Jenis Bahan Makanan Apa yang Memicu Kenaikan Kolesterol?


By Fery Irawan

Kolesterol diketahui sebagai pemicu berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, gangguan jantung, hingga stroke. Sebenarnya, kolesterol merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, jika kadarnya berlebihan di dalam tubuh, kolesterol akan menyebabkan berbagai penyakit.  Kadar kolesterol berlebih dalam tubuh akan meningkatkan resiko terjadinya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah dan dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah arteri sehingga dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. 

Pola makan sehat adalah upaya tingkat pertama melawan kenaikan kolesterol. “Jika Anda mengonsumsi makanan dengan banyak sayur dan buah plus ikan, Anda sudah berada di jalur yang benar untuk menjaga kesehatan kolesterol,” ujar Lisa Dorfman, ahli gizi dan juru bicara American Dietetic Association.

Makanan yang dapat memicu kolesterol banyak ditemukan mengandung lemak jenuh atau lemak trans dan dapat dengan mudah ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari hewan dan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Mari kita simak bahan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi dan yang harus dihindari dalam tabel-tabel berikut.

Tabel Makanan yang Aman Dikonsumsi-Kadar Kolesterol Rendah

Jenis Makanan Kolesterol
(Mg/10 gr)
Putih telur ayam

0

Teripang

0

Susu sapi non fat

0

Daging ayam/daging bebek pilihan tanpa kulit 50
Ikan air tawar 55
Daging sapi/daging babi pilihan tanpa lemak 60
Daging kelinci 65
Daging kambing tanpa lemak 70
Ikan ekor kuning 85

Tabel Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sekali-Sekali

Jenis Makanan Kolesterol
(Mg/10 gr)
Daging asap (ham/smoke beef)

98

Iga sapi

100

Iga babi

105

Daging sapi 105
Burung dara 120
Ikan bawal 120

Tabel Makanan yang Harus Diwaspadai-Kadar Kolesterol Cukup Tinggi

Jenis Makanan Kolesterol
(Mg/10 gr)
Daging sapi berlemak

125

Gajih sapi

130

Gajih kambing

130

Daging babi berlemak 130
Keju 140
Sosis daging 150
Kepiting 150
Udang 160
Kerang 160
Siput 185
Belut  

Tabel Makanan yang Berbahaya dan Pantang Dikonsumsi

Jenis Makanan Kolesterol
(Mg/10 gr)
Santan

185

Gajih babi

200

Susu sapi

250

Susu sapi cream 280
Coklat 290
Margarin/Mentega 300
Jeroan sapi 380
Jeroan babi 420
Kerang putih/tiram 450
Jeroan kambing 610
Cumi-cumi

1170

Kuning telur ayam 2000
Otak sapi 2300
Otak babi 3100
Telur burung puyuh

3640

Untuk mengurangi kandungan lemak jenuh dalam tubuh, kurangilah makanan yang digoreng terutama yang digoreng dengan minyak panas dan berulang-ulang.

Pengolahan yang dianjurkan adalah dengan mengukus atau merebus. Jika mengonsumsi ayam, sebaiknya kulit-kulit ayam dilepas sebelum diolah. Karena kandungan lemak banyak terdapat di bagian kulit ayam.

Menurut ahli kesehatan, makanan yang dikonsumsi sebaiknya makanan yang berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan serta yang mengandung lemak tidak jenuh karena jenis lemak ini tidak banyak membawa kolesterol dan lemak berlebih bagi tubuh.

Banyak ditemukan pada bahan nabati seperti minyak sayur (minyak Zaitun, minyak bunga Matahari, minyak Wijen, minyak Kedelai, kacang-kacangan) dan Alpukat. Juga banyak ditemukan pada ikan-ikanan.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}