Manfaat Buah Noni sebagai Obat Diabetes Alami

504

Diedit:

Dalam pengobatan tradisional terdapat begitu banyak jenis herbal alami yang dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami. Dan salah satunya adalah herbal yang berasal dari buah noni. Salah satu buah unik yang menjadi khas dari kawasan Asia Tenggara dan Polinesia.

Diabetes sendiri saat ini sudah menjadi salah satu penyakit dengan risiko tinggi yang banyak diderita di Indonesia. Demikian tingginya hingga Indonesia berada dalam ranking ke lima dunia penderita diabetes terbanyak dengan jumlah penderita terdeteksi mencapai 9, 1 juta jiwa. Angka ini diperkirakan masih merupakan puncak gunung es, karena dalam data Depkes diperkirakan 2 dari 3 penderita diabetes tidak menyadari dirinya telah menderita diabetes.

Diabetes dikenal sebagai bentuk penyakit dimana kadar glukosa dalam darah meningkat jauh di atas angka normal karena sel-sel dalam tubuh yang selazimnya menyerap glukosa dalam darah tidak mampu melakukan fungsinya atau tidak mampu menampung jumlah glukosa berlebih dalam darah.

Diabetes bisa disebabkan oleh menurunnya produksi insulin oleh pankreas, sementara insulin sendiri adalah hormon khusus yang berfungsi memberi sinyal pada el-sel tubuh untuk menyerap glukosa dalam aliran darah.

Atau bisa pula disebabkan oleh kondisi ketika tubuh mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman dengan kadar manis yang tinggi, sehingga glukosa dalam darah menjadi berlebihan. Menyebabkan sel menjadi resisten atau kebal terhadap sinyal insulin akibat sudah terlalu banyak menyerap glukosa dari dalam aliran darah.

Penanganan dengan Obat Diabetes Alami

Untuk menangani diabetes, secara umum pengobatan diarahkan pada peningkatan produksi insulin oleh pankreas dan pemaksimalan daya serap sel terhadap glukosa dalam darah. Untuk penanganan ini, biasanya pasien akan mendapatkan terapi untuk meningkatkan efektifitas fungsi dari insulin terhadap sel-sel tubuh atau dengan meningkatkan pembakaran sehingga meningkatkan kebutuhan setiap sel-sel dalam tubuh terhadap glukosa.

Dan di sinilah Anda bisa menemukan bahwa buah noni merupakan salah satu buah dengan khasiat sebagaimana dijelaskan di atas. Buah yang dikenal dengan aroma khasnya yang bagi sebagian orang dianggap kurang sedap lengkap dengan rasa yang unik itu ternyata dikenal memiliki khasiat alami membantu mengatasi keluhan diabetes dengan menyeluruh.

Kemampuan buah noni sebagai obat diabetes alami juga sudah dibuktikan dalam sejumlah riset yang dikembangkan di berbagai belahan dunia. Salah satu riset terkuat yang pernah membuktikan adanya kemampuan buah noni sebagai obat diabetes alami adalah riset yang dikembangkan oleh Dr neil Solomon dari University John Hopkins USA.

Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Diabetes

Dalam riset tersebut Dr Neil Solomon melibatkan 1227 peneliti kesehatan, setidaknya dengan menjadikan 25314 pasien dari beragam jenis penyakit dari 80 negara sebagai sampel. Dari angka tersebut, setidaknya sejumlah 5575 pasien merupakan penderita diabetes.

Dalam riset tersebut, Dr Neil memberikan terapi juice noni dengan komposisi 98% sebanyak 30 cc selama kepada setiap pasien. Terbukti setidaknya 82 % penderita diabetes dari seluruh sampel penderita diabetes mengalami penyembuhan.

Manfaat Buah Noni Sebagai Obat Diabetes Alami

Menurut Livestrong.com, buah noni tidak hanya terbukti secara tradisional sebagai herbal bermanfaat untuk diabetes, karena dewasa ini sejumlah fakta empiris terungkap mengenai manfaat buah noni bagi penyembuhan penderita diabetes. Beberapa fakta tersebut antara lain:

  • Meningkatkan efektifitas fungsi terapi insulin

    Pada mereka penderita diabetes tipe 1 atau sebagian penderita diabetes tipe 2, diperlukan terapi khusus berupa suntikan insulin untuk membantu memaksimalkan jumlah hormon insulin dalam tubuh. Dalam riset yang dipublikasikan oleh Nigerian Quarterly Journal of Hospital Medicine tahun 2008 dikatakan bahwa terbukti terapi noni akan meningkatkan efektifitas dari terapi insulin.

