Hindari Penyakit Jantung Sejak Dini dengan Noni Juice

463
Shutterstock

Diedit:

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor yang turut menyumbang munculnya penyakit ini dalam tubuh. Gorengan, jeroan, dan makanan hewani yang sarat lemak memang merupakan hal yang sulit dihindari ketika seseorang harus makan di luar, khususnya di restoran cepat saji.

Tetapi, percaya atau tidak, meski banyak orang mengkhawatirkan penyakit jantung, mereka masih saja meneruskan pola makan yang buruk tersebut.

Kalau diperhatikan, ada dua jenis kolesterol, kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL). HDL disebut kolesterol baik karena memang berguna untuk tubuh.

Tetapi, LDL disebut sebagai kolesterol jahat karena LDL-lah yang menyebabkan penyakit pembuluh darah, angina, dan aterosklerosis yang menyebabkan jantung sakit.

Sebenarnya, LDL tidaklah seburuk namanya karena itu bisa membantu dalam membentuk membran sel juga, dan berperan dalam pembentukan berbagai hormon. Namun, LDL mulai menjadi masalah ketika LDL dioksidasi oleh radikal bebas sehingga menjadi kolesterol yang berbahaya.

Lapisan bagian dalam dari arteri kita, endotelium, merupakan lapisan yang sangat sensitif terhadap iritasi. Kolesterol yang teroksidasi dapat dengan mudah merusak endotelium. Karena itu, tubuh kita membutuhkan sistem pertahanan untuk melindunginya.

Tubuh kita biasanya akan mengirimkan monosit untuk menghancurkan kolesterol LDL yang teroksidasi. Monosit tersebut akan mulai menelan musuh ini untuk meminimalkan kerusakan endotelium.

Jika hal itu berhasil, pembuluh darah akan diperbaiki. Namun, seringkali bukan hal itu yang terjadi. Monosit bisa jadi mengumpulkan LDL teroksidasi itu, namun tidak membuangnya ke luar.

Akibatnya, monosit semakin sarat dengan LDL itu dan membentuk sel bisa, yang menyerupai bola lemak. Sel-sel ini kemudian menumpuk di pembuluh darah arteri dan mengeras menjadi seperti kerak dan membentuk plak. Inilah langkah awal terjadinya aterosklerosis.

Baca juga:  Mereka yang Berhasil Terbantu dari Penyakit Jantung

Plak aterosklerosis semakin lama akan semakin menumpuk dan menghambat aliran darah di pembuluh darah. Sekitar 50% serangan jantung diakibatkan oleh plak yang menumpuk seperti ini, dan penderitanya akan mengalami gejala yang berulang yang disebut angina tak stabil. Jadi, bagaimana pembentukan plak kolesterol ini bisa diatasi?

Yang pasti, mulailah gaya hidup yang sehat dengan mengatur pola makan dan lebih banyak berolahraga. Saat kita berolahraga, aliran darah akan mengalir lebih deras, dan diharapkan plak-plak yang menumpuk di pembuluh darah akan rontok dan menipis.

Menghindari makanan cepat saji juga tidak kalah penting, karena hal itu akan mencegah pembentukan plak lebih lanjut. Lalu, asupan suplemen apa yang paling tepat bagi penderita penyakit jantung?

Ya, kesehatan jantung Anda sangat bergantung pada Anda sendiri. Pola makan yang baik, gaya hidup aktif, dan pencegahan yang tepat melalui asupan yang tepat adalah hal terpenting untuk mencegah penyakit jantung. Maka, nikmati segarnya Noni juice sekarang dan jalani hidup aktif dengan jantung yang sehat!

Advertisement
Alinesia