Inilah 8 Sumber Nutrisi Wajib dalam Pola Makan Diet Anda!

397

Diedit:

Kebanyakan orang yang sedang berdiet seringkali menggunakan pola makan diet yang khususnya rendah kalori, lemak, kolesterol, bahkan asupan karbohidrat. Tanpa mereka sadari, sebegitu fokusnya mereka, sampai-sampai mengabaikan beberapa nutrisi wajib untuk dikonsumsi agar badan tetap sehat selama diet.

Apa sajakah nutrisi wajib tersebut? Setidaknya ada 8 nutrisi penting yang tidak boleh absen pada tubuh, sekalipun kita sedang menjalani pola makan diet ketat. Berikut adalah ke-8 nutrisi penting yang tak boleh absen dalam pola maka diet Anda.

1. Potasium

Potasium dapat Anda temukan dalam sejumlah makanan yang kaya vitamin C dan B seperti pisang, jeruk, apel, dan noni (mengkudu). Potasium berperan dalam sistem menjaga keseimbangan elektrolit dalam darah, menjadi listrik pemacu berbagai fungsi tubuh yang berkaitan dengan sistem otot dan saraf seperti jantung dan sistem peristaltik atau gerak motorik seperti pada anus, usus, lambung, dan kerongkongan.

2. Magnesium

Adalah bagian penting dalam rangkaian 7 nutrisi yang bisa Anda temukan pada bayam, brokoli, susu, ragam kacang serta pada biji-bijian atau dengan kata lain beberapa jenis makanan yang kaya serat biasanya juga akan kaya magnesium. Magnesium merupakan bagian penting dalam tubuh yang berfungsi membantu melancarkan pencernaan dan membantu menjaga keseimbangan detak jantung serta tekanan darah.

3. Kalsium

Siapapun tahu akan manfaat kalsium untuk tulang dan gigi, tetapi rupanya manfaat kalsium tidak sekedar untuk itu. Kalsium memiliki peran dalam pembentukan otot, menjaga sirkulasi darah, mencegah pembentukan plak kolesterol yang berbahaya untuk jantung dan tekanan darah sampai berperan dalam proses pembuahan karena ujung dari sperma sebagai mata pisau yang menembus sel telur terbentuk dari kalsium. Anda bisa menambahkan menu susu, keju, yoghurt, brokoli, sawi hijau, kubis, udang dengan cangkangnya dan beberapa sumber makanan lain.

Baca juga:  Seberapa Efektif Kah Madu untuk Diet?

4. Vitamin A

Vitamin A bisa dengan mudah Anda temukan pada segala jenis makan dengan warna jingga, merah cerah dan kuning terang. Karena vitamin A identik dengan kandungan senyawa antioksidn betakaroten, sejenis senyawa perwarna alami jingga kekuningan alami. Vitamin A berperan besar dalam kesehatan mata, imunitas dan membantu proses regenerasi sel otot dan jaringan halus.

5. Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai salah satu sumber penting nutrisi untuk tulang. Namun sebenarnya manfaat vitamin D tidak hanya sekedar untuk tulang, tetapi juga untuk menjaga kualitas imunitas, membantu menjaga koneksi sistem impuls saraf dalam otak, dan menjaga kebugaran tubuh. Untuk mendapatkan vitamin D Anda bisa memperbanyak konsumsi ikan laut, beberapa jenis sayuran dengan warna cerah, dan jamur. Tetapi untuk membentuk formula vitamin yang sesuai kebutuhan Anda tetap memerlukan paparan cahaya matahari pagi di kisaran pukul 7 pagi agar Vitamin C lebih mudah diserap oleh tubuh.

6. Vitamin C

Seberat apapun diet yang Anda jalankan, jangan sampai membiarkan asupan makanan dengan kandungan vitamin C untuk absen dari menu harian Anda. Vitamin C bisa Anda dapatkan dalam segala jenis makanan dengan warna yang kuat dan cerah, mulai dari warna kuning cerah macam jeruk dan labu, warna jingga macam wortel atau pepaya, warna merah seperti strawberi serta tomat hingga jenis buah dalam warna gelap seperti blueberry dan buah naga merah. Vitamin C ternyata berperan sangat besar dalam proses regenerasi sel, menjaga kelembaban dan kesehatan kulit dan sel-sel dalam tubuh sehingga mencegah efek kerusakan sel karena diet. Manfaat vitamin C juga termasuk pula berperan besar dalam menjaga daya tahan tubuh.

7. Vitamin E

Vitamin E kerap dianggap sebagai nutrisi yang tidak terlalu penting. Padahal peran dari vitamin E sangat besar, termasuk untuk membantu menjaga keremajaan sel dan menjaga kualitas regenerasi sel. Yang tidak banyak disadari, ternyata vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang baik mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dapat berubah menjadi racun yang memperlambat metabolisme, menghambat sirkulasi darah, dan bahkan memicu kanker.

Baca juga:  Diet Sehat: Apa Faktor Penyebab Gagal Diet?

8. Serat

Jangan pernah lupakan kebutuhan tubuh akan serat. Serat akan sangat baik untuk membantu membuang kelebihan lemak dan kolesterol dalam darah sehingga berperan besar dalam mengatasi kegemukan. Serat juga membantu membersihkan tubuh dari endapan racun, toksin dan residu metabolisme dengan membuangnya melalui feses. Dengan demikian tubuh akan dibersihkan dari kotoran dan membantu memperbaiki kondisi tubuh secara menyeluruh.

Anda boleh saja menjalankan diet dengan menekan seminimal mungkin asupan makanan berlemak dan mengandung karbohidrat. Meski begitu, kalau pola diet Anda terlalu rendah lemak dan karbohidrat juga bisa jadi berbahaya.

Meski demikian akan sangat disarankan untuk tetap pastikan Anda mengonsumsi beragam jenis buah, sayuran, gandum utuh, aneka biji-bijian, dan kacang serta beberapa jenis makanan turunan susu seperti yoghurt dan keju. Dengan keseimbangan pola makan diet, hasil optimal tanpa ada efek rasa lemas atau lapar akan didapat. Program diet pun jadi bisa dijalani tanpa banyak godaan.

Advertisement
Alinesia