Manfaat cengkeh telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, sebab sudah sejak dulu digunakan dalam kuliner dan pengobatan tradisional. Produk olahannya, seperti minyak cengkeh, banyak digunakan untuk mengatasi sakit gigi, mengatasi gusi bengkak, merawat kecantikan, dan berbagai kegunaan lainnya.

Apa saja manfaat cengkeh? Bagaimana cara menggunakannya, termasuk menggunakan minyak cengkeh? Bagaimana cara mengatasi sakit gigi dan mengatasi gusi bengkak dengan cengkeh? Mari kita perhatikan penjelasannya di artikel ini.

Manfaat Cengkeh

Cengkeh menambahkan rasa manis yang khas pada berbagai masakan, tetapi selain penggunaannya di dunia kuliner, cengkeh juga dimanfaatkan sebagai pengobatan beragam masalah kesehatan. Beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan yaitu sebagai berikut.

Untuk Mengatasi Gusi Bengkak & Sakit Gigi

Para peneliti telah mempelajari manfaat cengkeh untuk gigi dan efek positifnya pada pembentukan plak, radang gusi, dan bakteri di dalam mulut. Dalam jurnal “A comparative study of antiplaque and antigingivitis effects of herbal mouthrinse containing …. clove …. with commercially available essential oil mouthrinse” dibandingkan efektivitas herbal pembilas mulut yang mengandung cengkeh, basil, dan minyak pohon teh dengan minyak esensial pembilas mulut (obat kumur) yang dijual di pasaran.

Kedua larutan obat kumur itu sama-sama efektif mengatasi plak dan radang gusi, menunjukkan bahwa mereka mampu mengurangi peradangan serta bakteri di mulut. Penelitian juga mendapati bahwa larutan obat kumur yang mengandung minyak cengkeh dapat lebih meminimalkan jumlah bakteri berbahaya daripada obat kumur di pasaran.

Manfaat Cengkeh dan Kapulaga Mengatasi Sakit Gigi & Gusi

Selain cengkih, kapulaga adalah rempah lain yang juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi & mengatasi gusi bengkak. Kapulaga mempunyai kemampuan anti-mikroba yang berguna dalam memberantas bakteri-bakteri penyebab sakit gigi & gusi di dalam mulut. Untuk mengatasi gusi bengkak & sakit gigi cobalah buat teh herbal perpaduan cengkeh & kapulaga dengan resep berikut.

  • 2 – 3 kapulaga (Belah terbuka di bagian sisinya)
  • 2 – 3 cengkeh
  • 1 sdm daun teh hijau kering
  • 1 sdt air perasan lemon
  • 1 sdt madu
  • 1,5 gelas air

Masukkan air ke panci dan didihkan. Setelah mendidih, masukkan cengkeh, kapulaga, daun teh hijau, dan air perasan lemon ke dalamnya. Ingatlah untuk membelah terbuka di bagian sisi-sisi kapulaga untuk mengeluarkan cita rasanya.

Kurangi api kompornya dan tutupi panci tetapi buka sedikit untuk mengeluarkan kelebihan uapnya. Diamkan selama 2 – 5 menit atau tunggu sampai airnya tersisa sekitar 1 gelas. Matikan kompor dan saringlah ke dalam gelas. Tambahkan madu, aduk, dan teh herbal ini siap dinikmati guna mengatasi gusi bengkak & sakit gigi.

Untuk Perawatan Kecantikan

Manfaat cengkeh untuk kecantikan dimungkinkan oleh kemampuan anti-bakteri dan anti-fungi yang dimilikinya. Dengan kemampuannya itu, cengkah bagus untuk mengobati jerawat serta meningkatkan kesehatan kulit. Contohnya, kandungan eugenol dalam minyak cengkeh bermanfaat untuk mengatasi infeksi serta melawan inflamasi, sehingga efektif menyembuhkan jerawat.

Baca juga  Temukan 9 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Anda!

Selain itu, artikel ilmiah “Antimicrobial Effect of Clove …. against Planktonic Cells and Biofilms of Staphylococcus aureus” menunjukkan manfaat minyak cengkeh untuk membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan salah satu jenis bakteri penyebab infeksi jerawat.

Untuk Mendukung Program Diet

Manfaat cengkeh untuk diet berkaitan dengan efek positifnya pada masalah kelebihan berat. Dalam jurnal “Clove extract functions as a natural fatty acid synthesis inhibitor and prevents obesity in a mouse model” dijelaskan bahwa ekstrak cengkeh dapat menurunkan obesitas yang disebabkan oleh pola makan yang mengandung banyak lemak.

Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa hewan percobaan dalam penelitian yang diberikan ekstrak cengkeh akhirnya memiliki berat badan lebih ringan, lemak perut lebih sedikit, dan lemak hati lebih sedikit dibandingkan dengan yang lainnya.

Untuk Seksualitas Pria

Khasiat cengkeh untuk pria dewasa dihasilkan oleh manfaatnya untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Artikel ilmiah “Effect of 50% ethanolic extract of Syzygium aromaticum (L.) Merr. & Perry. (clove) on sexual behaviour of normal male rats” menjelaskan bahwa konsumsi ekstrak cengkeh secara oral bisa mempercepat, menguatkan, dan memperlama waktu ereksi, serta membantu mengatasi ejakulasi dini.

Memang khasiatnya untuk meningkatkan seksualitas pria ini tidak terlalu dikenal dibandingkan khasiat cengkeh lainnya, karena memang herbal ini lebih sering dimanfaatkan untuk kegunaan lain. Bila Anda ingin menggunakan herbal khusus untuk pria dewasa yang khasiatnya lengkap, maka bisa mempertimbangkan herbal Tongkat Ali.

Tongkat Ali bukan hanya sanggup meningkatkan kadar testosteron, tetapi juga punya manfaat-manfaat lain. Diantaranya dapat meningkatkan energi fisik dan seksual, meningkatkan gairah seksual, membantu mengatasi disfungsi seksual, ejakulasi dini, impotensi, bahkan dapat membentuk serta memperindah otot. Silakan kunjungi artikel “Tongkat Ali Herbal Khusus Pria Dewasa” untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Untuk Pengobatan Diabetes

Jurnal “Clove and Its Active Compound Attenuate Free Fatty Acid-Mediated Insulin Resistance….” memperlihatkan khasiat ekstrak cengkih dan nigericin, komponen dalam ekstrak cengkeh, untuk mengurangi resistensi insulin pada sel-sel otot. Tikus percobaan yang mengidap diabetes yang diberikan nigericin juga memiliki lebih sedikit resistensi insulin dan membaik dalam toleransi glukosa, sekresi insulin, dan fungsi sel beta-nya.

Baca juga  Temukan 9 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Anda!

Jurnal “Antihyperglycemic, hypolipidemic, hepatoprotective and antioxidative effects of dietary clove (Szyzgium aromaticum) bud powder….” meninjau efek dari bubuk cengkeh pada tikus-tikus percobaan pengidap diabetes. Didapati bahwa kadar gula darah tikus-tikus itu menurun dibandingkan dengan tikus-tikus yang tidak diberikan bubuk cengkeh.

Manfaat Cengkeh dan Kayu Manis Turunkan Gula Darah

Sama seperti cengkih, kayu manis juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah seorang penderita diabetes. Untuk membuat obat alami untuk pengobatan diabetes, berikut resepnya.

  • 60 gram cengkeh
  • 4 batang kayu manis
  • 1 liter air

Campurkan semua bahan-bahan di dalam mangkuk dan simpan dalam kulkas selama 4 – 5 hari. Setelahnya, saring dan minumlah airnya sebanyak ½ gelas setiap hari. Bila kadar gula darah sudah normal, sebaiknya hentikan konsumsi karena kadar gula darah bisa menjadi terlalu rendah jika konsumsinya berlebihan.

Untuk Pengobatan Kanker

Menurut situs Today’s Dietitian, ½ sendok teh bubuk cengkeh saja mengandung lebih banyak antioksidan daripada ½ cup blueberry. Antioksidan merupakan senyawa yang berperan penting dalam mengurangi kerusakan pada sel-sel yang memicu kanker.

Jurnal “Clove Extract Inhibits Tumor Growth and Promotes Cell Cycle Arrest and Apoptosis”  menjelaskan bahwa ekstrak cengkeh sanggup memperlambat pertumbuhan dari berbagai jenis sel-sel kanker. Ekstrak cengkeh juga dapat memicu kematian sel-sel kanker di usus besar.

Jurnal itu juga meninjau efek ekstrak cengkeh terhadap pertumbuhan tumor pada tikus. Pertumbuhan tumor lebih sedikit pada tikus yang diberikan ekstrak cengkeh dibandingkan dengan tikus-tikus yang lain.

