Diet Sehat Menurunkan Berat Badan dengan Manfaat Bangle

663

Diedit:

Ada begitu banyak cara untuk bisa menjalankan diet sehat menurunkan berat badan. Beberapa menerapkan metode pengaturan makan yang mengikat dan ketat, sedangkan sebagian lagi menggunakan teknik tertentu yang akan memakan biaya cukup besar untuk akhirnya bisa mencapai berat badan yang diimpikan.

Padahal Anda juga bisa menjalankan diet sehat menurunkan berat badan dengan memanfaatkan beragam herbal dan rempah. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan metabolisme, pembakaran dan peluruhan lemak cadangan dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan dengan efektif, tanpa harus repot mengikat diri dengan diet dan pengaturan pola makan yang terlalu menyiksa.

Dengan diet sehat menurunkan berat badan menggunakan herbal rempah yang perlu Anda lakukan hanya mengubah pola makan menjadi lebih sehat demi mengurangi asupan makanan berlemak dengan mengimbanginya menggunakan sayuran dan buah. Dan cukup dengan cara ini saja Anda bisa mencapai berat badan ideal.

Salah satu herbal rempah yang biasa digunakan secara tradisional untuk diet sehat menurunkan berat badan adalah bangle. Jenis rempah yang masih berkerabat dengan jahe ini dipercaya secara tradisional memiliki khasiat membantu mengecilkan lingkar tubuh, bahkan biasa dimanfaatkan oleh wanita pasca persalinan untuk mengecilkan kembali lingkar perut mereka.

Tak banyak riset mengenai bangle mengingat jenis herbal ini sendiri jarang dikenal kebanyakan orang, tak seperti jenis herbal lain seperti jahe, kunyit, atau temulawak. Namun belakangan pusat studi biofarmaka IPB merilis sebuah jurnal mengenai riset manfaat bangle ini, termasuk sebagai komponen penting untuk diet sehat menurunkan berat badan.

Bangle sendiri adalah sejenis rimpang rempah berbentuk menyerupai jahe dengan bentuk batang dan daun semu, rumpun padat, daun melonjong dengan ujung meruncing, memiliki bunga majemuk dengan bonggol bunga serupa dengan bulat telur.

Bangle diketahui secara empiris mengandung sejumlah senyawa unik seperti tannin, minyak atsiri, terpenin, sabinen, fenilbutanoid, cassumunarin dan masih banyak lagi. Dan dari kandungan bangle inilah kemudian rimpang dengan rasa getir hangat ini memberi manfaat untuk menurunkan berat badan Anda.

Baca juga:  Apa Kaitan Minum Air Dengan Penurunan Berat Badan?

Karena bangle terbukti dalam riset IPB memberi manfaat menstimulasi produki lipase, sejenis enzim dalam sistem cerna yang bekerja melakukan sekresi terhadap hati. Lipase akan membantu memecah lemak menjadi bentuk gliserol yang memudahkannya untuk diproses dalam pembakaran untuk membentuk energi.

Bangle juga mengandung terpenin, yang menarik senyawa ini bekerja justru untuk mengurangi pengaruh sistem enzim dan fruktosa dalam tubuh untuk kemudian mengubah gliserol yang tidak terpakai menjadi tregliserida atau cadangan lemak yang tersimpan dalam hati dan sel-sel tubuh. Karena tidak diubah menjadi lemak cadangan , otomatis lemak akan luruh dalam pencernaan dan terbuang melalui feses.

Inilah yang membuat bangle bekerja efektif membantu menurunkan berat badan, karena membantu memudahkan asupan lemak untuk dibakar oleh sistem metabolisme dan membantu menghambat proses pembentukan lemak cadangan dalam tubuh.

Tak hanya itu, masih dari riset IPB tadi juga ditemukan bagaimana secawan trigliserida akan pecah dan kembali berubah menjadi gliserol begitu dipaparkan oleh ekstrak bangle. Itu sebabnya terapi diet sehat menurunkan berat badan dengan bangle efektif dilakukan dengan dua cara, yakni dengan terapi menggunakan oral atau memborehkan adonan halus bangle pada area yang ingin dikecilkan dengan konsumsi langsung ramuan bangle yang berasal dari perasan bangle parut.

Kandungan anti racun dalam bangle juga akan bekerja membantu menarik racun dari luar pencernaan menuju saluran pencernaan dan membuangnya melalui feses. Ini membuat bangle juga diklaim sebagai salah satu anti oksidan yang efektif untuk mengatasi penumpukan toksin dan residu dari sisa metabolisme tubuh.

Menurut dr Dyah Iswantini, M. Agr, Ahli Kimia Biokatalis dari Pusat Studi Biofarmaka IPB, dikatakan bahwa kadar toksin dalam bangle terbilang rendah. Kandungan toksin di dalamnya hanya sekitar 1000ppm bahkan 10 kali lebih baik dari mahkota dewa dan keladi tikus.

Baca juga:  6 Alasan Anda Sulit Menaikkan Berat Badan

Dengan kadar toksin rendah, konsumsi herbal rimpang ini akan sangat efektif untuk menurunkan berat badan dengan cara aman dan rendah efek samping. Juga cenderung aman untuk ginjal dan hati sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan efek samping terhadap tubuh.

Namun demikian masih menurut Dr Dyah, bangle bukan jenis herbal yang bisa bekerja cepat. Hasil kerjanya baru akan terlihat setelah 1 bulan masa konsumsi dengan kemungkinan penurunan antara 1 – 3 kg perbulan.

Jadi kalau yang Anda cari adalah metode diet sehat menurunkan berat badan yang cukup efektif, aman dan bebas efek samping, maka diet dengan bangle jelas bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mencampur madu dengan ramuan perasan bangle parut untuk mendapatkan hasil optimal. Apakah Anda tertarik untuk menjajal diet sehat menurunkan berat badan murah dan mudah dengan menggunakan bangle?

Advertisement
Alinesia