Kalkulator Berat Badan Ideal yang Akurat

552

Diedit:

Kalkulator berat badan ideal yang akurat memang perlu untuk Anda temukan. Jika berbicara mengenai kalkulator untuk menghitung berat badan, maka itu berhubungan dengan BMI, yang merupakan nama lainnya. Kalkulator berat badan ideal BMI, adalah singkatan dari Body Mass Index, di mana kalkulator ini menggunakan perhitungan kalkulasi yang berdasarkan ke berat badan dan tinggi seseorang, hingga akhirnya dimanfaatkan untuk mengetahui derajat tubuh Anda, apakah tergolong ke dalam kurus, gemuk atau obesitas, atau sudah berat badan yang ideal.

Berdasarkan pada hasil penelitian ditunjukkan jika kalkulator berat badan (BMI) jika angkanya muncul pada 25, maupun lebih, orang tersebut memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung. Mari baca selengkapnya mengenai kalkulator berat badan ideal ini.

Kalkulator Berat Badan Ideal: Menghitung Berat Badan Ideal

Kalkulator berat badan ideal memang merupakan pilihan jitu untuk menghitung berat badan ideal. Kalkulator ini dapat digunakan baik untuk menghitung berat badan ideal dari seorang wanita maupun dari seorang pria, menggunakan metode yang sama. Berat badan yang ideal itu sudah pasti merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh semua orang, baik itu pria maupun wanita.

Dengan memiliki berat badan yang ideal, selain dalam menjalankan aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah, juga akan membantu Anda untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat. Memang karena alasan itulah, maka kalkulator berat badan ideal akhirnya diciptakan.

Kalkulator Berat Badan Ideal versi BMI

Sekarang setelah Anda membaca sekilas tentang menghitung berat badan ideal, mari kembali ke topik kalkulator berat badan ideal versi Body Mass Index. Dengan menggunakan kalkulator khusus ini, Anda dapat menghitung berapakah sebenarnya berat badan ideal Anda dengan lebih mudah dan tentunya lebih praktis, dibandingkan Anda menghitung manual menggunakan rumus.

Baca juga:  Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

Walaupun memang menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus juga dapat Anda lakukan, sebagai alternatif. Cara kerja dari kalkulator berat badan ideal BMI adalah dengan membagi berat badan di dalam kg, dengan tinggi badan (Dalam kuadrat), satuan meter.

Anda bisa mengetahui berapakah berat badan ideal, cukup dengan cara memasukkan beberapa data yang diperlukan ke kalkulator berat badan ideal. Data tersebut yaitu tinggi dan berat badan saat ini, kemudian kalkulator berat badan ideal BMI pun akan secara otomatis menghitung berapa seharusnya berat badan ideal Anda, mudah sekali untuk digunakan. Di dalam kalkulator BMI memang sudah diprogram, supaya bisa menghitung dengan tepat.

Nanti hasilnya akan dibagi ke dalam beberapa kategori, berdasarkankan angka yang dikeluarkan, untuk mengetahui berat badan Anda masuk dalam kategori yang mana. Jika Anda sudah masuk ke dalam kategori berat badan sehat, yaitu BMI prime 1,0 – 1,2, maka Anda sudah tidak perlu terlalu khawatir, yang perlu Anda lakukan adalah terus menjaga berat ideal tersebut.

Konsultasi Ahli Gizi

Jika kalkulator berat badan ideal menunjukkan hasil yang memasukkan Anda dalam kategori berat badan tidak normal atau tidak ideal, maka Anda harus mencari solusinya. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan yaitu berkunjung dan berkonsultasi ke ahli gizi. Di sini Anda akan memperoleh bagaimana cara dan diet yang harus dilakukan agar Anda bisa mencapai berat tubuh ideal yang Anda inginkan tersebut.

Tentunya perubahan gaya hidup yang buruk, seperti malas-malasan di depan televisi sembari menyantap fast food itu harus dihilangkan, dan juga berbagai kebiasaan buruk yang lainnya. Kalkulator berat badan ideal hanya membantu Anda mencari berapa berat tubuh ideal, bukan membantu Anda memperolehnya.

Menggunakan Rumus sebagai Alternatif Kalkulator Berat Badan Ideal

Jika Anda tak ingin menggunakan kalkulator berat badan ideal, itu tidak menjadi masalah. Atau mungkin Anda ingin memastikan hasilnya lagi dengan menggunakan metode perhitungan alternatif, itu juga bisa Anda lakukan, karena semuanya gratis dan mudah untuk dilakukan.

Baca juga:  Apa Kaitan Minum Air Dengan Penurunan Berat Badan?

Metode berikutnya selain menggunakan kalkulator berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus perhitungan BMI. Rumus ini disebut juga dengan IMT atau Indeks Massa Tubuh, dan memang kerapkali digunakan untuk acuan mengetahui berat tubuh ideal seseorang. Berikut rumusnya:

Berat badan ideal = Berat badan (Kg) / (Tinggi badan x Tinggi badan)

Standar BMI Wanita

Setelah Anda menghitung menggunakan kalkulator berat badan ideal, Anda akan memperoleh hasil BMI. Bagi seorang wanita ada standar BMI yang memasukkan hasilnya untuk mengetahui berat tubuh wanita tersebut masuk kategori mana. Berikut informasinya:

BMI < 18:

Jika kalkulator berat badan ideal mengeluarkan angka ini, maka wanita tersebut termasuk kategori kurus (under weight). Sebaiknya segera menambah berat badan dengan cara banyak-banyak konsumsi makanan berkarbohidrat dan diikuti olahraga yang cukup.

BMI 18 – 25:

Angka 18 – 25 dari kalkulator berat badan ideal itu menandakan berat tubuh normal (Normal weight). Ini merupakan angka BMI yang bagus, jadi Anda sudah memperoleh berat tubuh yang ideal. Yang perlu dilakukan berikutnya adalah menjaga berat tubuh tersebut.

BMI 25 – 27:

Menandakan berat tubuh kegemukan (Overweight). Jika angka BMI antara 25 hingga 27, maka mulai sekarang Anda harus menghindari konsumsi makanan berlemak, mulai tingkatkan aktivitas olahraga paling tinggi seminggu 2 x.

BMI > 27:

Angka BMI > 27 menandakan bahaya. Anda sudah mengalami yang namanya obesitas. Anda harus segera membuat program untuk diet, menurunkan berat badan. Sebab jika angka yang dikeluarkan oleh kalkulator berat badan ideal menunjukkan angka BMI > 27 tersebut, ini merupakan angka tertinggi, di atas kategori kegemukan.

Setelah mengerti tentang kalkulator berat badan ideal, kami sarankan Anda untuk memanfaatkan kalkulator tersebut untuk mengetahui berat badan yang ideal, jangan tunggu terlambat.

Advertisement
Alinesia