Kuku Jari Kaki Tumbuh ke Dalam


By Cindy Wijaya

Tahukah Anda bahwa pemakaian sepatu yang tidak nyaman bisa menimbulkan masalah di kaki? Ya, hanya gara-gara memaksakan memakai sepatu bagus, kuku jari kaki yang tertekan dapat tumbuh ke bagian dalam kulit bahkan sampai menembus daging di bawah kuku. Bagaimana ini bisa terjadi?

Kuku jari kaki tumbuh ke dalam merupakan kondisi ketika sudut atau sisi salah satu kuku jari kaki tumbuh ke dalam daging lunak jari. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri, pembengkakan, dan kulit di sekitar kuku menjadi kemerahan.

Penyebab umum dari kondisi ini antara lain karena memakai sepatu yang menekan kuku jari kaki, memotong kuku jari terlalu pendek atau tidak rapih, mencederai kuku jari, atau karena memang dilahirkan dengan kondisi kuku jari yang melengkung.

Kondisi kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam perlu diatasi sebelum menjalar ke masalah kesehatan yang lebih serius. Jika tidak segera ditangani, infeksi dapat terjadi di jaringan di sekitar jari kaki dan di tulang jari.

Anda dapat mengobati dan memulihkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Rendam kaki di larutan garam hangat. Campurkan 2 sendok teh garam ke dalam wadah berisi 1 liter air. Rendam kaki selama 15-20 menit sehari tiga kali. Dengan melakukannya, rasa nyeri dan pembengkakan akibat tekanan kuku dapat berkurang.
  • Letakkan kapas atau benang gigi di bawah kuku jari kaki. Setiap kali Anda selesai merendam kaki, taruh sedikit kapas atau benang gigi di bawah tepi kuku yang sakit guna mendorong kuku untuk tumbuh ke atas tepi kulit. Ganti kapas atau benang gigi setiap hari sampai nyeri dan kemerahan berkurang.
  • Oleskan salep atau krim topikal.
  • Pilih alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Pilihan lain yaitu sepatu yang terbuka di bagian jari kaki atau kenakan saja sandal sampai jari kaki Anda membaik.

Jika langkah-langkah di atas tidak cukup membantu memulihkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam, disarankan untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan pertolongan medis. Dokter mungkin akan mengangkat sebagian atau seluruh kuku bergantung pada tingkat keparahannya.

Langkah untuk Mencegah Kuku Jari Kaki Tumbuh ke Dalam

  • Potong kuku jari kaki secara lurus, jangan sengaja di lengkungkan mengikuti bentuk jari.
  • Pertahankan panjang kuku agar tidak melebihi jari kaki.
  • Kenakan sepatu yang benar-benar sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki Anda.
  • Periksa kaki Anda secara berkala, terutama bila Anda menderita diabetes, untuk mengetahui jika ada tanda-tanda kuku tumbuh ke dalam atau masalah kaki lain.

Adakalanya kondisi kuku jari kaki tumbuh ke dalam meenyebabkan nyeri hebat yang meluas ke area sekitar kuku. Jika Anda mengalaminya, konsultasikan dengan dokter agar Anda mendapat perawatan medis. Selain itu, segera kunjungi dokter jika jari kaki tampak bernanah dan berwarna kemerahan.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}