Ini Dia 10 Jenis Makanan Terbaik sebagai Pencegah Flu!

479

Diedit:

Belakangan ini cuaca berganti tanpa bisa diprediksi. Di pagi hari panas terik, mendadak siang atau sore harinya malah hujan deras. Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini membuat kebanyakan orang rentan jatuh sakit, termasuk terserang flu yang memang penyakit segala umat.

Cara terbaik dalam melakukan pencegahan flu dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan cukup istirahat, cukup olahraga, dan makan makanan pencegah flu. Makanan pencegah flu ini tidak hanya membantu menstimulasi daya tahan tubuh, tetapi juga membantu mengatasi beberapa gejala awal serangan flu.

Adapun beberapa makanan terbaik sebagai pencegah flu antara lain:

1. Cabe rawit

Segala jenis cabe mengandung sejenis senyawa unik bernama capsaicin. Senyawa ini memiliki khasiat baik terhadap fungsi dan kondisi sinus. Dan dari berbagai jenis cabe, cabe rawit adalah salah satu yang terpedas, karena kandungan capsaicin-nya yang tinggi. Ini memang berkaitan dengan sifat capsaicin yang pedas di lidah.

Selain itu, cabe rawit dikenal kaya akan vitamin C dan A yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya juga baik untuk pencernaan yang akan memberi impuls positif terhadap imunitas.

2. Bayam dan wortel

Dalam bayam terkandung zink yang terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menjaga kestabilan suhu tubuh. Betakaroten dalam wortel juga bermanfaat untuk membantu meredakan masalah flu ringan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Bayam juga kaya zat besi yang membantu mencegah anemia. Diketahui mereka yang punya anemia biasanya gampang terserang flu karena daya tahan mereka lemah. Asupan rutin bayam dan wortel di kala cuaca tidak menentu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jeruk nipis dan madu

Kandungan tangerin dan beragam jenis senyawa asam dalam jeruk jelas memerangi masalah pada tenggorokan, sinus, dan sistem saraf di kepala. Ini semua membuat jeruk efektif membantu meredakan gejala flu tahap awal.

Dan, madu berfungsi sebagai pendongkrak manfaat jeruk nipis sekaligus membantu memperbaiki celah pada sistem daya tahan tubuh. Kandungan senyawa antioksidan dan beragam vitamin di dalamnya berperan besar terhadap sistem imunitas manusia. Karenanya, perpaduan jeruk nipis dan madu sangat baik untuk menemani Anda di cuaca yang tak menentu.

4. Nanas

Menurut riset yang dikembangkan oleh Philiphine Women’s University School of Nutrition dikatakan bahwa nanas mengandung sederet manfaat untuk daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi dengan mendorong produksi granulosit—sejenis sel darah putih yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Nanas juga mengandung bromelain yang baik untuk membantu meredakan masalah pada tenggorokan. Dan ada senyawa-senyawa lain dalam nanas yang akan memperbaiki kondisi limfosit, tiroid, serta sistem pencernaan. Semua elemen ini berperan penting bagi bekerjanya sistem imunitas.

5. Yoghurt

Dalam jurnal yang dirilis oleh Korean Medicine dikatakan yoghurt adalah makanan probiotik terpenting bagi hidup manusia. Dalam yoghurt terdapat beragam kandungan yang membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan ini akan berperan positif terhadap fungsi imunitas.

Yoghurt juga mengandung sejumlah mineral penting yang baik untuk metabolisme dan meningkatkan pembentukan energi. Diketahui bahwa pembentukan energi yang baik akan memberikan hasil baik pula pada sistem imunitas.

6. Ikan salmon dan tiram

Peran dari salmon yang penting untuk imunitas dan perlawanan terhadap flu adalah gabungan dari aneka lemak baik dan asam lemak salmon yang terbukti meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangk peran terbaik dari tiram adalah kekayaan zink didalamnya. Mereka yang sudah merasakan gejala awal flu seperti hidung gatal dan sakit tenggorokan bisa dengan cepat terhindar dari flu berat jika mengonsumsi 1 mangkuk sup tiram. Ini adalah salah satu kebiasaan yang di beberapa belahan negara Tiongkok.

7. Teh dan lemon

Padukan teh hangat dengan beberapa tetes air lemon. Perpaduan antara katekin—kafein dosis rendah—dan lemon (yang menandung tangerin) akan membentuk perlawanan terhadap flu sekaligus membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jangan lupakan fakta bahwa lemon mengandung vitamin C dosis tinggi. Sudah jadi rahasia umum kalau vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ada juga pakar yang berpendapat bahwa kafein dalam teh bisa meredakan rasa pening kepala yang biasa muncul akibat flu.

8. Kembang kol

Kembang kol adalah salah satu bahan alami dengan kandungan gluthathione alami di dalamnya. Senyawa ini adalah salah satu elemen penting dari sistem pertahanan tubuh. Sifatnya mencegah iritasi dan serangan peradangan, sehingga sangat baik sebagai pencegah flu berat.

9. Jahe

Seduh jahe dengan air panas dan minumlah pelan-pelan ketika Anda mulai merasakan gejala-gejala flu. Jahe memiliki minyak atsiri yang sangat baik untuk melawan peradangan dan memberi efek lega pada tenggorokan serta sinus.

Efek hangat dari jahe akan membantu melancarkan sirkulasi sehingga membantu memperbaiki imunitas dan masalah aliran darah menuju otak yang sering terganggu ketika flu menyerang. Ini akan membantu meredakan efek linu, sakit kepala, dan demam pada gejala flu.

10. Telur dan kacang

Dua jenis makanan ini ternyata sangat baik sebagai pencegah flu dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Keduanya dikenal mengandung banyak protein, fosfor, tembaga, magnesium, dan beberapa senyawa anti oksidan. Semuanya akan berperan membantu menstimulasi daya tahan tubuh. Dengan memakannya sehari sekali akan membantu meningkatkan perlawanan terhadap flu.

Jadi untuk membantu memperbaiki kondisi tubuh Anda, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah tubuh dengan mudah terserang flu, ada baiknya Anda kembali pada prinsip dasar hidup sehat, cukup istirahat, cukup olahraga, dan makanlah makanan pencegah flu secara teratur.

Baca juga:  Kenalilah Beragam Penyebab Flu!
Advertisement
Alinesia