Jika Ingin Terlihat Langsing, Ikuti Cara Mengurangi Lemak di Perut Ini

116

Diedit:

Semua orang punya lemak di perut, bahkan orang yang perutnya rata atau berotot sekalipun. Mungkin pernyataan tadi cukup mengejutkan, tapi kenyataannya memang demikian. Lemak perut adalah sesuatu yang normal. Hanya saja, punya terlalu banyak lemak perut bisa berakibat buruk pada kesehatan. Simak cara mengurangi lemak di perut dalam artikel ini.

Sebagian lemak Anda berada tepat di bawah kulit. Sebagian lemak yang lain berada di bagian-bagian dalam tubuh—sekitar jantung, paru-paru, hati, dan organ-organ lainnya—yang disebut lemak visceral. Lemak di bagian dalam tubuh inilah yang bisa jadi masalah besar, bahkan pada orang yang kelihatan kurus.

Memiliki terlalu banyak lemak visceral meningkatkan risiko Anda menderita tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, kanker payudara, dan kanker usus besar. Salah satu jenis lemak visceral ialah lemak yang terdapat di bagian dalam perut.

4 Langkah untuk Mengurangi Lemak di Perut

Terdapat setidaknya 4 cara mengurangi lemak di perut: olahraga, diet, cukup tidur, dan pengendalian stres.

Olahraga: Olahraga berat dapat memangkas semua jenis lemak, termasuk lemak visceral. Lakukan setidaknya 30 menit olahraga intensitas sedang 5 hari dalam seminggu. Yang paling mudah dilakukan ialah olahraga jalan cepat, asalkan itu cukup membuat Anda berkeringat, bernapas lebih cepat, dan jantung berdetak lebih kencang.

Diet: Tidak ada diet mujarab untuk mengurangi lemak di perut. Tapi jika Anda kehilangan berat badan karena diet, yang paling pertama kelihatan berubah biasanya adalah lemak di perut. Mengonsumsi serat pangan yang cukup merupakan ide diet yang bagus. Ini bisa diwujudkan dengan makan 2 buah apel kecil atau semangkuk kacang hijau setiap hari. Cobalah untuk memulai hari dengan sarapan roti yang berserat tinggi, misalnya roti gandum.

Tidur: Mendapatkan waktu tidur malam yang cukup dapat berpengaruh pada lingkar perut Anda. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur rata-rata 6-7 jam dalam semalam memiliki lebih sedikit lemak visceral dibandingkan mereka yang tidur 5 jam/kurang atau lebih dari 8 jam per malam dalam jangka waktu 5 tahun.

Stres: Setiap orang pasti pernah stres. Tapi yang terpenting ialah bagaimana cara Anda menghadapi stres. Beberapa cara menghadapi stres yang terbaik ialah dengan bersantai sejenak bersama teman, keluarga, atau menikmati waktu santai sendirian, berolahraga, dan menyingkirkan beban pikiran dengan curhat. Bagaimanapun caranya, jika Anda berhasil menemukan cara terbaik untuk menghadapi stres, hal ini membuat Anda lebih sehat dan mengambil keputusan-keputusan yang lebih baik, termasuk dalam memilih makanan.

Tidak semua orang bisa menerapkan seluruhnya dari 4 cara mengurangi lemak perut diatas. Jika Anda tidak mampu melakukan semuanya, upayakanlah cara yang paling pertama—yakni olahraga. Olahraga bisa memberikan manfaat yang paling langsung terasa efeknya, karena olahraga mengurangi lemak tubuh sekaligus tingkat stres Anda.

Baca juga:  Diet Atkins, Diet secara Alami dan Sehat