Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Manfaat Granola Manfaat Granola

Manfaat Kesehatan dari Granola yang Lezat dan Menyehatkan

Trend kesehatan belakangan mengenalkan kita dengan sejenis sereal yang kemudian dikenal sebagai granola. Apa sebenarnya granola? Dan apa saja sebenarnya manfaat kesehatan granola? Pada kesempatan ini kami akan mencoba mengupas mengenai sereal granola ini lebih dalam untuk Anda.

Sebagian dari Anda bisa jadi masih cukup asing dengan istilah sereal granola. Karena memang pada dasarnya granola bukan produk pakan lokal, jadi wajar saja bila sebagian dari Anda asing dengan istilah ini.

Granola adalah sajian snack kering dari biji oat yang telah dipipihkan, dikukus dan dipanggang. Biasanya pada proses pemanggangan, biji oat pipih ini juga dicampurkan dengan beberapa jenis biji-bijian, kacang-kacangan cincang dan jenis beras-berasan. Biji-bijian ini biasanya dari jenis biji bunga matahari, biji labu, dan biji semangka. Sedang kacang-kacangan yang lazim dipilih adalah jenis kacang almond, kacang kenari atau kacang hazel.

Granola berbentuk kering, renyah dan gurih meski tidak mendapatkan tambahan bumbu apapun. Karenanya granola lazim digunakan sebagai sereal sarapan yang disajikan bersama pisang, strawberry, susu, yoghurt, madu atau malah dijadikan camilan pengganti.

Lazimnya, orang mengonsumsi granola sebagai bagian dari menu diet. Kandungan serat oat yang berkali lipat lebih tinggi dari gandum, berpadu sangat baik dengan kandungan serat pada biji-bijian dan kacang-kacangan. Disempurnakan dengan kandungan protein dari semua bahan dan kandungan vitamin serta mineral terutama dari jenis buah kering membuat granola seolah menjadi paket makanan sehat yang ringan dan mudah untuk dikonsumsi.

Dan kabar baiknya, berkat kandungan seratnya yang tinggi, granola juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi. Jadi lebih efektif untuk menahan lapar sekaligus efektif sekali mendorong pencernaan lancar. Tidak heran kalau granola kemudian sangat banyak dimanfaatkan sebagai menu diet. Bahkan dikatakan 2 genggam granola saja sudah efektif membantu Anda merasa kenyang dengan lebih aman.

Apa sebenarnya manfaat granola? Pahami sejumlah manfaat granola tersebut di sini. Organicfacts.net.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa granola mememiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Karena kadar serat yang sudah tinggi, maka granola akan sangat membantu memperbaiki fungsi pencernaan, terutama masalah BAB.

Serat dalam granola bersifat larut maupun tidak larut. Dan keduanya penting untuk menjaga kesehatan pecernaan. Pada jangka pendek, serat dalam granola akan bekerja mendorong penyerapan lebih banyak air pada area usus besar . Dan pada sisi lain granola juga akan membantu menancing gerak peristaltik pada usus. Serat dalam granola juga efektif untuk menjaga kadar biota sehat dalam usus berada dalam level normal.

Kandungan serat berimbang antara kadar serat terlarut dan tidak terlarut juga baik untuk mengatasi masalah enzim yang tidak seimbang, masalah gastritis hingga memberi manfaat terhadap masalah asam lambung.

2. Menurunkan berat badan

Dikatakan pula bahwa salah satu manfaat granola yang paling dominan adalah kemampuannya dalam meningkatkan manfaat diet. Granola terbukti membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Kadar serat yang tinggi disempurnakan dengan kandungan protein di dalamnya memberi efek kenyang lebih cepat dan tahan lama. Secup granola saja sudah cukup membantu Anda merasa cukup kenyang. Dengan demikian Anda akan otomatis mengurangi asupan makanan lain sehingga mengurangi kadar kalori yang masuk dalam tubuh.

Selain itu, terbukti sejumlah senyawa dalam jenis biji-bijian seperti biji labu atau biji semangka memiliki manfaat menurunkan produks hormon ghrelin yang menjadi faktor pembawa rasa lapar.

3. Menurunkan kolesterol tinggi

Serat larut dalam granola ternyata juga bekerja sebagai anti kolesterol. Pengaruh dari kadar serat larutnya membuat granola bekerja seperti oat, menjadi spons penyerap kelebihan kolesterol dalam darah. Ditambah dengan asupan oat dan beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan omega 3 dan 6, Anda juga akan membantu meningkatkan kadar kolesterol sehat dalam tubuh.

Pastikan Anda memilih jenis granola yang tidak diproses dengan bahan baku yang mengandung kolesterol, seperti minyak goreng atau cokelat. Karena penambahan bahan berkadar kolesterol tinggi pada granioa akan menyebabkan manfaat terapi akan berkurang.

4. Mendorong pembentukan energi

Granola memiliki keunikan pada kadar lemaknya yang rendah, protein yang tinggi dn sumber karbohidrat yang lebih sehat. Rupanya perpaduan karohidrat kompleks dengan protein akan membuat granola memiliki kemampuan memproduksi energi lebih baik.

Selain itu dalam dalam granola ditemukan sejumlah mineral terutama mineral mangan yang ternyata juga dibutuhkan tubuh. Mangan berperan dalam proses pembentukan energi, membantu kesinambungan serta efisiensi sistem metabolisme dan membantu energi bertahan dalam jangka lebih panjang.

Mangan juga bekerja dalam fungsi liver dan ginjal. Keduanya bekerja untuk membantu mengubah protein menjadi asam amino yang langsung bisa diserap oleh sel dan otot, juga bekerja terhadap asupan lemak. Keduanya juga berfungsi mengatasi racun dan residu metabolisme.

