Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Pepaya


By Cindy Wijaya

Jerawat memang sebuah masalah besar bagi penampilan wajah. Karena munculnya jerawat, apalagi yang berlebihan, sangat mungkin merusak keseluruhan penampilan. Wajah akan memerah dengan permukaan yang tidak rata dan kadang terkesan tampak kotor dan berkilap.

Namun masalah jerawat tak hanya berhenti di sini saja. Karena kerap kali ketika jerawat sukses dienyahkan dari wajah Anda, Anda masih harus berjuang melawan bekas jerawat yang menghiasi wajah Anda. Tak mudah menemukan cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh sekaligus aman.

Bahkan pada beberapa kasus, produk perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat justru malah kembali memunculkan jerawat di wajah Anda. Terlebih lagi, produk itu juga memicu masalah iritasi dan dermatitis, atau semacam sebum kecil keputihan yang memenuhi wajah. Ini dialami terutama pada kasus bekas jerawat yang menciptakan efek permukaan wajah seolah bergelombang atau berlubang.

Pada dasarnya, bekas jerawat yang memburuk seperti ini terkait erat dengan kebiasaan mengutik-utik jerawat sampai akhirnya terluka. Di saat yang sama, tubuh kurang mampu secara optimal memproduksi kolagen yang berfungsi memulihkan struktur kulit. Hasilnya, terbentuklah bekas luka yang kadang tak hilang sampai hitungan tahun.

Untuk itu penting bagi Anda untuk menghindari terlalu usil dengan jerawat di wajah Anda, misalnya dengan mencongkelnya sampai terluka dan berlubang. Kemudian dibantu dengan rajin mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C dan antioksidan alami untuk membantu tubuh lebih optimal dalam memproduksi kolagen.

Namun bagaimana kalau wajah Anda sudah terlanjur memiliki bekas jerawat yang membandel? Tenang saja, karena ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat. Mari kita bahas salah satu cara yang ampuh, alami, sekaligus aman.

Cara Membuat Masker Pepaya

Perawatan wajah ini perlu dilakukan setiap 2-3 hari sekali. Caranya sebagai berikut: Ambil pepaya matang, lumatkan atau blender tanpa air sampai halus. Padukan dengan madu murni dan aduk sampai merata. Aplikasikan ramuan ini pada wajah Anda hanya pada area yang mengalami keluhan bekas jerawat ketika wajah baru saja dibersihkan.

Diamkan selama 15 menit di ruangan dengan udara yang sejuk. Hindari melakukan perawatan ini ketika udara sedang panas karena wajah pasti akan berkeringat. Dikhawatirkan ada efek iritasi pada wajah apabila pepaya bercampur dengan keringat.

Pepaya sangat ampuh sebagai exfoliating yang membantu mengangkat kulit rusak dengan lebih efektif. Ini membantu kulit lebih cepat beregenerasi. Secara bersamaan madu akan membantu mendorong pembentukan kolagen baru sehingga meningkatkan kecepatan regenerasi dua kali lebih baik. Hanya saja kandungan juga memicu iritasi pada kulit, beruntung dengan campuran madu yang anti radang, efek ini bisa Anda lunakkan. Dan ingatlah tidak boleh melakukan perawatan lebih dari 15 menit.

Bilas wajah Anda dengan air hangat tanpa sabun sampai bersih setelah masa 15 menit. Gunakan air mawar atau toner favorit Anda yang cocok untuk kulit berminyak setelahnya. Dan rasakan sendiri bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat ini bekerja pada wajah Anda setelah beberapa minggu perawatan.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}