Penelitian lain yang diungkap di jurnal “Anticancer potential of Syzygium aromaticum L. in MCF-7 human breast cancer cell lines” mendapati bahwa minyak cengkeh dan esktrak etanol dari cengkeh bersifat racun terhadap sel-sel kanker payudara. Penulis jurnal menyebutkan bahwa cengkeh berpotensi digunakan dalam pengobatan kanker karena mampu menyebabkan kematian sel kanker serta melambatkan perkembangan sel kanker.

Cengkih memang bukan sekadar bumbu dapur. Manfaatnya sangat luas, mulai dari mengatasi gusi bengkak & sakit gigi, perawatan kecantikan, mendukung diet, meningkatkan seksualitas pria, pengobatan diabetes, hingga pengobatan kanker. Sekarang, mari kita membahas mengenai salah satu olahannya yang paling populer—minyak cengkeh.

Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh - Manfaat Cengkeh - Mengatasi Sakit Gigi - Mengatasi Gusi Bengkak

Credit: Shutterstock

Cengkih pada umumnya terdiri dari 14 – 20 persen minyak esensial. Kandungan senyawa utama dari minyak tersebut ialah eugenol, yang juga menimbulkan aroma kuat pada minyak cengkeh. Di samping kegunaannya untuk kesehatan, eugenol juga sering dijadikan bahan untuk obat kumur dan parfum. Manfaat minyak cengkeh sangat banyak, diantaranya bagus untuk kesehatan dalam mulut, kulit, dan pencernaan.

Kandungan Minyak Cengkeh

Artikel ilmiah “CHEMICAL COMPOSITION AND CONTENT OF ESSENTIAL OIL FROM THE BUD OF CULTIVATED TURKISH CLOVE (Syzygium aromaticum L.)“ mengungkapkan bahwa kandungan senyawa yang paling dominan dalam minyak cengkih yaitu eugenol (87%), eugenil asetat (8,01%), dan caryophyllene. Minyak esensial ini juga memiliki sifat sebagai anestetik (obat bius) dan anti-mikroba. Kandungan sesquiterpenes yang ditemukan dalam cengkih diteliti potensinya sebagai agen anti-karsinogenik.

Untuk Kesehatan Kulit dan Jerawat

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, minyak cengkeh sanggup membunuh sel-sel planktonik dan bakteri bernama Staphylococcus aureus dengan efektif. Bakteri itu merupakan salah satu jenis bakteri yang menyebabkan wajah jerawatan. Untuk mengatasi jerawat, cobalah campurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 2 sdt madu murni lalu oleskan ke bagian yang berjerawat.

Baca juga  Temukan 9 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Anda!

Untuk Memberantas Infeksi Candida

Minyak cengkih sangat bagus untuk membunuh candida, yang menyebabkan penyakit infeksi dalam mulut bernama kandidiasis. Artikel ilmiah “Study of anticandidal activity of carvacrol and eugenol in vitro and in vivo” mengungkapkan bahwa cengkih memiliki manfaat yang sebanding dengan obat nystatin yang sering diresepkan untuk mengatasi kandidiasis di mulut.

Selain efektif membunuh candida, minyak cengkeh juga bagus untuk membunuh parasit-parasit dalam usus, sebagaimana ditunjukkan oleh pembahasan di jurnal “Apoptosis-like death in Leishmania donovani promastigotes induced by eugenol-rich oil of Syzygium aromaticum”.

Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Maag

Minyak cengkih terkenal dengan kegunaannya untuk mengobati masalah pencernaan, seperti sakit perut, mabuk perjalanan, kembung, dan gas berlebih di dalam saluran pencernaan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak esensial ini mampu mengobati sakit maag.

Minyak cengkeh mempunyai kemampuan gastro-protektif sekaligus anti-maag. Minyak ini secara signifikan meningkatkan produksi lendir (mukus) lambung, yang melindungi lapisan saluran pencernaan serta mencegah terbentuknya luka yang menyebabkan atau memperparah sakit maag. Kemampuannya ini dibahas dalam jurnal “Gastroprotective activity of essential oil of the Syzygium aromaticum and its major component eugenol….”.

Untuk Mengatasi Sakit Gigi & Gusi

Mengatasi Sakit Gigi - Mengatasi Gusi Bengkak - Minyak Cengkeh - Manfaat Cengkeh

Credit: Shutterstock

Cengkeh sudah terkenal sebagai solusi alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang, dry socket, dan untuk meringankan sakit serta ketidaknyamanan akibat berbagai penyakit gigi. Jurnal “In Vitro Inhibitory Effect of Clove Essential Oil and Its Two Active Principles on Tooth Decalcification by Apple Juice” memperlihatkan manfaat minyak cengkeh untuk gigi berlubang, menghambat kerusakan gigi, serta memperbaiki kembali mineral pada gigi.