5. Membantu menjaga kestabilan gula darah

Masih karena kandungan mangan dan sejumlah senyawa fitonutrien yang Anda dapatkan dari buah kering serta kacang dan biji-bijan, granola terbukti bekerja efektif dalam membantu menjag regulasi kadar gula darah.

Sejumlah buah kering seperti buah plum kering, cherry bahkan strawberry dan blueberry akan mengandung sejumlah jenis flavonoid seperti antosianin dan quercetin. Flavonoid adalah jenis anti oksidan yang dapat membantu memperbaiki penurunan fungsi pankreas sehingga memperbaiki disfungsi produksi insulin.

Flavonoid dan mangan juga efektif meningkatkan metabolisme. Ini akan mendorong sel-sel lebih aktif menghasilkan energi. Artinya juga sel-sel akan semakin aktif menarik glukosa dari dalam darah. Inilah yang memungkinkan manfaat granola juga bekerja dalam menjaga stabilitas kadar gula darah.

6. Menjaga keberlangsungan regenerasi sel

Granola mengandung vitamin E dalam jumlah cukup tinggi baik itu dari oat maupun dari kacang dan biji-bijian. Ditambah dengan kadar vitamin C dari buah kering dan sejumlah aspek asam amino glutamat, maka mengonsumsi granola akan membantu proses pembentukan glutathione dan kolagen.

Kedua senyawa alami tersebut bekerja efektif menjaga tubuh menjalankan fungsi regenerasi sel dengan optimal, baik itu pada sel-sel rusak akibat efek infeksi atau iritasi, maupun efek dari proses penuaan. Termasuk pada permukaan kulit, otot hingga sel-sel pada organ dalam.

Menjaga kesinambungan regenerasi sel akan penting untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, mengatasi inflamasi dengan percepatan perbaikan sel yang rusak dan membantu menjaga stabilitas fungsi organ dalam tubuh.

7. Mencegah anemia

Granola juga diketahui mengandung vitamin B1 dan zat besi yang akan berperan besar dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Anemia adalah keluhan yang sangat lazim terjadi tanpa pandang bulu, segala usia dan segala jenis kelamin.

Mereka yang mengalami defisiasi zat besi, seperti anak-anak yang terlalu gemar susu, wanita pada masa subur dengan haid panjang, pria yang bekerja dalam tekanan, mereka yang tengah diet dan beban yang tinggi bahkan remaja di masa aktif pertumbuhannya. Semua memiliki kerentanan untuk mengalami masalah anemia, tentu saja dengan level kerentanan yang berbeda-beda.

Karenanya penting untuk seseorang memastikan kadar zat besi dalam tubuhnya tercukupi. Ini akan membantu tubuh lebih optimal memproduksi sel darah merah. Dan beruntung kadar zat besi dalam granola terbilang cukup tinggi.

8. Menjaga kesehatan kognitif

Kesehatan kognitif berkaitan dengan kemampuan motorik halus dan kasar seseorang. Dalam sejumlah aspek, granola bekerja terhadap fungsi otak. Seperti membantu mendorong suplai oksigen menuju otak ( berkat kadar sel darah merah yang tercukupi), membantu menjaga kesehatan fungsi jaringan sel syaraf otak berkat kandungan asam lemak dari kacang-kacangan dan membantu regenerasi sel otak berkat kandungan anti oksidannya yang cukup tinggi.

9. Menjaga kestabilan tekanan darah

Dalam granola Anda akan menemukan kadar potasium yang cukup untuk bisa membantu mencegah kenaikan tekanan darah. Kadarnya memang berbeda tergantung komposisi dari granola itu sendiri, beberapa jenis buah kering akan mengandung potasium lebib banyak.

Selain itu, granola juga dikenal sebagai anti kolesterol. Dengan rutin mengonsumsi granola atau bahkan mengalihkan satu waktu makan dengan semangkuk granola, maka risiko seseorang mengalami masalah penyumbatan pembuluh darah akibat plak kolesterol akan berkurang drastis. Pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah ini adalah salah satu penyebab terjadinya hipertensi bahkan stroke.

10. Sebagai pencegahan kanker

Kandungan nutrisi dalam granola yang kaya akan mineral, vitamin dan sejumlah anti oksidan jelas menjadikannya masuk dalam daftar makanan pencegah kanker. Sebenarnya kekuatan utama dari granola sebagai anti kanker terletak pada mangan yang membantu melindungi DNA manusia.

Namun di saat yang sama granola akan mengandung buah kering dengan sederet anti oksidan yang terkandung di dalamnya. Juga mengandung vitamin C, E dan sejumlah asam amino yang berperan dalam pembentukan glutathione.

Glutathione bukan hanya berfungsi menjaga fungsi regenerasi sel, tetapi membantu meningkatkan imun termasuk meningkatkan anti gen yang melawan kerusakan DNA dan pembentukan sel abnormal dalam tubuh manusia. Peran ini jelas akan berkaitan dengan fungsi anti kanker.

Itulah tadi 10 manfaat granola, makanan sehat yang belakangan ini mulai banyak dikenal oleh mereka yang menjadi penggiat gaya hidup sehat. Memang dengan sejumlah komposisi yang kadang membutuhkan produk impor, harga granola di pasaran masih relatif tinggi.

Karenanya, penting untuk Anda padukan dengan jenis produk makanan sehat lokal dan jenis herbal bermanfaat lainnya, seperti Noni Juice, untuk mendapatkan hasil lebih optimal dengan biaya yang relatif terjangkau.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register