Inilah 6 Tanda Awal Flu Menyerang Anda!


By Cindy Wijaya

Apakah sekarang Anda sedang berada dalam lingkungan yang rentan menyebarkan flu? Mungkin di sebelah kanan atau kiri Anda ada orang yang mengenakan masker karena sedang flu atau lebih parah lagi, dia sudah bersin-bersin. Virus flu mudah menyebar melalui percikan air liur saat seseorang batuk maupun bersin, jadi Anda perlu waspada kalau-kalau tertular. Perhatikanlah 6 tanda awal flu mulai menyerang!

Kelelahan Mendadak atau Berlebihan

Apabila Anda tiba-tiba merasa sangat lelah, hal ini patut diwaspadai. Meskipun kelelahan juga merupakan gejala dari pilek, namun rasa lelah lebih terasa saat Anda terserang flu. Jika kelelahan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, tubuh bisa jadi sedang mempersiapkan diri untuk memerangi virus flu.

Nyeri di Sekujur Tubuh dan Menggigil

Nyeri dan menggigil adalah ciri menonjol lain dari sakit flu. Ketika badan terasa sakit, Anda mungkin keliru mengiranya sebagai sesuatu yang lain, misalnya akibat mengangkat beban berat. Namun apabila nyeri terasa di seluruh badan, terutama di kepala dan kaki, itu bisa jadi adalah tanda awal flu. Nyeri dapat disertai perasaan menggigil pada saat bersamaan atau beberapa jam setelahnya.

Batuk Membandel

Virus flu dapat menyebabkan batuk yang disertai bengek dan sesak dada. Anda pun bisa mengalami batuk berdahak, tapi hal ini jarang menjadi tanda awal flu. Jika Anda seorang pengidap asma atau gangguan pernapasan lain, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mencegah kemungkinan komplikasi. Selain itu, pastikan untuk selalu menutup mulut ketika batuk agar penyebaran virus bisa dicegah.

Sakit Tenggorokan

Batuk yang disebabkan oleh flu bisa dengan cepat menajalar menjadi sakit tenggorokan. Walau begitu, beberapa jenis virus flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan tanpa diawali batuk. Pada tahap awal flu, tenggorokan akan terasa gatal dan tidak enak. Anda juga mungkin merasa ada yang janggal saat menelan makanan atau minuman. Sakit tenggorokan sangat mungkin akan bertambah buruk seraya flu bertambah parah. Redakanlah dengan minum teh, sup, serta air hangat.

Demam

Demam merupakan tanda tubuh sedang berjuang melawan infeksi penyakit. Jika demam yang Anda alami berkaitan dengan flu, suhu tubuh biasanya mencapai 38°C atau lebih. Meskipun demam adalah gejala yang umum terjadi di tahap awal, tapi tidak semua penderita flu mengalami demam. Juga, Anda bisa saja merasa menggigil namun tidak sampai demam.

Masalah Pencernaan

Tanda awal terserang flu jangkauannya dapat lebih luas dari area kepala, tenggorokan, atau dada. Ada jenis virus flu yang menyebabkan diare, mual-muntah, serta sakit perut. Gejala tersebut lebih umum dialami oleh anak atau remaja daripada orang dewasa. Yang parahnya lagi, Anda bisa saja menderita dehidrasi jika cairan yang terbuang akibat diare dan muntah-muntah tidak segera diganti.

Apabila Anda merasakan tanda awal flu menyerang, dianjurkan agar Anda beristirahat di rumah sambil melakukan tindakan penanganan. Minumlah banyak air hangat dan segera berkonsultasi dengan dokter jika gejalanya parah.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}