Jika Anda menderita penyakit asam urat, maka kemungkinan besar Anda sudah terbiasa mengalami nyeri, ngilu, dan bengkak di persendian terutama jempol kaki. Anda mungkin selama ini tak terlalu mengerti mengapa bisa terjadi gejala seperti itu. Karena itu artikel ini akan menjelaskan apa saja penyebab asam urat agar Anda bisa mencegahnya kambuh lagi.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang diakibatkan gangguan metabolisme asam urat. Asam urat yang tinggi akan menimbulkan serangan encok di beberapa bagian persendian tubuh. Bila sudah terjadi maka sendi-sendi, terutama di pangkal jempol kaki, akan mengalami serangkaian rasa nyeri dan kemerahan. Apa yang menjadi penyebab asam urat bisa melonjak tinggi?

Beberapa Faktor Risiko Penyebab Asam Urat Tinggi

Anda lebih mungkin terkena serangan asam urat apabila kadar asam urat dalam darah sedang tinggi. Faktor-faktor yang bisa meningkatkan kadar asam urat diantaranya mencakup:

  • Pola makan.

    Banyak mengonsumsi daging, seafood, minuman yang diberi pemanis buatan fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperbesar risiko serangan asam urat.

  • Kondisi medis atau masalah kesehatan.

    Penyakit dan kondisi medis tertentu bisa membuat Anda lebih mungkin terkena encok. Kondisi ini termasuk tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dan penyakit kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung serta ginjal.

  • Jenis obat-obatan tertentu.

    Penggunaan obat diuretik, yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, dan penggunaan aspirin dalam dosis rendah juga bisa jadi penyebab asam urat tinggi. Sama halnya dengan penggunaan obat anti-rejeksi yang diresepkan untuk pasien transplantasi organ.

  • Riwayat asam urat keluarga.

    Bila ada anggota keluarga lain yang menderita asam urat, bisa jadi Anda pun berisiko mengalami penyakit ini juga.

  • Usia dan jenis kelamin.

    Asam urat lebih sering terjadi pada pria, terutama karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Namun setelah menopause, kadar asam urat pada perempuan akan mendekati kadar asam urat pada pria. Pria lebih berisiko terserang encok pada usia 30-50 tahun, sedangkan wanita setelah menopause.

  • Kegemukan atau obesitas.

    Apabila berat badan Anda berlebihan, maka tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah lebih banyak sehingga ginjal semakin kesulitan untuk menyingkirkan kelebihan asam urat.

  • Pembedahan atau luka berat.

    Baru menjalani operasi pembedahan atau luka berat telah dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat tinggi.

Setelah Anda memahami apa saja penyebab asam urat melonjak tinggi, mungkin yang sekarang ada di pikiran Anda adalah: “Adakah cara untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh saya?” Jawabannya; ada banyak cara dan itu tidak sulit dilakukan! Yang paling penting, Anda harus berusaha menghindari faktor-faktor risiko yang dijelaskan diatas.

Bagaimana Serangan Asam Urat Bisa Terjadi?

Tubuh Anda memang secara alami memproduksi asam urat ketika memecahkan purin—zat yang secara alami terdapat dalam tubuh Anda. Zat purin juga bisa didapat dari makanan-makanan tertentu, misalnya steak, daging jeroan, dan makanan laut. Jenis-jenis makanan inilah yang jadi salah satu penyebab asam urat melonjak tinggi.

Ada juga jenis minuman yang juga bisa memicu kenaikan asam urat, diantaranya ialah minuman beralkohol (khususnya bir) dan minuman yang diberi pemanis buatan fruktosa.

Normalnya asam urat larut di dalam darah dan dialirkan melalui ginjal untuk kemudian dibuang bersama urin. Tetapi kadang-kadang tubuh Anda bisa menghasilkan terlalu banyak asam urat atau bisa juga ginjal yang terlalu sedikit membuang asam urat.

Kedua hal ini jika terjadi dapat menyebabkan penumpukan asam urat, membentuk kristal urat yang tajam menyerupai jarum di dalam jaringan persendian atau sekitarnya. Kristal urat yang tajam ini akhirnya menimbulkan gejala asam urat berupa nyeri, peradangan, serta pembengkakan.

5 Tips untuk Mencegah Kekambuhan

Jika tidak ditangani dengan baik, serangan asam urat (kadang juga disebut serangan encok) dapat kambuh berulang kali dari waktu ke waktu. Karena penyakit asam urat seringkali diakibatkan oleh gaya hidup, maka 5 tips di bawah ini mungkin akan membantu Anda untuk mencegah asam urat kambuh.

  1. Upayakan menjaga berat badan tetap dalam batas normal, sebab penyakit asam urat adalah gangguan metabolisme yang dapat dipicu oleh kelebihan berat badan. Kelebihan beban tersebut juga memberi tekanan ekstra bagi persendian.
  2. Batasi asupan protein hewani. Anda dianjurkan untuk mengurangi konsumsi daging-dagingan, termasuk daging ikan dan unggas sampai tak lebih dari 170 gram dalam sehari.
  3. Anda yang menderita asam urat sebaiknya tidak lagi minum minuman beralkohol karena metabolisme alkohol dalam tubuh membuat kadar asam urat menanjak.
  4. Minumlah banyak air karena air tersebut dapat membuat asam urat jadi lebih encer dan mudah terlarut sehingga dapat dengan mudah juga dikeluarkan melalui urin.
  5. Mengonsumsi buah atau herbal yang terbukti menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Salah satu herbal yang direkomendasikan ialah Noni juice. Herbal ini punya mekanisme alamiah untuk memulihkan sakit asam urat.
Penyebab asam urat adalah karena kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi. Biasanya kadar asam urat tinggi dalam darah tidaklah berbahaya, banyak orang dengan kadar asam urat tinggi tidak pernah terkena serangan penyakit ini. Namun apabila kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu banyak, asam urat tersebut dapat membentuk kristal keras di persendian Anda.

Ingatlah bahwa Anda bisa mengendalikan penyakit asam urat ini dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Jadi sebenarnya yang menentukan seberapa parah penyakit ini adalah diri Anda sendiri, karena itu jangan lagi lakukan penyebab-penyebab asam urat yang disebutkan di artikel ini.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2