Lo Han Kuo, Apa Saja Manfaatnya bagi Kesehatan?

340
buah lo han kuo kering
Buah Lo Han Kuo Kering (Credit: Mamsizz / Shutterstock)

Diedit:

Buah lo han kuo adalah salah satu herbal yang punya cukup banyak manfaat bagi kesehatan. Di Indonesia memang lo han kuo lebih dikenal sebagai minuman penyegar panas dalam. Tapi di negeri asalnya, buah ini sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk beragam masalah kesehatan.

Apa sajakah manfaat lo han kuo bagi kesehatan? Salah satu yang paling menarik adalah kegunaannya untuk menangani diabetes. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari apa sebenarnya yang terkandung di dalamnya sehingga mampu memberikan efek positif bagi tubuh. Juga akan diulas sejumlah manfaatnya berdasarkan bukti penelitian ilmiah.

Apa Itu Lo Han Kuo?

Lo han kuo (Siraitia grosvenorii) adalah tanaman rambat menahun (perennial) yang termasuk dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Tanaman ini berasal dari Tiongkok bagian selatan dan Thailand bagian utara. Di tempat asalnya buah dari lo han kuo juga disebut sebagai “buah monk” (buah biksu), karena yang pertama kali membudidayakan tanaman ini adalah para biksu di abad ke-13.

Tanaman ini dibudidayakan untuk dipanen buahnya, yang ekstraknya dikatakan 150 – 200 kali lebih manis daripada gula dan telah digunakan di Tiongkok sebagai pemanis alami rendah kalori untuk minuman. Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, buah lo han kuo juga adalah obat untuk panas dalam, melegakan tenggorokan, mengembalikan suara, dan mengatasi sembelit.

Kandungan Bermanfaat dalam Lo Han Kuo

Konstituen bioaktif utama di dalam buah lo han kuo adalah mogroside, yang merupakan bagian dari glikosida triterpena. Konstituen-konstituen mogroside tersebut antara lain: mogroside Iva, mogroside V, mogroside VI, iso-mogroside V, 11-oxomogroside C, dan siamenoside I.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir glikosida adalah konstituen bioaktif yang ada di dalam banyak obat-obatan tradisional Tiongkok dan sedang dikembangakan untuk menemukan obat-obatan medis yang baru.

Glikosida triterpena, seperti yang dimiliki oleh buah Siraitia grosvenorii, telah digunakan sebagai obat anti-hepatitis dan glikosida steroid telah digunakan untuk anti-epilepsi, anti-inflamasi, dan anti-tumor. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tiongkok pada 2013 juga telah membuktikan kegunaan ekstrak buah Siraitia grosvenorii untuk anti-lelah.

Disamping itu, terdapat juga berbagai senyawa dan kandungan lainnya di bagian-bagian tanaman lo han kuo. Kandungan-kandungan yang terutama ialah triterpenoid, flavonoid, polisakarida, asam amino, dan minyak atsiri.

Kandungan-kandungan ini telah ditunjukkan memiliki beragam efek biologis, misalnya antitusif (pereda batuk), penghilang dahak, antioksidan, imunomodulator, pelindung hati, penurun glukosa, dan anti-mikroba. Berbagai hasil penelitian yang sudah ada juga memperlihatkan bahwa ekstrak dan masing-masing kandungan senyawa ini pada dasarnya tidak beracun (non-toksik).

tanaman lo han kuo
Credit: Carl Ning / Shutterstock

Apa Saja Manfaat Lo Han Kuo bagi Kesehatan?

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak dari buah ini memiliki beragam efek farmakologis dan penunjang kesehatan, misalnya sebagai peningkat kekebalan tubuh, antioksidan, anti-diabetes, anti-tumor, dan anti-inflamasi. Berdasarkan temuan itu, maka pastilah ada manfaat-manfaat lo han kuo bagi kesehatan.

Membantu Mengendalikan Diabetes

Penderita diabetes harus selalu memperhatikan asupan gula dari makanan/minuman. Mogroside dari buah lo han kuo adalah pemanis alami yang sangat manis dan hanya sedikit mengandung kalori. Selain itu mogroside juga membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga cocok digunakan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes.

Para peneliti telah menyelidiki kemampuan mogroside dalam mengatur protein kinase yang teraktivasi adenosi monofosfat (AMPK). AMPK adalah molekul protein kunci yang mengatur keseimbangan energi dalam tubuh. Penelitian mendapati bahwa AMPK erat kaitannya dengan berat badan dan diabetes tipe 2. Mogroside dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dengan cara mengatur AMPK di dalam tubuh penderita.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh adalah berasal dari kemampuan lo huan ko sebagai imunomodulator. Sebuah penelitian pada hewan percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Guangxi pada 2011 memperlihatkan bahwa kandungan polisakarida dari Siraitia grosvenorii (SGP) mampu merangsang proliferasi dari sel-sel limpa dan mengatur kadar spesies oksigen reaktif (ROS) secara in vitro.

