Inilah Cara Memutihkan Wajah dengan Skin Care Vitamin C

531

Diedit:

Vitamin C dan produk skin care atau perawatan kulit dengan kandungan serum vitamin C bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah yang aman dengan hasil yang tergolong cepat dan maksimal. Anda bisa kenakan beragam jenis cream, lotion, atau serum khusus yang kaya vitamin C. Padukan dengan asupan makanan kaya vitamin C, maka dalam hitungan pekan kulit Anda akan cerah dan tampak bersinar.

Beberapa pakar mengakui adanya peran vitamin C dalam memutihkan kulit. Vitamin C akan membantu mendorong pembentukan kolagen yang membuat kulit tampak lebih segar dan cerah. Mengangkat kekusaman dari kulit sehingga kulit tampak lebih putih.

Di sisi lain vitamin C akan membantu menghambat pembentukan melanin pada wajah sehingga proses penghitaman kulit akan terhambat. Vitamin C juga merupakan bentuk antioksidan asam askorbat yang akan sangat baik untuk mengangkat radikal bebas penyebab pigmentasi.

Masalahnya, vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga asupan vitamin C Anda lebih sering larut dalam proses aliran air menuju ginjal ketimbang menyerap menuju sel-sel tepi termasuk sel kulit.

Itu sebabnya beberapa pakar dermatologis menyarankan untuk menggunakan perawatan kulit seperti lotion, gel, atau cream dengan kandungan vitamin C yang akan membantu memastikan sel-sel kulit Anda cukup mendapatkan asupan vitamin C, yakni dengan cara oral.

Hanya saja ada syarat tertentu terkait penggunaan vitamin C dalam perawatan kulit. Dan berikut adalah beberapa hal yang penting menjadi perhatian Anda dalam memilih perawatan kulit dengan kandungan vitamin C yang tepat.

• Amati nilai kadar PH

Diperlukan kadar ph tertentu untuk memastikan pengoleskan vitamin C secara oral pada wajah akan cukup mampu membuatnya terserap oleh kulit dan memberi manfaat bagi kesehatan kulit itu sendiri. Ph yang distandarkan pada angka di bawah 3,5 dan karenanya penting untuk Anda memperhatikan kadar Ph dari produk perawatan Anda.

Baca juga:  Cara Memutihkan Kulit yang Aman dan Alami

• Perhatikan komposisi

Vitamin C bekerja dengan efektif dalam komposisi berbeda untuk tiap orang. Mereka dengan warna kulit dasar gelap akan membutuhkan lebih banyak vitamin C dalam perawatan mereka untuk bisa mencapai warna cerah yang kebanyakan orang harapkan. Tetapi beberapa orang malah mengalami hipersensitif terhadap paparan vitamin C oral berlebihan karena kandungan asamnya yang tinggi. Jadi perhatikan dengan saksama komposisi, kebutuhan, dan toleransi kulit Anda. Secara umum kadar terbaik adalah kisaran 15% sampai 20%.

• Tambahan zink dan tirosinone

Keberadaan zink dan tirosinose akan membantu Vitamin C 20 kali lebih baik proses penyerapanannya oleh kulit. Karenanya sebaiknya perhatikan kandungan kedua senyawa ini dalam lotion vitamin C.

• Lihat warna lotion

Vitamin C memiliki kelemahan pada ketidakstabilannya. Senyawa ini cenderung mudah teroksidasi dan mudah mengalami perubahan sifat kimiawinya karena paparan panas serta cahaya. Untuk mengenali adanya kondisi teroksidasi sebenarnya mudah, cukup dengan melihat warna bahan. Biasanya vitamin C yang teroksidasi akan cenderung tampak keruh atau kekuningan. Itu sebabnya akan lebih baik kalau Anda memilih perawatan dalam warna putih atau bening untuk memudahkan Anda mengenali kondisi bahan.

• Perhatikan masalah penyimpanan

Karena cairan dan senyawa asma askorbat ini mudah teroksidasi, pastikan Anda menyimpan dalam wadah yang aman dari paparan udara bebas, suhu tinggi, dan cahaya. Gunakan botol gelap dan sebisa mungkin simpan pada lemari pendingin untuk mempertahankan kondisinya. Pastikan Anda menutup rapat wadah dan jangan di buka terlalu lama. Percuma Anda membeli produk perawatan mahal bila kandungannya sudah teroksidasi.

• Cara pemakaian

Gunakan dengan mengoles tipis-tipis pada wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan. Pastikan kandungan perawatan sudah terserap baru Anda tambahkan pelembab di atasnya. Vitamin C mudah sekali larut dalam air jadi pastikan tidak membilasnya lagi dengan air, atau memberikan cairan apapun diatasnya sebelum perawatan cukup meresap pada kulit. Tetap gunakan sunscreen karena terbukti vitamin C malah akan membuat kulit tak mampu membentuk perlindungan diri terhadap paparan UV.

Baca juga:  Penuhi Kebutuhan 6 Vitamin untuk Kulit agar Selalu Tampil Cantik Alami

Kini Anda lebih memahami bagaimana cara memutihkan kulit dengan produk perawatan khusus dengan kandungan vitamin C. Khasiatnya memang sangat manjur tetapi juga memerlukan perhatian khusus dalam penggunaannya.

Advertisement
Alinesia