  • Meningkatkan penyerapan gula oleh ginjal

    Dalam riset yang dirilis pada Evidence Based Complementary and Alternative Medicine di bulan Oktober 2010, dikatakan bahwa terdapat kandungan saponin dan soranjidiol dalam noni yang bersifat menyerap kelebihan glukosa darah ke dalam ginjal dan memberi efek diuretik alias meningkatkan volume kencing sehingga membantu meluruhkan kelebihan glukosa dalam darah melalui air seni.

  • Menekan kerusakan hati

    Pada jurnal tahun 2010 dari the University of the West Indies dikatakan bahwa terdapat kandungan dhamnachantal dan terpenes yang membantu menekan kerusakan sel akibat efek komposisi darah yang tidak seimbang. Termasuk pula menekan kerusakan hati hinga 23%. Juice noni juga mencegah terbentuknya lemak hati yang bisa menghentikan fungsi hati, sementara kasus lemak hati kerap muncul pada penderita diabetes, kolesterol dan obesitas.

  • Menekan risiko katarak

    Masih karena manfaat saponin, dhamnachantal dan terpenoid, juice noni yang dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes dapat membantu menekan risiko terjadinya pembengkakan pembuluh darah dan sel-sel pada lensa mata yang memicu terjadinya katarak. Fakta ini diungkapkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology dari India di tahun 2010.

  • Mengurangi risiko pembengkakan

    Dalam jurnal lain pada tahun 2007 Journal of Wound Care, disampaikan adanya efek positif terapi juice noni akan membantu melancarkan aliran darah yang mengalami sumbatan karena komposisi glukosa darah yang berlebihan. Ketidak lancaran aliran darah ini bisa memicu terjadinya pengendapan cairan pada area kaki dan kawasan lipatan tubuh. Ini karena dalam juice noni ditemukan sejumlah besar scolopetin yang baik untuk melebarkan pembuluh darah.

  • Memperbaiki pankreas

    Fakta lain mengungkapkan adanya pengaruh baik asupan juice noni secara teratur oleh penderita diabetes dapat mengembalikan kondisi pankreas. Dalam skala ringan, keluhan penurunan fungsi pankreas bahkan bisa kembali menjadi normal dan pada kasus yang berat setidaknya fungsi produksi insulin bisa dikembalikan meski tidak pada angka normal.

  • Membantu metabolisme

    Flavonoid dalam tubuh penderita diabetes tidak hanya baik untuk membantu mengangkat toksin, residu dan memperbaiki masalah komposisi darah, tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan tubuh bermetabolisme. Ketika metabolisme tubuh meningkat, produksi energi meningkat dan kebutuhan akan sumber energi juga akan meningkat, disinilah kemudian sel-sel dalam tubuh akan menyerap lebih banyak glukosa sebagai bahan bakar pembentukan energi.

  • Menekan kerusakan sel

    Satu lagi yang baik dari juice noni adalah keberadaan satu jenis senyawa anti oksidan unik bernama xeronine yang berfungsi membantu menjaga kondisi pertumbuhan dan regenerasi sel berjalan normal dalam dalam fungsinya. Ini menekan kerusakan sel dan membantu menekan efek samping dari diabetes pada pasien.

Fakta-fakta di atas terbukti menjadikan buah noni merupakan salah satu obat diabetes alami yang terbukti mampu membantu mengatasi keluhan diabetes dengan tuntas. Dari akar masalah hingga ke hilir masalah. Untuk hasil yang aman sebaiknya pasien tetap mengkonsumsi juice noni dalam pengawasan dokter dan dikonsumsi dengan disertai menambah asupan air putih, untuk menekan efek samping kerusakan sel ginjal karena endapan potasium, senyawa penting dalam juice noni.

Dalam Science World Journal yang rilis pada tahun 2012 untuk mendapat hasil optimal dari obat diabetes alami ini, Anda perlu mengonsumsi Noni Juice dalam komposisi yang aman dengan mengkonsumsi 9,9 mm sampai 188 mm selama 30 hari dalam komposisi 98%.