Ini Dia Bahaya Konsumsi Kopi Yang Perlu Anda Ketahui!

405

Diedit:

Minum secangkir kopi ditemani sebungkus rokok menjadi hal yang sangat disukai banyak orang terlebih ketika kita berada ditempat yang suasananya sangat dingin, pasti kita akan lebih bersemangat untuk melakukan hal tersebut. Tetapi apakah anda tidak menyadari bahwa tindakan yang Anda lakukan ini dapat membahayakan kesehatan? Rokok jelas berdampak negatif. Tetapi ternyata ada juga bahaya konsumsi kopi bagi kesehatan.

Mungkin ada beberapa hal positif yang dapat Anda peroleh dari kopi seperti membantu Anda ketika tengah lembur kerja. Tapi bekerja terlalu lama tentunya akan membuat kita lelah dan mengantuk, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengkonsumsi kopi. Kopi memiliki kandungan kafein tinggi yang dapat membuat mata kita terjaga lebih lama sehingga sangat bermanfaat ketika kita tengah lembur kerja tetapi jika kebiasaan minum kopi ini anda lakukan setiap hari bahkan lebih dari satu kali dalam sehari, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Berbagai masalah dapat terjadi akibat terlalu banyak minum kopi, tetapi kami juga tidak menyuruh anda untuk berhenti minum kopi karena secara tidak langsung kopi ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini akan kami informasikan tentang bahaya dan dampak buruk dari minum kopi secara berlebihan.

Bahaya Konsumsi Kopi bagi Kesehatan

  • Kopi Membuat Detak Jantung Lebih Cepat

    Seperti yang diucapkan Harvard Health Publications yang menyebutkan bahwa salah satu bahaya minum kopi yaitu dapat membuat jantung berdetak lebih cepat secara signifikan. Bahkan hal ini mendapat perhatian para peneliti agar para penderita penyakit jantung, ginjal dan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi kopi atau kafein lebih dari satu cangkir setiap harinya. Wanita yang kecanduan kopi maka ia akan memiliki resiko lebih besar terkena osteoporosis pada wanita usia menopause.

  • Kopi Meningkatkan Asam Lambung

    Jika biasanya anda minum kopi setiap hari sebelum makan, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Seorang peneliti menyebutkan bahwa minum kopi dipagi hari sebelum makan dapat meningkatkan asam lambung yang bisa menyebabkan penyakit maag, tukak lambung dan tukak usus halus. Hal ini disebabkan karena kopi akan meningkatkan asam lambung dalam jangka waktu yang lama untuk itu biasakan untuk tidak mengkonsumsi kopi dipagi hari atau secara berlebihan.

  • Kopi Menimbulkan Insomnia atau Kurang Tidur

    Minum kopi dimalam hari akan membuat kita mengalami insomnia atau susah tidur. Hal ini dikarenakan sistem syaraf yang berupa rangsangan mengalami peningkatan kesadaran atau kewaspadaan. Makanya kopi seringkali diminum ketika seseorang akan begadang baik itu lembur kerja atau hanya sekedar berkumpul sambil ngobrol.

  • Kopi Melemahkan Daya Tahan Tubuh

    Kandungan kafein yang terdapat didalam kopi akan menyerap mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu juga kopi akan membuat kita mengalami dehidrasi, untuk itu jika anda terbiasa minum kopi maka usahakan setelah minum kopi anda juga minum air putih minimal dua gelas agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

  • Kopi Tidak Dianjurkan bagi Wanita Hamil

    Bagi wanita yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi. Mengkonsumsi kafein 100mg perhari dapat membuat wanita hamil mengalami keguguran. Hal ini disebabkan karena kafein dapat meningkatkan detak jantung yang mana akan mempengaruhi kondisi janin dan menyerang plasenta sehingga dapat meningkatkan resiko keguguran.

Baca juga:  Kaitan Antara Enema Kopi, Konstipasi, dan Fungsi Pembuangan!

Jika Anda memang pecandu kopi sebaiknya mulai sekarang kurangilah kebiasaan minum kopi tersebut. Dua cangkir setiap hari mungkin sudah lebih dari cukup agar Anda terhindar dari bahaya-bahaya konsumsi kopi yang telah disebutkan di atas.

Advertisement
Alinesia