Kenali Ragam Asupan Pantangan Diabetes

498

Diedit:

Begitu seseorang dinyatakan mengidap diabetes, maka di saat itulah yang bersangkutan mutlak perlu untuk mengelola pola diet mereka. Karena dengan hidup sebagai penderita diabetes, otomatis pasien harus memperhatikan asupan apa yang disarankan dan apa yang menjadi pantangan diabetes.

Seseorang dengan diabetes, mengalami masalah dalam menyalurkan glukosa dalam darah menuju sel. Meski pada dasarnya setiap sel membutuhkan asupan glukosa sebagai sumber energi, pada penderita diabetes sel-sel tubuh justru gagal menyerap glukosa dalam darah.

Ini disebabkan oleh resistan yang muncul pada sel terhadap sinyal yang dikodekan oleh hormon insulin, hormon inilah yang memicu sel menyerap glukosa dalam darah. Atau karena tubuh tak mampu menghasilkan hormon insulin sesuai kebutuhan.

Kegagalan ini menyebabkan pasien mengalami penimbunan glukosa dalam darah yang bisa berakibat fatal seperti kemampuan darah dalam menghantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, melemahkan kondisi aliran darah dan kondisi pembuluh darah, hingga masalah kerusakan sel dan kerusakan fungsi jaringan karena kekurangan suplai darah dan sumber energi.

Masalah inilah yang kemudian menuntut pasien untuk merubah pola makan mereka dengan menu diet yang sehat dan aman untuk diabetes. Di sini pasien perlu mengganti konsumsi mereka pada makanan yang sehat dan menghindari segala makanan serta minuman yang dinyatakan sebagai pantangan diabetes.

Pasien harus menjaga supaya makanan dan minuman yang mereka konsumsi tidak menambah jumlah glukosa dalam darah dan menambah berat beban insulin dalam menyalurkannya menuju sel. Juga supaya tubuh menghindari segala aspek yang terbukti menambah buruk kondisi kesehatan pasien dengan diabetes.

Lalu makanan dan minuman apa saja sebenarnya yang seharusnya Anda keluarkan dari menu diet Anda karena statusnya sebagai pantangan diabetes.

  • Makanan dengan pemanis terutama yang berlebihan

    Makanan dengan rasa manis sudah tentu mengandung banyak gula, terutama bila makanan tersebut menggunakan gula murni sebagai sumber pemanisnya. Dan gula jelas merupakan salah satu bentuk dasar dari glukosa yang paling utama. Semakin tinggi jumlah asupan gula yang Anda konsumsi, jelas semakin tinggi pula kadar glukosa dalam darah. Sehingga pada kasus ini, kondisi ini jelas menjadi prioritas utama untuk menjadi pantangan diabetes. Untuk itu Anda juga harus menghindari soda yang biasanya mengandung banyak gula, manisan buah, sirup dan selai kecuali dibuat khusus untuk rendah gula, setup, permen, puding dan lain sebagainya.

  • Sumber karbohidrat sederhana

    Yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah segala jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung beras, nasi putih dan tepung lain seperti tepung kanji dan tepung tapioka. Jenis tepung ini mudah untuk dicerna sehingga memudahkannya pula untuk segera diubah menjadi glukosa tanpa memakan energi lebih untuk seluruh prosesnya dan tanpa adanya efek penyerapan oleh sistem pembuangan mengingat dalam karbohidrat ini Anda tak akan bisa menemukan banyak serat.

  • Makanan gorengan

    Proses masak dengan cara goreng terendam akan menambahkan banyak kandungan lemak jenuh pada makanan, termasuk bila Anda menggoreng kentang, pisang dan ubi yang dikenal aman sebagai sajian pengidap diabetes. Lemak jenuh akan menambah masalah pada pengidap diabetes karena sifatnya justru menambah efek resistan sel terhadap insulin. Alihkan cara menggoreng untuk sajian Anda dengan cara rebus dan kukus yang lebih aman. Termasuk pula hindari segala jenis keripik.Untuk menekan resiko bilapun Anda memang harus menyajikan gorengan adalah dengan mengganti minyak goreng sawit Anda dengan minyak goreng lain yang dikenal lebih rendah lemak jenuh seperti minyak sawit merah, minyak jagung atau minyak zaitun.

  • Susu dan turunannya yang masih berkadar lemak tinggi

    Segala jenis makanan dan minuman dengan bahan utama susu murni dan segala turunannya sebaiknya juga menjadi pantangan bagi Anda penderita diabetes. Susu murni mengandung lemak tinggi yang sebagian bisa menjadi lemak jahat bila Anda konsumsi melebihi kebutuhan metabolisme Anda. Kandungan lemak ini juga masih dapat Anda temukan pada makanan turunan susu seperti yoghurt, keju dan mentega susu, bahkan pada yoghurt dikhawatirkan juga akan adanya tambahan gula sebagai penawar rasa asam dari fermentasi.

  • Makanan awetan

    Makanan awetan terutama yang Anda peroleh dari toko dan supermarket cenderung mengandung banyak sodium yang akan menambah berat kondisi diabetes. Ini karena sodium akan menyebabkan komposisi darah semakin tidak seimbang, mengentalkan darah dan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Hindari sebisa mungkin makanan dengan kadar sodium tinggi yang dipercaya justru berbahaya bagi kondisi aliran darah.

