Bagikan Artikel Ini:

Terakhir Diedit:

Ketika keseimbangan dalam tubuh terganggu, kesehatan Anda otomatis akan terancam. Demikian halnya dengan keseimbangan hormon. Dalam tubuh kita terdapat peran 3 hormon seksual yakni androgen, progesteron, dan estrogen. Di artikel ini, Anda akan membaca bagaimana cara meningkatkan hormon progesteron agar keseimbangan hormon seksual lainnya juga tetap terjaga.

Hormon progesteron, di luar fungsinya dalam proses pembuahan dan kehamilan pada wanita, juga berperan dalam mengatur dan menjaga keseimbangan kedua hormon seksual yang lain. Turunnya kadar progesteron akan mengganggu kesuburan serta memicu perubahan titik imbang rasio antara hormon-hormon.

Ketika progesteron turun, Anda bisa mengalami dominasi androgen atau dominasi estrogen. Dominasi dari salah satu jenis hormon ini bukan kondisi yang baik, karena dapat memicu sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit PCOS bahkan kanker.

Bagaimana Cara Meningkatkan Hormon Progesteron?

Kesulitan terbesar dari masalah rendahnya progesteron adalah bahwa hormon ini tidak dapat diperoleh dari luar. Tubuh kita hanya mencukupi kebutuhan progesteronnya dari sistemnya sendiri.

Cara meningkatkan hormon progesteron yang bisa kita upayakan hanyalah menambahkan asupan makanan yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon ini. Yaitu yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk menstimulasi produksi progesteron. Dan beberapa asupan yang terbukti secara klinis membantu meningkatkan hormon progesteron ialah:

Kemangi

Salah satu alasan kemangi dapat membantu meningkatkan hormon progesteron adalah karena dalam kemangi tersimpan kandungan L-arginin yang tinggi. L-arginin adalah sejenis asam amino esensial yang membantu merangsang produksi progesteron.

L-arginin akan membantu kinerja kelenjar kecil dalam ovarium yang dikenal dengan sebutan corpus luteum agar lebih optimal dalam memproduksi progesteron. L-arginin berperan besar dalam mendorong sirkulasi darah menuju kelenjar kecil corpus luteum.

Pada Journal of Ovarian Research tahun 2009, dijelaskan bahwa corpus luteum akan meningkatkan kinerjanya serta menaikkan produksi progesteron hingga 71% setelah mengonsumsi L-arginin sebanyak 6 gram secara rutin.

Oregano

Dalam oregano memang terkandung banyak mineral mangan yang memiliki peran dalam produksi hormon. Tetapi yang membuatnya lebih dari sekedar herbal biasa adalah karena oregano memiliki kemampuan mendorong sensitivitas reseptor dari sinyal progesteron untuk memproduksi lebih banyak progesteron.

Ini berkat L-arginin yang baik untuk kesehatan ovarium dimana progesteron diproduksi. Selain itu dalam oregano tersimpan fitokimia carvatrol yang terbukti bekerja sebagai peningkat progesteron. Hal ini dijelaskan dalam Toxycology and Applied Pharmacology tahun 2011.

Menariknya, oregano tidak memiliki efek samping yang perlu dikhawatirkan, selama Anda mengonsumsinya dalam batas wajar. 1 cangkir air rebusan daun oregano kering sehari cukup untuk cara meningkatkan hormon poprogesteron.

Kunyit

Menurut International Journal of Pharmaceutical Research & Allied Sciences tahun 2016 dijelaskan bahwa kunyit, yang mengandung turmerik dan kurkumin, berperan dalam meningkatkan hormon progesteron.

Sebenarnya, dalam kunyit juga ditemukan kandungan isoflavon yang memiliki kemampuan meniru karakter estrogen. Dengan kata lain, dalam kunyit tersimpan fitoestrogen yang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat cepat mendongkrak kadar estrogen dalam tubuh.

Baca juga  10 Vitamin Penting untuk Menunjang Kesehatan Wanita

Tetapi di sisi lain, dalam kunyit juga terdapat kemampuan peningkat progesteron yang proaktif. Ini membantu menjaga kadar estrogen dalam jumlah yang aman dengan mempertahankan produksi optimal dari hormon progesteron.

Kenikir

Tanaman yang lazim digunakan sebagai lalapan ini memiliki aroma harumnya yang khas. Aroma khasnya inilah yang menjadikannya sebagai sajian penggugah selera.

Tentu saja di balik aroma yang khas tersebut kita dapat menemukan kandungan fitokimia khusus yang bekerja sebagai senyawa stimulan produksi progesteron dalam tubuh wanita.

Pada Sacramento Public Library dijelaskan bagaimana riset menunjukkan kegunaan kenikir sebagai terapi untuk meningkatkan hormon progesteron. Kandungan L-arginin dan asam klorogenik dalam kenikir menjadi sumber kemampuannya merangsang produksi progesteron.

Tempe

Memang, kadar isoflavon pada kedelai mentah dan kedelai olahan relatif sangat tinggi, sehingga bila dikonsumsi dalam jumlah besar akan mendorong kadar estrogen meningkat.

Tapi akan berbeda bila Anda memproses terlebih dulu kedelai tadi dengan cara fermentasi. Fermentasi justru mengubah karakter isoflavon dalam kedelai menjadi bersifat pro progesteron sehingga efektif untuk menstimulasi produksi progesteron.

