Pencegahan Penyakit Jantung

557
Pencegahan Penyakit Jantung; Mencegah Penyakit Jantung; Cegah Penyakit Jantung

Diedit:

Dapatkah pencegahan penyakit jantung dilakukan? Bagaimana Anda dapat cegah penyakit jantung? Apa saja cara mencegah penyakit jantung?

Mengingat bahaya penyakit jantung yang mengancam kehidupan, sejak dini kita perlu melakukan upaya untuk mencegah penyakit tersebut.

Pencegahan Penyakit Jantung

Upaya pencegahan penyakit jantung dimulai dengan memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat sehingga mengurangi peluang terkena penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung.

  • Hindari Makanan yang Mengandung Kolesterol (LDL) Tinggi

    Kolesterol jahat atau LDL dikenal sebagai penyebab utama terjadinya proses aterosklerosis, yaitu proses pengerasan dinding pembuluh darah, terutama di jantung, otak, ginjal, dan mata. Akibat proses itu, saluran pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner, menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya. Akibatnya, jantung akan sulit memompa darah. Keadaan tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

  • Konsumsilah Makanan yang Berserat Tinggi (Sayur dan Buah)

    Serat diketahui punya peran penting dalam menjaga kesehatan. Serat terdiri dari dua jenis, yakni serat larut dan tak larut. Serat larut tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi larut dalam air panas. Serat larut inilah yang membuat perut kenyang lebih lama dan memberikan energi lebih panjang serta bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Umumnya, terdapat pada buah dan sayur dan juga pada oat (bubur gandum). Serat yang larut dalam tubuh dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Peran itulah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Hindari Stres dapat Cegah Penyakit Jantung

    Hasil penelitian ilmuwan Belanda yang dipublikasikan jurnal Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol yang tinggi akibat stres terkait erat dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Stres dapat menyebabkan arteri yang tertimbun plak menyempit dan ini menurunkan aliran darah hingga 27 persen. Penyempitan yang berarti terlihat bahkan pada arteri yang terkena penyakit ringan. Penelitian lain mengesankan bahwa stres berat dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang mengandung plak dan memicu serangan jantung.

  • Hindari Alkohol untuk Mencegah Penyakit Jantung

    Alkohol dapat menaikkan tekanan darah, memperlemah otot jantung, mengentalkan darah dan menyebabkan kejang arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung.

  • Berhenti Merokok dapat Cegah Penyakit Jantung

    Merokok meningkatkan tekanan darah dan memasukkan zat-zat kimia beracun ke dalam tubuh, seperti nikotin dan karbon monoksida, ke dalam aliran darah. Zat-zat kimia ini, selanjutnya akan merusak arteri yang penting bagi kehidupan jantung.

  • Kendalikan Tekanan Darah

    Tekanan darah yang tinggi menyebabkan pembesaran otot jantung kiri sehingga jantung beresiko mengalami gagal fungsi.

  • Berolahraga Secara Teratur

    Olahraga yang teratur (sedikitnya tiga kali seminggu) turut menurunkan tingkat kolesterol yang jahat (LDL), menjaga tekanan darah agar tidak meningkat, dan mencegah kelebihan berat badan.

Baca juga:  Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Seperti kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat mencegah penyakit jantung.

Namun, bagaimana jika Anda sudah pernah mengalaminya? Dapatkah Anda mengurangi dampak buruk yang diakibatkannya? Artikel berikut dapat membantu Anda menemukan jawabannya. Kunjungi halaman Pengobatan Penyakit Jantung untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Advertisement
Alinesia