Blog Herbal No. 1 Indonesia

4 Cara Melancarkan Haid yang Telat secara Alami


By Cindy Wijaya

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi yang berikutnya. Siklusnya rata-rata 28 hari, tapi bisa bervariasi dari orang ke orang dan dari bulan ke bulan. Periode haid Anda masih dianggap teratur kalau datang setiap 24 – 38 hari. Tetapi haid dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan datang lebih awal atau lebih lambat.

Jadi haid yang datang telat disebabkan oleh periode haid yang tidak teratur. Haid dapat dikatakan datang telat kalau hari pertamanya lebih dari 38 hari setelah hari pertama haid yang sebelumnya.

Sesekali telat datang bulan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Itu mungkin karena pola makan, olahraga, dan stres yang memengaruhi keseimbangan hormon tubuh Anda, yang pada akhirnya juga berpengaruh ke periode bulanan Anda.

Anda bisa mengupayakan berbagai cara melancarkan haid yang telat, sehingga menjadi lebih teratur setiap bulannya. Artikel ini akan membahas sejumlah cara melancarkan menstruasi secara alami yang mudah untuk dilakukan.

Cara Melancarkan Haid yang Telat 1: Perbaiki Pola Makan

Makan terlalu sedikit atau tidak mendapat cukup gizi dapat membuat stres kelenjar hipotalamus, hipofisis, dan adrenal Anda. Kelenjar-kelenjar ini mengatur keseimbangan hormon tubuh Anda, yang berpengaruh pada periode menstruasi Anda. Pelajarilah bagaimana cara melancarkan datang bulan dengan menghindari atau menambahkan asupan makanan tertentu.

Hindari Diet Rendah Karbohidrat

Siklus menstruasi Anda bisa jadi tidak teratur atau bahkan terlewatkan (amenorea) kalau Anda kekurangan asupan karbohidrat. Diet rendah karbohidrat dapat mengganggu fungsi tiroid dan menurunkan kadar leptin dalam tubuh. Leptin diproduksi oleh sel-sel lemak dan membantu mengatur hormon reproduksi.

Para ahli menyarankan untuk mendapatkan asupan 225 hingga 325 gram karbohidrat setiap hari jika seseorang mengonsumsi 2000 kalori per hari. Ini berarti asupan karbohidrat harus mencakup sekitar 45 hingga 65 persen dari total asupan kalori harian Anda.

Hindari Terlalu Banyak Serat

Serat dapat mengurangi jumlah dari progesteron, estrogen, luteinizing hormone (LH), dan follicle-stimulating hormone (FSH). Para peneliti menduga inilah kenapa wanita yang makan makanan tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Tetapi hormon-hormon itu juga berperan penting dalam proses reproduksi tubuh. Karena itu, makan terlalu banyak makanan berserat dapat memengaruhi ovulasi, membuat datang bulan terlambat atau bahkan tidak datang sama sekali.

Tapi tidak semua penelitian mendukung gagasan ini. Beberapa penelitian tidak menemukan adanya efek serat pada ovulasi dan periode menstruasi.

Namun ada baiknya mengikuti saran para ahli yang merekomendasikan untuk mendapatkan asupan 25 hingga 30 gram serat per hari.

Cukupi Asupan Lemak

Mengonsumsi lemak yang cukup dapat menjaga kadar hormon dan ovulasi. Jenis lemak dari asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) tampaknya yang membuat perbedaan terbesar. Sumber lemak yang baik antara lain ikan salmon, minyak nabati, biji rami (flax seed), dan kacang kenari.

Berdasarkan informasi dari The Cleveland Clinic, Anda direkomendasikan untuk mendapatkan asupan lemak harian yang mencakup 20 – 35 persen dari total asupan harian Anda. Sekitar 5 – 10 persen dari kalori lemak tersebut harus berasal dari jenis lemak PUFA.

Cukupi Asupan Folat

Folat dapat mendukung ovulasi yang teratur dan meningkatkan kadar progesteron pada paruh kedua siklus menstruasi. Hal ini juga mendukung kesuburan. Karena itu penting untuk mencukupi kebutuhan folat harian sebagai cara melancarkan haid yang telat.

Rekomendasi harian untuk folat adalah 400 mikrogram (μg) setiap hari. Namun adakalanya dokter menyarankan seseorang untuk mengonsumsi 800 μg atau lebih tergantung pada riwayat kesehatan pasiennya.

Makan Nanas dan Pepaya

Pepaya dan nanas dipercaya dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Pepaya mengandung karoten, zat gizi yang menjaga kadar estrogen. Buah tropis ini juga dapat membantu rahim untuk berkontraksi.

Sedangkan buah nanas mengandung enzim bromelain, yang dapat membantu peredaran darah dan pembentukan sel darah merah dan putih.

Yang pasti nanas dan pepaya adalah buah-buahan sehat yang layak dimasukkan dalam pola makan Anda, tidak soal apakah benar membantu melancarkan datang bulan atau tidak.

Cara Melancarkan Haid yang Telat 2: Konsumsi Suplemen

Ada jenis suplemen yang dapat membantu menjaga keteraturan menstruasi dengan menjaga kadar hormon tubuh Anda atau dengan mengatasi kekurangan zat gizi.

Namun Anda harus selalu konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen apapun. Meskipun suplemen dapat diperoleh tanpa resep dokter, tidak berarti Anda bisa asal mengonsumsinya. Pastikan juga suplemen tersebut sudah mendapat izin dari BPOM atau Dinas Kesehatan.