Hal ini dijelaskan dalam Asian Pasific Journal of Clinical Nutrition tahun 2013. Dikatakan bahwa kandungan isoflavon dalam kedelai akan berubah dan menjaga kadar estrogen tetap stabil, sedangkan kadar progesteron akan meningkat.

Vitamin C

Menurut sumber Fertility and Sterility tahun 2003 menjelaskan bahwa vitamin C dapat digunakan sebagai cara meningkatkan hormon progesteron. Dalam riset terbukti konsumsi 750 mg vitamin C setiap hari akan membantu menaikkan kadar progesteron dalam darah.

Selain bekerja untuk menstimulasi produksi progesteron, vitamin C dalam formula antioksidannya, yakni asam askorbat, akan membantu menangkal efek radikal bebas dalam tubuh.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari sejumlah sumber makanan. Menurut situs web Health, Anda bisa mendapatkan vitamin C alami dari makanan seperti paprika merah, jambu biji, kiwi, mangga, berry, dan banyak lagi.

Ikan Laut

Untuk meningkatkan hormon progesteron, tubuh membutuhkan asupan magnesium yang tinggi. Juga dibutuhkan asupan protein, zink, dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Dan ikan-ikanan adalah salah satu contoh makanan yang sangat kaya akan seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga keseimbangan hormon.

Dalam ulasan American Journal of Obestretics and Gynecology tahun 2006 dijelaskan bagaimana asam lemak omega-3 secara tidak langsung membantu menormalkan keseimbangan hormon wanita. Ini berkat manfaat asam lemak omega 3 yang baik dalam meningkatkan sensitivitas insulin sekaligus menurunkan kadar insulin dalam darah.

Insulin berperan besar dalam mengganggu keseimbangan hormon pada wanita, termasuk mendorong peningkatan hormon androgen di atas normal dan menurunkan hormon progesteron di bawah batas normal.

Kacang & Biji-bijian

Ada banyak kandungan nutrisi yang tersimpan dalam kacang dan biji-bijian yang akan sangat membantu tubuh Anda menormalkan kembali kadar progesteron, terutama pada kasus rendahnya progesteron.

Baca juga  Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan oleh Wanita: Bagian 1

Dalam kebanyakan kacang dan biji-bijian terkandung asam amino L-arginin, vitamin B6, zink, magnesium, dan selenium yang berperan besar dalam fungsi endokrin termasuk pada keseimbangan hormon seksual.

Nutrisi-nutrisi ini bekerja pada fungsi kelenjar pituitari pada otak yang memproduksi hormon FSH (Follicular Stimulating Hormone), LH (Tuteinizing Hormone), dan TSH (Thyroid Stimulating Hormone). Ketiga hormon ini yang nantinya akan menjaga kestabilan produksi hormon seksual, termasuk estrogen dan progesteron.

Minyak Biji Gandum

Pada Journal of Ovarian Research tahun 2009 dijelaskan bagaimana vitamin E berperan besar dalam produksi progesteron. Dikatakan bahwa konsumsi vitamin E sebanyak 600 mg setiap harinya akan meningkatkan sirkulasi darah menuju corpus luteum hingga sebesar 80%.

Corpus luteum adalah kelenjar kecil pada ovarium yang bertugas memproduksi progesteron. Peningkatan sirkulasi darah ini mendorong optimalisasi produksi progesteron hingga 67%.

Dan minyak biji gandum adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin E. Satu sendok teh minyak biji gandum saja mengandung setidaknya 20 mg vitamin E. Dalam minyak biji gandum juga terkandung selenium, magnesium, asam lemak, serta zink yang turut berperan mengoptimalkan manfaat vitamin E untuk menyeimbangkan hormon.

Bagaimana Bila Kelebihan Hormon Progesteron?

Sebenarnya selama cara meningkatkan hormon progesteron yang diupayakan adalah cara alami dan dalam batas sewajarnya, risiko kelebihan hormon progesteron bisa dicegah dengan mudah.

Akan tetapi sebaiknya Anda berhati-hati dalam memadukan asupan makanan peningkat progesteron dengan asupan progestin. Progestin adalah sejenis pil yang bekerja sebagai pengganti progesteron pada wanita. Karena ini dapat mendorong kadar progesteron meningkat drastis dan bisa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Pada dasarnya tidak banyak informasi mengenai apa efek samping dari kelebihan hormon progesteron. Karena sebenarnya tubuh cenderung melakukan mekanisme alami untuk menetralkan kelebihan progesteron.

Tetapi kasus kelebihan hormon progesteron akan terjadi bila Anda mengasup hormon pengganti progestin secara berlebihan, dan disertai konsumsi makanan peningkat progesteron. Kondisi ini juga dibarengi dengan sejumlah gangguan pada fungsi endokrin yang menyebabkan masalah pada fungsi corpus luteum.

Gejala Kelebihan Hormon Progesteron

Meski jarang terjadi, mereka dengan masalah kelebihan progesteron mungkin akan menunjukkan sejumlah gejala seperti gangguan saraf ringan, mual, sakit kepala, gangguan pencernaan, masalah pada payudara, dan gangguan jerawat ringan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang cara meningkatkan hormon progesteron. Semoga dengan membaca artikel ini Anda jadi lebih mengerti caranya mengupayakan keseimbangan hormon, sebab itu merupakan salah satu faktor penting untuk kesuburan dan kesehatan kita. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar info kesehatan, tips kesehatan, serta pengobatan alami hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.