Polusi Mengganas! Ini Makanan yang Baik untuk Paru-Paru Menurut Dokter Paru dan Ahli Gizi


By Cindy Wijaya

Kita sangat membutuhkan paru-paru agar bisa bernapas. Tapi fungsi paru-paru bisa menurun seiring waktu, terutama di era ketika virus pernapasan menyebar luas dan polusi udara mengganas. Bagaimana kita bisa mengoptimalkan kesehatan paru-paru?

Banyak faktor pola makan dan gaya hidup memengaruhi kesehatan pernapasan kita. Beberapa yang sudah jelas adalah pengaruh asap rokok, kualitas udara yang dihirup setiap hari, dan kerutinan olahraga. Namun ada faktor lain yang juga sangat berpengaruh—para ahli mengatakan bahwa makanan yang baik untuk paru-paru dapat memmbantu kita tetap bernapas dengan baik hingga seumur hidup.

Pola Makan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Memakan makanan yang bergizi adalah cara terbaik mendukung fungsi pernapasan kita. Contohnya penelitian yang dimuat Frontiers in Nutrition Vol. 9 Tahun 2022 menunjukkan bahwa kita bisa lebih terlindung dari kanker paru-paru jika banyak memakan buah dan sayur yang baik untuk paru-paru.

Dr. MeiLan Han, MD, MS, seorang profesor dan kepala Kedokteran Paru & Perawatas Kritis di University of Michigan serta juru bicara American Lung Association. Dr. Han mengatakan bahwa data menunjukkan bagaimana pola makan Mediterania sangat baik untuk kesehatan paru-paru. (Sumber: The Best Foods for Healthier Lungs, from Pulmonology Doctors and a Dietitian – The Healthy)

Pola makan ini tinggi asupan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun sebagai sumber utama lemak sehat. Juga terdiri dari asupan unggas, telur, keju, dan yogurt dalam jumlah sedang. Sedangkan daging dan makanan/minuman manis hanya sesekali dikonsumsi.

Amy Bragagnini, MS, RD, COS, juga setuju. Ia adalah seorang spesialis gizi onkologi di Trinity Health Lacks Cancer Center di Michigan serta juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. Ia menjelaskan bahwa pola makan Mediterania umumnya adalah pola makan yang diandalkan untuk menurunkan risiko berbagai penyakit.

Pola makan ini sangat tinggi asupan buah-buahan dan sayuran, ikan-ikanan (sumber asam lemak omega-3), dan minyak zaitun (sumber antioksidan anti-inflamasi). Pola makan ini secara keseluruhan berbasis pada sumber nabati yang mengandung protein tanpa lemak, banyak serat, dan membatasi asupan manis. Sehingga sangat baik bukan hanya untuk paru-paru, tapi juga seluruh tubuh kita!

Apa Saja Makanan yang Baik untuk Paru-Paru?

Untuk membantu Anda membuat pilihan makanan sehari-hari, berikut adalah sejumlah daftar makanan yang baik untuk paru-paru. Ingatlah untuk mengonsumsi beraneka makanan bergizi dalam bentuk segar, bukan yang sudah diolah sedemikian rupa. (Sumber: Best and Worst Foods for Lung Health – WebMD)

Makanan Tinggi Serat

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran mengandung banyak serat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak serat memiliki paru-paru yang bekerja lebih baik. Makanan kaya serat contohnya adalah kacang polong, kacang lentil, kacang merah, oat, gandum utuh, biji chia, brokoli, dan raspberry.

Kopi Hitam

Penelitian mendapati adanya kaitan antara konsumsi kopi rutin dengan paru-paru yang lebih sehat. Ini mungkin karena pengaruh kandungan kafein yang merupakan anti-inflamasi, dan kandungan polifenol yang adalah antioksidan sekaligus anti-inflamasi.

Serealia Utuh

Serealia utuh contohnya adalah nasi merah, gandum utuh, oat, dan quinoa. Bukan hanya tinggi serat yang bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi, serealia utuh juga dipenuhi vitamin E, selenium, dan asam lemak yang dibutuhkan untuk kesehatan paru-paru. Tapi jenis serealia yang sudah diolah, seperti tepung terigu dan nasi putih, sudah kehilangan banyak dari zat gizi karena proses pengolahannya.

Buah Beri-berian

Ada banyak macam buah dan sayur yang baik untuk paru-paru, salah satu yang terbaik adalah buah beri-berian. Contohnya stroberi dan blueberry yang kaya kandungan flavonoid (antosianin), yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Penelitian mendapati bahwa flavonoid ini bisa memperlambat penurunan fungsi paru-paru terkait usia tua.

Buah Noni

Buah Noni (Mengkudu) mengandung zat-zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pernapasan. Terutama produk olahannya yang bernama Noni Juice (sari buah Noni), mengandung polifenol, iridoid, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Penelitian yang dimuat Journal of Ethnopharmacology Vol. 192 No. 4 mendapati bahwa Noni juice memiliki aktivitas anti-inflamasi pada paru-paru yang mengalami peradangan. Penelitian lain pada Chinese Journal of Integrative Medicine Vol. 27 Tahun 2021 menunjukkan bahwa Noni juice menghambat perkembangan sel kanker paru-paru.

Sayuran Berdaun Hijau

Tidak bisa dipungkiri bahwa buah dan sayur baik untuk paru-paru. Penuhilah piring Anda dengan bayam, sawi, dan sayuran berdaun hijau lain. Sebuah penelitian mendapati bahwa sayuran hijau seperti pakcoy sangat baik untuk mengurangi risiko kanker paru-paru. Bisa jadi karena sayuran ini tinggi karotenoid, yang merupakan antioksidan.

Produk Susu

Susu dan produk olahannya juga merupakan makanan yang baik untuk paru-paru. Penelitian mendapati bahwa konsumsi susu, keju, yogurt, dan produk susu lain bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker paru-paru. Tapi di sisi lain, ada penderita asma atau masalah paru-paru lain yang merasa bahwa produksi lendir mereka berkurang jika tidak mengonsumsi paru-paru.

Tomat

Tomat adalah makanan yang baik untuk paru-paru karena kaya kandungan likopen. Konsumsi tomat dapat memperbaiki peradangan saluran pernapasan pada penderita asma dan dapat mengurangi risiko kematian pada penderita PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). Likopen juga menghambat penurunan fungsi paru-paru pada orang dewasa muda. Manfaat ini bahkan lebih terasa lagi bagi mantan perokok.

Sumber Protein

Amy Bragagnini, seorang ahli gizi yang disebut di awal, mengatakan bahwa sumber protein juga tidak boleh dilupakan sebagai makanan yang baik untuk paru-paru. Kerja otot yang baik mendukung kembang-kempis paru-paru. Salah satu sumber protein yang baik adalah kacang-kacangan, karena juga mengandung magnesium yang baik untuk mengurangi peradangan di paru-paru.

Daftar di atas hanyalah sejumlah contoh makanan yang baik untuk paru-paru. Masih ada banyak makanan lain yang bisa Anda masukkan dalam menu sehari-hari. Prinsipnya adalah konsumsi variasi makanan bergizi, beraneka warna buah dan sayur yang baik untuk paru-paru, dan sebisa mungkin yang masih segar. Batasi asupan daging merah, makanan/minuman manis, dan alkohol.

Demikianlah artikel ini yang tentang makanan yang baik untuk paru-paru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}