Cara Diet Harus Sesuai dengan Tipe Tubuh Gemuk yang Anda Alami!

698

Diedit:

Masalah berat badan selalu menjadi salah satu fokus utama di dunia kesehatan. Perhatian dunia yang tak berkesudahan terhadap berat badan menyiratkan bahwa kegemukan menjadi penyebab banyak orang merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya, dan yang terutama, menjadi penyebab beragam keluhan kesehatan.

Yang menarik, menurut Dr. Oz, ada perbedaan dalam kasus kegemukan antara wanita dan pria. Bentuk-bentuk dari tipe tubuh wanita yang gemuk berkaitan erat dengan penyebab dari masalah kegemukan tersebut.

4 tipe tubuh gemuk menurut Dr. Oz tersebut adalah sebagai berikut:

Tipe gemuk stress

Kegemukan yang disebabkan oleh faktor stress biasanya menyebabkan perut jadi melebar, kadang juga disebut dengan bentuk tubuh apel. Ini karena terbentuk lapisan lemak di area perut yang sebenarnya tersimpan di setiap bagian organ tubuh, dengan kata lain terbentuk lapisan lemak yang membungkus sisi luar organ-organ dalam area perut.

Penyebab kegemukan jenis ini berkaitan dengan pelepasan hormon kortisol ketika seseorang mengalami stress yang menjadi pemicu terbentuknya simpanan lemak. Ini merupakan reaksi alami karena stress dianggap sebagai serangan terhadap metabolisme.

Untuk mengatasi tipe gemuk stress, sebaiknya Anda mengubah jenis karbohidrat yang dikonsumsi dengan jenis karbohidrat kompleks. Anda bisa menambahkan lebih banyak makanan pembakar lemak seperti berry, jeruk dan lemon, pepaya dan sayuran hijau. Musuh Anda adalah lemak, jadi hindari segala jenis makanan dengan kadar lemak tinggi.

Tipe gemuk gula

Anda dengan tipe tubuh gemuk gula biasanya gemuk merata terutama di area perut atas dan tubuh area tengah. Ini biasanya menjadikan tubuh terkesan bulat dan besar. Penyebab kasus kegemukan pada tubuh jenis ini adalah pola konsumsi Anda yang padat gula.

Kegemukan merupakan efek dari kinerja hormon insulin yang terstimulasi untuk Anda produksi lebih dalam pankreas jika Anda menambah banyak asupan gula dalam tubuh. Hormon insulin mendorong tubuh menghasilkan energi dari gula dan menyebabkan pembakaran lemak berkurang. Akibatnya terjadi penumpukan lemak pada area dekat hati dan perut tengah .

Untuk mengatasi tipe gemuk gula, Anda perlu mengendalikan pola makan dengan mengurangi kadar gula. Tambahkan beberapa bumbu yang bisa bekerja menurunkan kadar gula seperti kayu manis, berry, oregano, kemangi, dan lain sebagainya.

Tipe gemuk hiperestrogen

Jika postur tubuh Anda terlihat gemuk di area pinggul dan panggul, itu tandanya tubuh Anda punya masalah dengan kadar estrogen yang berlebihan. Seklias tubuh bagian atas Anda tampak normal, tetapi tubuh bagian bawah justru terlihat besar dan jadi tidak proporsional.

Biasanya tipe gemuk ini juga disertai dengan keluhan PMS yang cukup mengganggu sebagai akibat dari ketidak-seimbangan hormonal dalam tubuh. Estrogen memang mendorong terbentuknya bentuk tubuh wanita yang khas dengan payudara sedikit besar dan pinggul yang berlekuk. Namun kelebihan estrogen bisa menyebabkan penumpukan lemak di area pinggul dan panggul.

Untuk mengatasi tipe gemuk hiperestrogen, sebaiknya Anda mengatur pola makan dengan menambahkan lebih banyak sayuran khusus jenis brokoli, kembang kol, kubis, dan sejenisnya. Jenis sayuran ini mengandung sejumlah senyawa unik yang bekerja menetralisir hormon estrogen.

Tipe gemuk hipotestosteron

Jika Anda memiliki tipe gemuk ini, sekilas Anda tidak terlihat gemuk. Namun jika beberapa bagian tubuh disentuh atau digerakkan, baru kelihatan bagaimana lemak yang melapisi bawah kulit begitu kendur dan lunak.

Anda mengalami kekurangan hormon androgen yang menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan untuk membentuk otot. Tubuh Anda mungkin tidak terlalu gemuk, tetapi terlihat kendur dan lembek.

Androgen berperan besar untuk pembentukan otot, dan membiarkan kondisi ini terjadi bisa memicu kegemukan yang lebih serius. Kadang tipe gemuk ini dialami oleh mereka yang rutin minum pil KB.

Untuk mengatasi tipe gemuk hipotestosteron, tambahkan lebih banyak protein dalam menu harian Anda, bisa dipadukan antara protein nabati dan protein hewani. Kurangi karbohidrat dan lemak, namun pastikan konsumsi lebih banyak vitamin D yang terbukti menstimulasi produksi androgen dan membantu meningkatkan pembentukan otot. Jangan lupa, perbanyak juga aktivitas fisik dan paparan sinar matahari pagi.

Bagaimana dengan tubuh Anda? Setelah Anda menelusuri uraian ini, manakah yang sesuai dengan tipe tubuh gemuk Anda sendiri?

Baca juga:  Mengatasi Gemuk Air Dengan 15 Cara Efektif Berikut!

Memahami tipe tubuh gemuk yang Anda alami akan membantu Anda menentukan cara terbaik dalam mengatasi kegemukan, termasuk diet yang tepat untuk mencapai bentuk tubuh ideal.