memberinya manfaat untuk kecantikan. Namun dalam sejumlah artikel yang dimuat oleh fmipa.uny.ac.id diungkap kemungkinan manfaat temu giring untuk kecantikan datang dari perpaduan terpenoid, tannin, favonoid, dan amilinoid dalam temu giring.

Untuk Melangsingkan Tubuh

Manfaat temu giring yang lain untuk kecantikan berkaitan dengan berat badan yang ideal. Sifat temu giring yang efektif mengaktifkan fungsi hati, memaksimalkan proses metabolisme, meningkatkan daya serap glukosa darah, melancarkan pembuangan, dan mencegah pembentukan lemak hati menjadi penyebab temu giring juga dimanfaatkan untuk membantu melangsingkan tubuh.

Namun belum cukup riset yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar mengenai manfaaat temu giring untuk pelangsing tubuh. Penggunaan temu giring dalam ramuan pelangsing biasanya merupakan resep pengobatan tradisional yang sudah dikenal turun temurun.

Adakah Efek Samping Temu Giring?

Di saming manfaat temu giring untuk kesehatan dan kecantikan, apakah ada efek samping temu giring yang perlu diwaspadai? Ya ada sejumlah efek samping dari herbal ini, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Jika dikonsumsi secara berlebihan, temu giring dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Ini karena tanaman obat ini mengandung oksalat yang merupakan salah satu pemicu terbentuknya batu ginjal.

Menimbulkan Rasa Mual

Temu giring mengandung alkaloid yang kadang bisa menimbulkan rasa mual karena memunculkan rasa pahit saat dikonsumsi. Senyawa itu ada pada bagian-bagain pinggir temu giring yang di dalamnya. Selain rasa mual juga dapat disertai rasa tidak nyaman di perut.

Jika Anda mengalami efek samping mual dan tidak nyaman di perut, sebaiknya hentikan dulu konsumsi herbal ini, dan bisa juga berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bagaimana Cara Mengolah Temu Giring?

Dengan adanya beragam manfaat temu giring untuk kesehatan dan kecantikan, Anda tentunya ingin mengetahui cara mengolah temu giring. Berikut beberapa cara pengolahannya.

Perasan Temu Giring

Berikut cara mengolah temu giring dengan diperas: Siapkan rimpang temu giring dan cuci bersih, lalu kupas kulitnya. Kemudian parut temu giring dan tambahkan air hangat ke hasil parutannya.

Peras campuran air dan parutan temu giring, dan masukkan hasil perasan ke dalam wadah. Air perasan siap untuk diminum. Anda bisa menambahkan madu atau gula sesuai selera ke dalam air perasan tersebut.

Rebusan Temu Giring

Berikut cara mengolah temu giring dengan direbus: Kupas dan cuci rimpang temu giring dengan air mengalir sampai bersih. Siapkan panci berisi air secukupnya. Iris tipis-tipis temu giring dan masukkan ke dalam panci tersebut, kemudian rebus sampai airnya mendidih dan berubah warna.

Tuangkan air rebusan ke dalam gelas secara perlahan agar ampasnya tidak ikut, atau bisa juga menggunakan saringan. Air rebusan siap diminum. Anda bisa tambahkan madu atau gula sesuai selera.

Bubuk Temu Giring

Berikut cara mengolah temu giring dengan dijadikan bubuk: Cuci rimpang temu giring dan kupas kulitnya. Iris tipis-tipis dan taruh di sebuah wadah, lalu jemur di bawah sinar matahari.

Terus jemur sampai irisan temu giring menjadi kering. Setelah kering, giling sampai menjadi bubuk. Bubuk temu giring bisa disimpan pada plastik atau wadah khusus yang tertutup.

Demikian tadi sejumlah manfaat temu giring yang berhasil kami himpun dari sejumlah riset dan informasi. Tidak banyak pendalaman yang dilakukan mengenai tanaman herbal rimpang satu ini, namun sebenarnya dalam rimpang temu giring tersimpan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa kita gali lebih jauh. Jadi, tidak ada salahnya kan menyimpan rimpang temu giring ini di rumah Anda?

Sumber

Jalil, Muhamad. (2019). Temu Giring (Curcuma heyneana Val.): Sebuah Tinjauan Morfologi, Fitokimia, dan Farmakologi. Journal Of Biology Education. 2. 104. https://doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6296

Widyaningsih, Wahyu. (2011). EFEK EKSTRAK ETANOL RIMPANG TEMUGIRING (Curcuma heyneana val) TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA. Pharmaciana. 1. https://doi.org/10.12928/pharmaciana.v1i1.516

idnMedis.com. Temu Giring: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan. https://idnmedis.com/temu-giring

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}