Kiat Praktis Mencegah Batu Ginjal

643

Batu ginjal adalah endapan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Endapan ini bentuknya menyerupai batu yang merupakan hasil pengerasan mineral serta garam asam. Ada banyak penyebab batu ginjal dan semuanya berhubungan dengan saluran kemih Anda. Penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan kiat praktsi seperti yang akan dibahas di artikel ini.

Jika batu ginjal sudah terbentuk, maka kemungkinan besar Anda akan merasa sakit di bagian saluran kemih. Biasanya sakit dirasakan mulai dari bagian pinggang atau punggung, tepat di bawah tulang rusuk, dan dapat berpindah ke perut bagian bawah atau paha bagian atas.

Rasa sakit ini bisa berpindah-pindah karena lokasi batu ginjal juga dapat berpindah di dalam saluran kemih.

Beberapa Faktor yang Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

  • Riwayat keluarga yang mengalami batu ginjal atau Anda sendiri sebelumnya pernah mengalaminya.
  • Usia dewasa, terutama usia 40 tahun ke atas.
  • Pria lebih cenderung mengalami batu ginjal dibandingkan wanita.
  • Dehidrasi—Anda yang tinggal di lingkungan hangat atau panas dan yang sering berkeringat memiliki resiko lebih tinggi.
  • Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi protein, natrium (garam), dan gula.
  • Kelebihan berat badan dan obesitas.
  • Penyakit atau gangguan di sistem pencernaan serta kondisi medis lain (misalnya encok, hiperparatiroidisme, dan infeksi saluran kemih).

5 Kiat untuk Mencegah Batu Ginjal

Minumlah air sepanjang hari. Para ahli merekomendasikan minum air sekitar 2,5 liter setiap hari agar pengeluaran urin lebih lancar dan banyak. Urin dianggap sehat jika berwarna hampir jernih atau hanya berwarna sedikit kuning cerah.  

Makanlah lebih sedikit makanan yang tinggi kandungan oksalat. Jika Anda memiliki faktor resiko batu ginjal, dokter mungkin menyarankan untuk membatasi konsumsi bayam, bit, ubi jalar, cokelat, dan produk kedelai.

Pilihlah makanan yang rendah kandungan garam dan protein hewani. Ini termasuk membatasi konsumsi daging sapi, babi, atau unggas. Hanya gunakan sedikit garam ketika memasak dan hindari produk makanan yang diasinkan.

Konsumsilah makanan kaya akan kalsium dalam jumlah sedang. Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, karena kalsium alami dalam makanan tidak mempengaruhi resiko batu ginjal. Namun berhati-hatilah pada suplemen kalsium sebab suplemen sering dikaitkan dengan peningkatan resiko batu ginjal.

Minumlah jus lemon dan jus jeruk. Kadar asam sitrat pada lemon dan jeruk diyakini bisa mengurangi kadar kalsium dalam urin sehingga menurunkan resiko batu ginjal.

Bagaimana dengan Anda yang sudah terlanjur mengalami batu ginjal? Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab batu ginjal biasanya bukanlah kondisi medis yang serius. Batu ginjal bisa dihilangkan dengan pengobatan yang tepat.

Salah satu obat alami untuk batu ginjal adalah herbal Sarang Semut. Herbal ini bisa mengatasi batu ginjal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan kombinasi kandungan mineral yang dimilikinya. Sarang semut bekerja dengan melarutkan pembentuk batu ginjal, seperti kalsium dan asam urat, kemudian dikeluarkan bersama urin.

Di samping untuk mengobati, herbal Sarang Semut juga ampuh dalam mencegah batu ginjal. Namun, akan lebih efektif lagi jika Anda sudah mengupayakan kelima kiat mencegah batu ginjal di atas.