Cara Merawat Wajah dengan Manfaat Ragi Nasi


By Cindy Wijaya

Belakangan ini nama pitera memang tengah menjadi salah satu trending topik di kalangan wanita. Produk dengan kandungan pitera diklaim sebagai salah satu cara merawat kulit yang paling mutakhir, dan uniknya juga sekaligus cara yang paling alami.

Apa Itu Pitera?

Sebenarnya pitera adalah cairan hasil proses fermentasi nasi dengan ragi Galactomyces. Di Jepang cairan ini telah melalui proses uji klinis yang membuktikannya cukup ampuh merawat kulit secara menyeluruh—mengembalikan keremajaan kulit, kekenyalan, menghindari kulit berminyak, mengurangi problem kulit kering, dan bahkan meredakan jerawat ringan serta menghilangkan sebum serta noda pada kulit.

Karena begitu banyak khasiat yang bisa didapatkan dari kandungan air ragi ini, maka sebuah perusahaan mengambil hak hak paten atas nama Pitera, yakni SKII. Dan dengan hak patennya, produk ini kemudian dibandrol dengan harga setinggi langit, bahkan satu paket perawatannya bisa bernilai lebih dari 5 juta.

Banyak wanita yang tergiur untuk bisa mendapatkan kulit mulus, kenyal, dan halus ala Pitera sehingga rela mengeluarkan modal besar demi membeli produk yang mahal. Tapi rupanya Anda bisa membuat produk air ragi ini dengan mudah di rumah sendiri. Kabar baiknya, semua bahan bakunya bisa didapatkan dengan mudah di rumah Anda. Berikut kutipan yang kami dapatkan dari seorang penggiat DIY skincare Indonesia, Lintang.

Bahan baku ragi nasi sebagai cara merawat wajah yang ampuh:

  • 120 ml air dengan suhu ruang (usahakan air mineral dalam kemasan)
  • Nasi baru matang 2 sendok makan
  • Ragi kue 1 sendok teh

Proses pembuatan ragi nasi untuk toner perawatan kulit dan wajah.

  • Siapkan sebuah gelas kaca yang sudah Anda masak dalam air mendidih sebagai proses sterilisasi.
  • Campur air dan nasi ke dalam gelas.
  • Tuang ragi ke dalam larutan
  • Aduk sampai tak merata
  • Tutup bagian atas gelas kaca dengan plastik yang sudah diketatkan dengan karet. Pastikan Anda menutupnya cukup rapat.
  • Diamkan selama 3 jam, pastikan air ragi sudah berbusa dan nasi sudah berubah menjadi seperti krim.
  • Lepas tutupnya, lalu saring dengan kain putih bersih yang sudah dididihkan bersama air (sebagai proses sterilisasi).
  • Simpan dalam wadah kaca, pastikan saringan sudah bersih dan bebas dari butiran nasi. Simpan dalam lemari es (hanya untuk masa pakai 3 hari).

Cara merawat wajah dengan cairan ini sangat mudah, cukup Anda tuangkan sedikit cairan ke atas tangan Anda, lalu tepuk-tepuk ringan pada area wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Anda bisa lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari. Termasuk ketika hendak tidur atau Anda tumpuk dengan make up.

Memang Anda tidak bisa mendapatkan satu paket perawatan ala SKII yang mahal itu. Tetapi dengan mengaplikasikan ragi nasi buatan rumahan ini, setidaknya Anda bisa mendapatkan manfaat dari intisari produk SKII ini di rumah Anda dengan harga yang pas di kantong. Dan meski cara merawat wajah satu ini terlihat sangat sederhana, namun hasilnya di wajah Anda tidak mengecewakan.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}