7 Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes


By Cindy Wijaya

Penderita diabetes mungkin khawatir saat ingin makan buah, sebab kebanyakan buah mengandung gula. Mereka sering bertanya-tanya apakah buah yang mereka sukai aman untuk dimakan oleh pengidap diabetes. Sebenarnya, apa saja buah yang aman dan baik untuk penderita diabetes? Apakah ada buah yang bagus untuk menurunkan gula darah diabetes?

Dalam artikel ini kami akan mengulas tentang buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Supaya tidak memberikan informasi yang keliru, kami mengambil sumber dari situs-situs web kesehatan yang dapat dipercaya. Silakan lihat pada “sumber referensi” di akhir artikel ini.

Apakah Buah Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Lembaga kesehatan American Diabetes Association (ADA) menjelaskan bahwa buah apa pun boleh dimakan oleh penderita diabetes, asalkan tidak alergi terhadap buah itu. Bahkan, sebuah penelitian meta-analisis yang diterbitkan tahun 2014 pada British Medical Journal menyebutkan bahwa lebih banyak mengonsumsi sangat dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Jadi sebenarnya buah adalah makanan yang aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Tetapi cara mengolah buah tersebut lah yang perlu diperhatikan. Buah segar atau yang disimpan dengan cara dibekukan lebih baik untuk diabetes daripada buah olahan, seperti buah yang dikemas dalam kaleng atau toples, buah yang dikeringkan, atau jus buah.

Penderita diabetes harus benar-benar membatasi mengonsumsi makanan olahan seperti itu atau menghindarinya sama sekali. Tubuh menyerap buah-buahan olahan dengan lebih cepat, yang akhirnya akan lebih banyak menaikkan kadar gula darah. Mengolah buah juga menghilangkan atau mengurangi kadar nutrisi yang penting, misalnya vitamin dan serat.

Lembaga National Institute of Diabetic and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) menyarankan agar pengidap diabetes menghindari jus buah atau buah kalengan yang dibuat dengan gula atau pemanis tambahan. Campuran buah-buahan seperti smoothie juga memiliki kandungan gula yang tinggi dan lebih cepat diserap tubuh sehingga menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih tinggi.

Apa Saja Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes?

Buah apa pun aman untuk dimakan penderita diabetes, asalkan dimakan dalam keadaan segar dan bukan buah olahan seperti buah kaleng, buah yang dikeringkan, atau jus buah yang ditambahkan gula atau pemanis.

Tetapi ada jenis-jenis buah tertentu yang memiliki indeks glikemik rendah dan kandungan nutrisi yang dapat membantu menstabilkan atau bahkan menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi pengidap diabetes. Apa saja jenis-jenis buah yang baik untuk penderita diabetes ini?

Buah Beri-berian

Buah beri-berian, seperti stroberi, blueberry, atau jenis beri lainnya, sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Menurut ADA, buah beri-berian adalah makanan super untuk diabetes karena mengandung antioksidan, vitamin, dan serat, ditambah lagi juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Baca Juga:  Efektifkah Kacapiring untuk Pengobatan Diabetes

Tiga perempat cangkir blueberry segar memiliki 62 kalori dan 16 gram karbohidrat. Selain bisa dimakan langsung, buah beri-berian akan tambah lezat jika dimakan bersama dengan yogurt tanpa lemak. Ini bisa menjadi camilan atau sarapan yang baik untuk diabetes.

Buah Ceri Asam

Buah ceri asam, yang biasa untuk kue tart, mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Satu cangkir ceri asam memiliki 78 kalori dan 19 gram karbohidrat, dan mereka sangat baik untuk membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh. Buah ceri asam juga mengandung antioksidan, yang membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit-penyakit lainnya.

Buah ini biasa dijual dalam keadaan segar, dikalengkan, dibekukan, atau dikeringkan. Tetapi karena buah yang dikalengkan dan dikeringkan sering mengandung pemanis tambahan, yang bisa menaikkan kadar gula darah, maka lebih baik pilih yang dalam keadaan segar atau dibekukan saja.

