Last Updated on

Gagal ginjal adalah penyakit ini merupakan sebuah kondisi di mana fungsi dari organ ginjal seseorang mengalami penurunan, yang pada akhirnya tak lagi bisa bekerja sama sekali, khususnya untuk penyaringan pembuangan dari elektrolit tubuh, juga tak mampu lagi menjaga keseimbangan zat kimia tubuh dan cairan.

Gagal ginjal adalah penyakit yang tak pandang bulu, bisa menyerang siapapun. Walaupun begitu penyakit gagal ginjal ini memang lebih sering diderita oleh orang dengan usia dewasa dibandingkan anak-anak, apalagi orang dengan usia lanjut, memiliki potensi lebih tinggi terserang penyakit gagal ginjal.

Jenis Penyakit Gagal Ginjal yang Dialami


  • Gagal ginjal kronik

    Yang kedua adalah gagal ginjal kronik. Berbeda dengan gagal ginjal akut, pada gagal ginjal kronik, gagal ginjal dibagi ke dalam beberapa tahapan, yaitu tahap 1, 2 hingga tahap 4. Gagal ginjal kronik umumnya sudah terjadi gangguan ginjal hingga 3 bulan – Di mana awalnya telah ditemukan jika struktur hispatologi di organ ginjal sudah mengalami gangguan fungsional, yakni kelainan di tes darah dan juga tes urine.

  • Gagal ginjal akut

    Gagal ginjal akut adalah diagnosa di mana seseorang mengalami fungsi ginjal yang menurun yang kejadiannya mendadak–padahal sebelumnya kondisi ginjal orang tersebut masih normal. Biasanya jika ini yang sudah terjadi, maka penderita gagal ginjal akut perlu melakukan pencucian darah, bisa juga melakukan terapi dialisis.

    Gagal ginjal akut ini adalah level lanjutan dari penyakit gagal ginjal kronik. Jika sudah memasuki tahap gagal ginjal akut maka pasien biasanya diminta melakukan cuci darah. Namun cara ini tidak dianjurkan karena sering kali darah yang ditransfusi itu tidak bebas penyakit, juga sering kali transfusi darah memiliki banyak risiko di baliknya. Gagal ginjal akut juga dibedakan lagi ke dalam prarenal, renal, dan paska renal.

  • Gagal ginjal terminal

    Merupakan keadaan kadar kreatinin seru yang melebihi 4x nilai normal, dan minimal 2 bulan. Penderita masih bisa hidup tanpa perlu tempat pengganti ginjal. Gejala klinis dari gagal ginjal terminal yakni infeksi saluran kemih dan riwayat penyakit ginjal.

Baca juga  Kenali Gejala Gagal Ginjal Akut!

Penyebab Gagal Ginjal


Konsumsi minuman energi terlalu sering untuk jangka waktu 3 tahun itu bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengalami gagal ginjal kronis. Minuman energi disebutkan bisa membuat kerja organ ginjal semakin keras, dan ini merupakan salah satu alasan mengapa gagal ginjal dapat terjadi jika Anda terlalu sering minum minuman energi tersebut. Tetapi jika hanya sesekali saja tidak akan menjadi masalah serius. Dan penyebab umum gagal ginjal yang lain yakni CKD diabetes mellitus, glomerulonefritis, serta hipertensi.

Herbal untuk Membantu Pengobatan Gagal Ginjal


Sebelum Anda menderita penyakit ini, Anda bisa menggunakan bahan herbal yang cocok untuk mencegahnya. Bahkan herbal juga bisa digunakan untuk membantu mengobati. Adapun herbal yang mendukung untuk hal tersebut yakni herbal Noni juice. Noni juice memang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit serius, jadi tidak hanya terbatas pada penyakit ginjal saja.

Disarankan bagi Anda untuk konsumsi Noni juice secara rutin, sehingga Anda bisa terhindari dari gagal ginjal kronis. Jika Anda sudah menderita gagal ginjal kronis, maka hidup tak akan lagi senyaman saat Anda sedang sehat. Sekian artikel tentang gagal ginjal dan yang harus Anda ketahui tentangnya, semoga bermanfaat.