  • Daging merah

    Kebanyakan daging berwarna merah mengandung banyak kolesterol dan memiliki sifat protein yang berat sehingga menyisakan beberapa residu yang akan memberatkan fungsi hati. Sementara hati akan membantu menjaga kestabilan glukosa dalam darah dan membantu mendorong kelebihan glukosa untuk diserap ginjal dan dibuang melalui urin. Jadi dengan mengkonsumsi daging merah, akan memberatkan hati dalam bekerja menekan kadar gula dan tambahan kolesterol di dalamnya akan memperberat kelancaran aliran darah, sehingga meningkatkan beban penderita diabetes. Anda masih bisa mengkonsumsi daging merah, namun dalam porsi yang terbatas dan dari jenis yang rendah lemak.

  • Makanan panggangan

    Kebanyakan sajian makanan yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan olesan mentega yang mengandung banyak lemak jenuh. Belum lagi bila makanan panggang ini kemudian ditambahkan dengan beberapa bahan pantangan diabetes lain seperti makanan awetan, keju, gula dan bahan baku tepung terigu.

  • Minuman beralkohol

    Minuman dengan kadar alkohol tinggi terbukti menambah buruk kondisi penderita diabetes. Alkohol akan meningkatkan resistensi sel terhadap insulin sehingga menekan daya serap sel terhadap glukosa. Alkohol juga melemahkan hati dalam membantu mengangkat kelebihan glukosa dalam darah, juga mempengaruhi aliran darah sehingga semakin menurunkan intensitas aliran darah dalam menghantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

  • Buah kering

    Meski di dalam buah kering terdapat sejumlah besar kandungan serat dan ragam vitamin serta mineral, tetapi kebanyakan buah kering juga mengandung gula yang terkonsentrasi. Secara umum gula dalam buah bersifat lebih ringan dan mudah untuk dibuang melalui ginjal, tetapi ketika berbentuk konsentrasi, maka sifat gula menjadi sama buruknya dengan gula murni biasa, bahkan kadang bisa menjadi lebih serius.

Baca juga:  Makanan Diabetes Bantu Mencegah Diabetes Akut

Menekan Efek Pantangan Diabetes dengan Noni Juice

Bagaimana bila pada satu kesempatan Anda tidak bisa menghindar dari sajian makanan dan minuman yang seharusnya menjadi pantangan diabetes? Dalam pergaulan Anda sehari-hari baik ketika Anda dengan bisnis Anda atau dengan aktivitas harian Anda, beberapa kali Anda terpaksa tidak bisa menerapkan sepenuhnya pantangan diabetes dan akhirnya mengalami kenaikan kadar glikemik yang cukup signifikan.

Kenaikan gula pada tubuh Anda akan menyebabkan tubuh mengalami penurunan kondisi yang cukup drastis. Tubuh terasa lesu, lelah dan seakan beberapa bagian tubuh terasa tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Bila ini Anda abaikan bukan mustahil Anda akan mengalami keluhan efek samping komplikasi diabetes yang cukup serius. Untuk itu penting untuk Anda mengimbangi asupan Anda yang tidak sehat ini dengan sumber alami dengan kemampuan cukup manjur dalam menekan kadar glukosa dalam darah.

Adalah buah noni, sejenis buah tropis dari kawasan Asia Pasifik yang dikenal memiliki kemampuan canggih dalam membantu masalah diabetes. Buah noni yang juga dikenal dengan aroma dan rasa uniknya ini ternyata telah banyak dibuktikan secara ilmiah memiliki khasiat baik dalam membantu mengatasi keluhan pada penderita diabetes.

Buah noni telah lolos uji kemampuan dalam membantu mengatasi diabetes dalam sebuah riset yang dikembangkan oleh seorang pakar medis Dr. Neil Solomon dari John Hopkins University. Riset besar ini ditujukan untuk meneliti seefektif apa kemampuan dari Noni Juice dalam membantu mengatasi beragam penyakit termasuk diabetes dengan melibatkan setidaknya 1.227 pakar medis dunia.

Dari 25.314 pasien dari 80 negara di dunia dengan beragam kondisi penyakit dan latar belakang, terdapat 5.575 orang pasien dengan keluhan diabetes. Dari angka ini terbukti bahwa setidaknya 82% pasien diabetes dapat terbantu dalam mengatasi diabetes dengan signifikan.

Menurut riset lain yang dikembangkan di Hawaii University, ditemukan pula bahwa buah noni dengan kadar konsentrasi 98% memiliki kandungan beragam senyawa penting dengan kemampuan membantu mengatasi diabetes dari hulu ke hilir.

Baca juga:  22 Pilihan Buah untuk Penderita Diabetes

Mulai dari membantu menghambat pembentukan glukosa darah, membantu melancarkan aliran darah, meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa, memperbaiki kerusakan pankreas, membantu meningkatkan pembuangan kelebihan glukosa oleh fungsi hati dan ginjal serta membantu mencegah kerusakan sel akibat kondisi diabetes dalam jangka panjang.

Kemampuan ini berasal dari kandungan nutrisi dalam Noni Juice yang relatif tinggi termasuk beragam vitamin, mineral penting seperti potasium, magnesium dan mangaan, juga kandungan sejumlah anti oksidan seperti flavonoid, xeronin, scolopetin, terpenoid, alkaloid, antraquinon, saponin, fenol, turin, tannin, damnachantal dan masih banyak lagi.

Kini Anda bisa lebih memahami, bahwa penting untuk menjaga pola konsumsi Anda bila Anda menderita diabetes, serta apa saja yang termasuk dalam pantangan diabetes untuk lebih Anda batasi asupannya. Namun untuk lebih aman, tambahkan asupan Noni Juice untuk membantu mencegah efek pada tubuh Anda ketika Anda mengkonsumsi makanan yang seharusnya menjadi pantangan diabetes.

Advertisement
Alinesia