Image by RitaE from Pixabay

Buah Apel

Seperti kata pepatah, “Makan apel setiap hari menjauhkan dari penyakit.” Apel adalah pilihan buah yang baik untuk penderita diabetes, hanya memiliki 77 kalori dan 21 gram karbohidrat. Apel juga sarat dengan kandungan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik. Tapi jangan kupas kulitnya, karena bagian kulitnya adalah yang paling bergizi dan penuh dengan antioksidan.

Buah Jeruk

Makan satu buah jeruk bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Buah ini punya indeks glikemik yang rendah, hanya mengandung 15 gram karbohidrat dan 62 kalori. Jeruk juga mengandung folat dan kalium, yang bisa membantu menormalkan tekanan darah. Untuk variasi, makanlah berbagai jenis buah jeruk.

Buah Pir

Buah pir adalah sumber yang sangat baik untuk memperoleh serat dan vitamin K, sehingga sangat aman untuk dimakan oleh penderita diabetes. Selain itu, tidak seperti kebanyakan buah lain, pir justru akan bertambah lezat setelah disimpan.

Simpanlah buah pir pada suhu kamar sampai matang dan sempurna untuk dimakan (buah pir kemudian bisa disimpan di lemari es). Selain dimakan langsung, buah pir juga enak untuk dijadikan campuran salad.

Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak kalium, serat, dan vitamin C yang baik untuk para penderita diabetes. Satu buah kiwi ukuran besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat, jadi sangat aman untuk dimakan pengidap diabetes. Buah kiwi ada sepanjang tahun dan bisa bertahan di lemari es hingga tiga minggu.

Baca Juga:  Noni Juice: Obat Alami Diabetes Tipe 1

Buah Noni

Buah noni, yang juga disebut mengkudu, mempunyai sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga baik untuk pengidap diabetes. Kandungan tersebut antara lain xeronine dan proxeronine yang di dalam tubuh akan bekerja meregenerasi sel-sel beta pankreas yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, sel-sel tersebut bisa kembali berfungsi dengan baik untuk menghasilkan insulin yang cukup guna mengendalikan kadar gula dalam darah.

Manfaat buah Noni untuk menurunkan kadar gula darah penderita diabetes telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Misalnya dalam sebuah pengujian 8 minggu menggunakan sari buah noni (Noni juice), semua pasien diabetes tipe 2 yang diikutsertakan mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan.

Selain kadar gula darah, yang diperbaiki juga adalah nilai HbA1c, ekskresi insulin, kolesterol darah, dan parameter inflamasi hs-CRP. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa buah noni buka hanya membantu menurunkan kadar gula darah, tetapi juga masalah-masalah lain yang sering terjadi pada pengidap diabetes.

Buah Noni untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Diabetes
Credit Photo: handini_atmodiwiryo / Shutterstock

Kesimpulan tentang Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Apakah buah-buahan boleh dimakan oleh penderita diabetes? Jelas boleh. Tidak ada larangan untuk memakan buah jenis apa pun, asalkan dimakan dalam keadaan segar dan bukan buah olahan, seperti buah kalengan, yang dikeringkan, atau jus buah yang ditambah gula.

Apa saja buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes? Semua buah aman untuk dimakan oleh pengidap diabetes, asalkan ia tidak alergi terhadap buah tersebut dan dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, tidak berlebihan.

Tetapi ada beberapa jenis buah tertentu yang diyakini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, sebab memiliki indeks glikemik yang rendah dan kandungan nutrisi yang membantu menstabilkan atau bahkan menurunkan kadar gula darah. Jenis-jenis buah tersebut antara lain: buah beri-berian, ceri asam, apel, jeruk, pir, kiwi, dan buah noni.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang buah yang aman untuk penderita diabetes. Semoga informasi ini dapat berguna khususnya bagi Anda yang sedang berupaya mengontrol kadar gula darahnya. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar pengendalian diabetes hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. Fruits for people with diabetes. Reviewed: 2018-11-19. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/311220. Accessed: 2020-04-08

Everyday Health. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet. Updated: 2017-09-06. URL: https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/. Accessed: 2020-04-08

Algenstaedt, Petra, dkk. (2018). The Effect of Morinda citrifolia L. Fruit Juice on the Blood Sugar Level and Other Serum Parameters in Patients with Diabetes Type 2. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Volume 2018, Article ID 3565427. DOI: 10.1155/2018/3565427

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}