Jurnal “The effect of clove and benzocaine versus placebo as topical anesthetics” juga menunjukkan bukti khasiat minyak cengkeh sebagai obat bius alami yang efeknya sama seperti benzocaine. Benzocaine adalah salep/gel yang biasa dioleskan sebelum menyuntikkan jarum. Karena itu dapat disimpulkan bahwa minyak cengkih memiliki efek penahan rasa sakit yang mumpuni untuk mengatasi sakit gigi.

Cara Membuat Minyak Cengkeh

Minyak esensial ini dibuat melalui porses distilasi uap. Akan tetapi kita juga bisa membuat sendiri ekstrak minyak dari cengkih ala rumahan. Berikut adalah cara membuat minyak cengkeh yang mudah berdasarkan info dari situs Mercola.

 

Bahan-Bahan:


  • 4 cengkeh yang masih segar, ditumbuk (Bisa tambahkan 2 cengkeh jika cengkehnya sudah kering)
  • 600 ml botol yang tutupnya menyempit
  • Minyak pelarut, misalnya minyak zaitun
  • Saringan
  • Wadah beling yang punya cerat/moncong

Tahap-Tahap:


  • Tumbuklah 4 cengkeh segar dengan bagian bawah dari botol sampai mereka cukup dimasukkan ke dalam botol.
  • Isi botol dengan minyak pelarut sampai cengkih terendam, tapi jangan sampai terlalu banyak.
  • Tutup botol erat-erat sampai kedap udara, karena udara bisa memengaruhi khasiat dari minyak.
  • Simpan botol di tempat yang terkena sinar matahari selama 1 minggu.
  • Setelah 1 minggu, pindahkan larutan minyak ke wadah beling yang punya cerat. Gunakan saringan untuk menghilangkan semua endapannya. Saring minyak berkali-kali sampai endapan benar-benar hilang.
  • Buang cengkeh dari saringan dan jangan gunakan lagi, karena dapat mengurangi khasiat minyak.
  • Kembalikan lagi minyak yang sudah disaring ke dalam botol tadi lalu tutup erat-erat.
  • Minyak cengkih ala rumahan ini bisa disimpan sampai 4 – 5 tahun. Semakin lama disimpan warnanya akan semakin gelap.

Minyak esensial ini hanya untuk penggunaan luar. Jika dicampurkan dengan minyak lain seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, minyak ini bisa digunakan untuk pijat. Sebaiknya Anda sangat berhati-hati jika ingin mengonsumsinya ke dalam tubuh, karena kalau terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Efek Samping Minyak Cengkeh

Meskipun ada banyak manfaat minyak cengkeh, tetapi penggunaanya harus dibatasi. Kandungan senyawa eugenol di dalamnya bisa memicu reaksi alergi. Jadi sebaiknya dipakai secara bertahap, dari jumlah sedikit dulu lalu ditambahkan sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh, mengonsumsi secara oral minyak cengkih yang tidak dilarutkan dapat mengakibatkan mual, muntah, sakit tenggorokan, kejang, bahkan masalah pada darah. Juga mungkin menyebabkan sesak napas, ruam kemerahan dan gatal di kulit.

Menggunakan minyak cengkih secara berlebihan untuk mengatasi jerawat juga dapat menimbulkan kerusakan kulit, yang bisa meninggalkan bekas permanen. Jika Anda ingin menggunakan minyak ini untuk mengatasi sakit gigi, mengatasi gusi bengkak, atau masalah gigi lainnya, ada baiknya tanyakan dulu pada dokter atau ahli herbal yang berpengalaman.

Ibu hamil dan menyusui harus berhati-hati saat memakai minyak cengkih. Tempat penyimpanannya juga perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak karena jika tertelan bisa menyebabkan sakit perut pada mereka.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang manfaat cengkeh dan minyak cengkeh. Termasuk khasiatnya untuk mengatasi sakit gigi, mengatasi gusi bengkak, dan kegunaan-kegunaan lainnya. Semoga kita jadi lebih yakin untuk memanfaatkan herbal yang ada di sekitar kita. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik seputar herbal, pemanfaatan herbal, dan info kesehatan lainnya hanya di Deherba.com.