Herbal Terbaik untuk Obat Batu Ginjal

590

Diedit:

0
()

Batu ginjal yang masih kecil dan tidak menimbulkan gejala, penyumbatan, atau infeksi biasanya tidak membutuhkan pengobatan. Dokter biasanya hanya menganjurkan untuk minum banyak air supaya batu tersebut terbuang bersama urin. Tetapi apabila batu ginjal tidak cukup diatasi hanya dengan banyak minum, dokter mungkin akan menyarankan metode pengobatan batu ginjal tertentu sesuai dengan kondisi Anda.

Untuk batu ginjal yang masih tergolong kecil, sering kali tidak membutuhkan perawatan intensif tertentu. Anda bisa menyingkirkan batu tersebut hanya dengan mengonsumsi banyak cairan dan dibantu dengan obat medis tertentu untuk melemaskan otot-otot di saluran urin agar batu ginjal lebih cepat keluar serta tidak menimbulkan banyak rasa sakit.

Batu ginjal yang terlalu besar atau yang menimbulkan perdarahan, kerusakan ginjal, atau infeksi, bisa jadi membutuhkan perawatan ekstra. Dokter mungkin akan melakukan pembedahan secara konvensional ataupun menggunakan gelombang suara untuk memecahkan batu ginjal.

Namun, Anda punya pilihan pengobatan batu ginjal lain selain cara-cara medis di atas. Yaitu dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang sudah terbukti mampu meluruhkan batu ginjal.

Sarang Semut

Solusi Alami untuk Obat Batu Ginjal

Herbal Sarang Semut (Myrmecodia pendans) mampu mengatasi batu ginjal berkat kandungan antioksidannya yang bekerja sama dengan kandungan berbagai mineral yang dimilikinya. Salah satu senyawa dalam Sarang Semut, flavonoid, berperan aktif dalam menghambat pembentukan asam urat yang merupakan salah satu unsur pembentuk batu ginjal.

Senyawa ini juga bekerja dalam tubuh dengan mengikatkan dirinya ke kalsium pembentuk batu ginjal. Ia kemudian mengubahnya menjadi senyawa kompleks yang gampang larut. Kinerja flavonoid dibantu oleh kandungan mineral magnesium dalam Sarang Semut. Mineral ini mencegah kalsium yang tidak terserap tubuh agar tidak mengendap dan membentuk batu ginjal.

Baca juga:  10 Makanan dan Minuman Pantangan Batu Ginjal: Bagian Pertama

Mineral lainnya yakni natrium serta kalium juga berperan dengan mengikat diri ke asam urat lalu membentuk senyawa garam yang gampang terlarut. Kalium pun diketahui mampu melancarkan pembuangan urin. Dengan demikian, Sarang Semut ampuh meluruhkan batu ginjal dan membuangnya bersamaan dengan urin.

Jus Lemon

Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Jus lemon yang murni terbuat dari perasan buah lemon dapat membantu pengobatan batu ginjal. Asam sitrat yang banyak terdapat dalam lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan keasaman urin. Namun, karena belum ada bukti terpercaya mengenai keampuhan jus lemon untuk menjadi obat batu ginjal, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apakah itu bisa membahayakan kesehatan.

Pilihan herbal bisa Anda manfaatkan baik untuk masalah batu ginjal yang masih kecil atau yang sudah besar. Anda dapat mendapatkan khasiat dari obat batu ginjal alami yang mampu mempercepat proses peluruhan batu ginjal sehingga dapat dibersihkan dengan efektif.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: / 5. Pemilih:

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?