Selanjutnya, hal itu secara signifikan meningkatkan indeks limpa, timus, aktivitas superoksidase dismutase serta mengatur kadar sitokin dari limpa dan timus pada uji in vivo. Temuan ini menunjukkan bahwa SGP memiliki efek imunomodulator. Pada dasarnya, imunomodulator berarti mampu meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Memiliki Efek Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu menangkal dampak radikal bebas sehingga kesehatan tetap terjaga dengan baik. Mogroside adalah konstituen utama di dalam buah lo han kuo yang punya manfaat antioksidan. Penelitian memperlihatkan bahwa mogroside akan meningkatkan serum glutathione peroxidase (GSH-Px) dan aktivitas superoksida dismutase pada hewan percobaan, serta secara signifikan mengurangi kadar serum malondialdehyde.

Malondialdehyde adalah produk akhir dari peroksidasi lipid dan berguna sebagai indikator penting dalam mengevaluasi kekuatan reaksi peroksidasi lipid. Temuan ini menunjukkan bahwa mogroside dapat secara efektif mencari spesies oksigen reaktif (ROS) dan mengurangi peroksidasi lipid. Hal inilah yang meneguhkan manfaatnya sebagai antioksidan.

Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Hampir setiap masalah kesehatan berkaitan dengan inflamasi (peradangan) di dalam tubuh. Efek anti-inflamasi dapat membantu mengurangi kerusakan dalam tubuh yang disebabkan oleh inflamasi. Di samping sebagai antioksidan, mogroside dari buah lo han kuo juga punya manfaat anti-inflamasi.

Penelitian menunjukkan bahwa mogroside secara signifikan dapat menghambat pelepasan cyclooxygenase-2 dan ekspresi mRNA dari sintase nitrit oksida yang dapat diinduksi dan IL-6 dalam makrofagus murine. Ini menunjukkan bahwa mogroside mengerahkan aktivitas anti-inflamasi dengan cara menghambat pelepasan mediator inflamasi, seperti prostaglandin, IL-6, dan nitrit oksida, oleh makrofagus.

Memiliki Efek Anti-Tumor

Dewasa ini sedang dikembangkan obat-obatan kanker yang secara khusus menargetkan sel-sel kanker tanpa menyerang sel-sel normal, sehingga meminimalkan efek samping. Penelitian di tahun 2015 oleh Can Liu dari Universitas Pertanian Beijing dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa mogrol, prekursor (senyawa pembentuk) mogroside memiliki efek anti-tumor dengan secara khusus menargetkan sel-sel kanker.

Penelitian juga memperlihatkan bahwa mogrol dapat menghambat aktivasi transduser sinyal dan aktivator transkripsi 3 (STAT 3) yang berlebihan. Hal ini akan mendorong terjadinya kematian (apoptosis) pada sel-sel tumor. Bahkan hasil eksperimen pada hewan percobaan membuktikan bahwa mogrol memiliki aktivitas yang langsung membunuh tumor.

buah lo han kuo
Credit: Carl Ning / Shutterstock

Kesimpulan tentang Lo Han Kuo

Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, buah lo han kuo adalah obat untuk berbagai masalah kesehatan, misalnya untuk panas dalam, melegakan tenggorokan, mengembalikan suara, dan mengatasi sembelit. Penelitian modern membuktikan bahwa di dalamnya terdapat kandungan-kandungan yang punya manfaat kesehatan, dan yang terutama adalah mogroside.

Mogroside adalah konstituen bioaktif utama dari buah lo han kuo yang rasanya sangat manis tapi rendah kalori. Konstituen ini juga telah diperlihatkan memiliki banyak manfaat, misalnya untuk membantu mengendalikan diabetes, memiliki efek antioksidan, efek anti-inflamasi, dan efek anti-tumor.

Dan mogroside sudah diberi status “secara umum dianggap aman” (Generally Recognized as Safe, disingkat GRAS) oleh lembaga FDA. Jadi mogroside punya potensi untuk digunakan secara luas sebagai obat yang aman dan efektif. Semoga ke depannya akan dilakukan semakin banyak penelitian untuk mendalami dan memahami penggunaan mogroside bagi kesehatan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang lo han kuo. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda terhadap tanaman herbal yang ada di sekitar Anda. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.


Referensi Lo Han Kuo:

Liu, D. D.,dkk. (2013). Effects of Siraitia grosvenorii Fruits Extracts on Physical Fatigue in Mice. Iranian Journal of Pharmaceutical Research. 12(1): 115–121

Li, Chun, dkk. (2014). Chemistry and Pharmacology of Siraitia grosvenorii: A Review. Chinese Journal of Natural Medicines. 12(2): 89-102

Zhang, Ling, dkk. (2011). Immunomodulatory and Antioxidant Activity of A Siraitia grosvenorii Polysaccharide in Mice. African Journal of Biotechnology. 10(49): 10045-10053

Can Liu, dkk. (2018). Pharmacological Activities of Mogrosides. Future Medical Chemistry. 10(8):  845-850


Advertisement
Alinesia