Beberapa suplemen juga dapat berinteraksi dengan penyakit yang mungkin Anda miliki, juga dengan obat yang sedang dikonsumsi. Selain itu, beberapa suplemen mungkin tidak aman dikonsumsi jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Karena itu pastikan dulu dengan berkonsultasi dengan dokter.

Inositol

Inositol adalah zat seperti vitamin B yang secara alami dibuat oleh tubuh. Juga ada dalam berbagai macam makanan, termasuk daging, buah-buahan jeruk, dan kacang-kacangan.

Inositol terlibat dalam bagaimana tubuh Anda menggunakan hormon insulin. Juga dapat memengaruhi hormon lain, termasuk FSH, dan penting untuk fungsi ovarium, sehingga dapat menjadi cara melancarkan haid yang telat atau tidak teratur.

Mengonsumsi suplemen inositol juga dapat meningkatkan ovulasi dan kemungkinan untuk hamil pada wanita yang menerima perawatan medis untuk ketidaksuburan.

Kayu Manis

Kayu manis (cinnamon) dapat membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh, yang juga dapat berpengaruh pada hormon-hormon lain serta pada siklus menstruasi.

Pada wanita penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang sering mengalami kadar insulin tinggi dan mensturasi tidak teratur, kayu manis dapat membuat menstruasi mereka lebih teratur.

Suplemen kayu manis juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada wanita yang mengalami menstruasi yang menyakitkan.

Apabila kayu manis dikonsumsi sebagai suplemen, biasanya dosis rekomendasi adalah 500 miligram (mg) diminum tiga kali sehari.

Kayu Manis untuk Cara Melancarkan Menstruasi secara Alami
Kayu Manis, Cara Melancarkan Menstruasi secara Alami (Credit photo: NewFabrika/Shutterstock)

Kunyit

Kunyit (turmeric) mengandung kurkumin, yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan memperbaiki mood. Karena manfaat-manfaat inilah, mengonsumsi suplemen kurkumin dapat mengurangi gejala-gejala PMS.

Kunyit juga dapat memiliki efek yang serupa dengan hormon estrogen. Ini artinya konsumsi kunyit juga dapat menjadi cara melancarkan menstruasi yang telat atau tidak teratur.

Rekomendasi umum untuk suplemen kurkumin adalah antara 100 mg sampai 500 mg diminum dua kali sehari.

Minyak Evening Primrose

Minyak evening primrose mengandung gamma-linolenic acid (GLA), jenis asam lemak omega-6 yang mengurangi peradangan.

Minyak evening primrose telah digunakan untuk banyak masalah kesehatan wanita, termasuk hot flashes, nyeri payudara, dan gejala PMS. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak evening primrose dapat mengurangi gejala PMS, tapi penelitian lain tidak mendapati manfaatnya.

Dosis umum untuk konsumsi minyak evening primrose adalah 3 hingga 6 gram setiap hari.

Cara Melancarkan Haid yang Telat 3: Menjaga Berat Badan Sehat

Berat badan Anda dapat memengaruhi siklus menstruasi. Berdasarkan sejumlah penelitian, kalau Anda kegemukan, Anda juga lebih mungkin untuk mengalami menstruasi yang menyakitkan.

Sebuah penelitian tahun 2017 juga mendapati bahwa Anda lebih mungkin untuk mengalami haid tidak teratur dan ketidaksuburan jika Anda kegemukan. Para ahli yakin bahwa kegemukan dapat memengaruhi HPA axis, yang mengatur hormon tubuh.

Perubahan berat badan juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Selama tubuh kehilangan berat badan atau kenaikan berat badan, Anda juga dapat mengalami perubahan pada menstruasi.

Jadi cara melancarkan datang bulan adalah dengan menjaga berat badan stabil, tetap dalam kisaran yang sehat.

Cara Melancarkan Haid yang Telat 4: Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur punya banyak manfaat, termasuk mengurangi gejala PMS dan nyeri haid. Untuk mengurangi gejala PMS, usahakan untuk melakukan olahraga aerobik sekitar 30 menit per hari, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang.

Tapi ingatlah bahwa olahraga yang intens juga dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda dengan menunda atau bahkan membuatnya terlewat sama sekali.

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?

Sesekali datang bulan terlambat mungkin hanya disebabkan oleh stres atau faktor gaya hidup lain, yang dapat dengan baik diatasi dengan perubahan gaya hidup. Tetapi jika menstruasi terus-menerus terlambat atau tidak teratur, itu bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasarinya. Sebaiknya Anda menemui dokter bila:

  • Belum menstruasi selama tiga bulan berturut-turut
  • Datang bulan kurang dari sekali setiap 35 hari
  • Menstruasi berlangsung lebih dari seminggu
  • Harus pakai lebih dari 1 pembalut dalam waktu 1 jam
  • Mengeluarkan gumpalan darah seukuran atau lebih besar dari uang koin

Dokter dapat membantu memastikan penyebab yang mendasarinya dan menentukan perawatan yang sesuai kondisi Anda. Agar mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat, sebaiknya Anda berbicara dengan terbuka kepada dokter Anda mengenai keluhan-keluhan Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara melancarkan haid yang telat. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar masalah kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. How to Get Regular Periods Naturally: 8 Home Remedies for Irregular Periods. https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies

Healthline. How to Regulate Your Periods: 20 Tips and Tricks. https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}