Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Scrub Alami


By Cindy Wijaya

Salah satu masalah yang kerap menghinggapi wajah wanita, terutama mereka dengan keluhan kulit berminyak, adalah ukuran pori-pori yang membesar. Ukuran pori-pori yang besar selalu menggagalkan upaya Anda untuk dapat tampil dengan wajah sempurna.

Tak mudah menemukan cara mengecilkan pori-pori, tidak seperti ketika Anda berperang melawan jerawat. Kebanyakan orang masih harus mengeluhkan masalah pori-pori besar ini sekalipun mereka sudah berhasil mengatasi keluhan jerawat. Sekalipun Anda dapat memastikan kulit Anda bersih dan kadar minyak pada wajah sudah berkurang, tetap saja Anda tak mampu menyingkirkan masalah ini.

Yang membuatnya lebih buruk, pori-pori yang besar juga tak mudah Anda sembunyikan dengan make up, sekalipun dengan BB cream atau foundation terbaik. Kadang justru dalam upaya menutupi tampilan pori-pori, Anda malah membuat wajah tampak tidak alami seperti topeng, membuat wajah lebih berminyak dan memperburuk masalah pori-pori.

Memang ada begitu banyak produk yang mengklaim dirinya bisa mengatasi masalah ini. Namun sebenarnya tak ada cara mengecilkan pori-pori yang mampu bekerja menghilangkan keluhan ini 100%. Ditambah lagi, pada kebanyakan produk, kinerjanya berjalan cenderung lambat tergantung kondisi kulit dan kadar minyak.

Sebenarnya ada cara alami yang bisa Anda jajal sebagai cara mengecilkan pori-pori yang aman. Cara ini bahkan sudah dipatenkan menjadi produk perawatan kulit yang banyak diminati di dunia. Anda bisa membuat produk buatan rumahan dengan meniru isi dari produk perawatan tersebut dan mengaplikasikannya pada wajah Anda dengan biaya yang lebih murah.

Scrub Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori

Adapun produk perawatan tersebut adalah scrub alami yang memadukan manfaat madu murni dengan sifat unik dari air perasan lemon, gula aren bubuk, dan kayu manis. Bagaimana cara membuat dan cara menggunakannya? Ini dia informasinya.

Anda perlu mencampurkan 1 sendok makan madu murni, 1 sendok makan gula aren bubuk (banyak juga dikenal dengan brown sugar), 3 tetes air lemon, dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis. Aduk sampai benar-benar merata. Siapkan pula campuran 1 sendok makan air mineral dengan ½ sendok makan air cuka apel. Cairan ini nantinya akan menjadi toner pasca proses scrubing.

Sebelum Anda mengaplikasikan scrub ini, bersihkan dulu wajah Anda dari make up dan kotoran. Setelah itu, oleskan bahan scrub pada area wajah yang mengalami masalah pori-pori besar. Lakukan pemijatan perlahan dan lembut pada area ini sekitar 10 menit.

Setelah itu diamkan lagi selama 7 menit sampai scrub sedikit mengering. Kemudian bersihkan dengan membilasnya menggunakan air bersih. Lakukan pembersihan berulang tanpa sabun sampai tak ada lagi sisa scrub yang melekat pada wajah. Setelahnya keringkan sisa air dengan handuk bersih lalu gunakanlah toner cuka apel tadi untuk menenangkan wajah Anda pasca scrub.

Lakukan cara mengecilkan pori-pori ini setiap 3 hari sekali selama beberapa minggu dan Anda akan merasakan hasilnya. Kemungkinan besar, penampilan wajah Anda akan jadi lebih baik karena mengecilnya ukuran pori-pori pada wajah.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}