Bagikan Artikel Ini:

Terakhir Diedit:

Buah belimbing, siapa yang tidak tahu? Bentuknya yang unik dan rasanya yang asam-manis khas, membuat buah ini gampang dikenali. Bukan hanya di Indonesia, belimbing juga digemari orang-orang di berbagai belahan dunia bahkan termasuk Amerika Serikat. Terkenal bukan cuman karena rasanya, tetapi juga banyaknya manfaat belimbing untuk kesehatan yang sudah diketahui.

Apa saja manfaat buah belimbing untuk kesehatan kita? Apa saja kandungan buah belimbing? Adakah bahaya buah belimbing yang harus diperhatikan? Kita akan mendapatkan penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan itu di artikel ini.

Kandungan Buah Belimbing

Menurut data dari USDA National Nutrient, dalam 100 g belimbing segar terdapat kandungan-kandungan nutrisi seperti berikut:

  • Energi: 31 Kcal
  • Karbohidrat: 6,73 g
  • Protein: 1,04 g
  • Total lipid (lemak): 0,33
  • Kolesterol: 0 mg (tidak ada)
  • Serat pangan: 2,8 g

Dalam 100 g belimbing juga terdapat kandungan vitamin sebagai berikut: vitamin B9 (folat) 12 µg, vitamin B3 (niasin) 0,367 mg, vitamin B6 (piridoksin) 0,017 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0,016 mg, tiamin 0,014 mg, vitamin A 61 IU, vitamin C 34,4 mg, dan vitamin E 0,15 mg. Kandungan vitamin C dalam belimbing tergolong sangat tinggi.

Terdapat kandungan mineral sebagai berikut: kalsium 3 mg, zat besi 0,08 mg, magnesium 10 mg, fosfor 12 mg, dan zink 0,12 mg. Selain itu, kandungan buah belimbing juga termasuk elektrolit yaitu sodium 2 mg dan potasium / kalium 133 mg.

Kandungan Senyawa Aktif

Jurnal ilmiah Variation of bioactive compounds and antioxidant activity of carambola…. menyebutkan bahwa di dalam belimbing terkandung sejumlah senyawa aktif, antara lain asam askorbat (vitamin C), fenolik, flavonoid, karotenoid, beta-karoten, karotenoid, tokoferol, dan 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH).

Jurnal “A Comparative Assessment of Nutritional Composition, Total Phenolic, Total Flavonoid, Antioxidant Capacity, and Antioxidant Vitamins of…. Averrhoa Carambola” menyebutkan bahwa senyawa beta-karoten dan DPPH dapat menghasilkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh. Ini menunjukkan khasiat buah belimbing sebagai makanan antioksidan alami yang ampuh. Disebutkan juga bahwa kandungan senyawa fenolik di dalamnya turut memperkuat aktivitas antioksidan itu.

Manfaat Buah Belimbung untuk Kesehatan

Rasa asam buah ini kemungkinan berasal dari kandungan vitamin C belimbing sangatlah tinggi, hingga memenuhi 57% dari total kebutuhan harian kita dalam setiap 100 g buahnya. Diketahui bahwa vitamin C (asam askorbat) merupakan antioksidan yang kuat. Itu baru satu kandungan vitaminnya, belum lagi kandungan-kandungan bermanfaat lain yang dimilikinya.

Baca juga  Info Lengkap Seputar Manfaat Belimbing, Salah Satunya sebagai Penurun Kolesterol!

Jadi tak mengherankan bila dikatakan bahwa ada banyak khasiat buah belimbing, misalnya untuk kolesterol, untuk darah tinggi, untuk kecantikan, bagi ibu hamil, atau sekadar untuk diet kesehatan saja. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat dari buah tropis ini.

Penurun Kolesterol Tinggi

Di dalam kandungan buah belimbing hanya terdapat sedikit sekali lemak dan tanpa kolesterol. Bandingkan dengan kandungan serat pangannya yang tergolong tinggi. Disinilah manfaat buah belimbing untuk kolesterol, karena serat berguna menurunkan kolesterol ‘jahat’ LDL dan menaikkan kolesterol ‘baik’ HDL. Bila kadar kolesterol kembali normal, maka risiko Anda untuk mengalami penyakit jantung, stroke, dan aterosklerosis akan berkurang.

Penurun Darah Tinggi

Artikel ilmiah “Sweet Star Fruit Reduces Blood Pressure in Normotensive Subjects” menyebutkan bahwa belimbing manis dapat menurunkan darah tinggi. Manfaat buah belimbing manis untuk hipertensi dimungkinkan karena adanya kandungan kalium yang berfungsi sebagai diuretik dan menurunkan tekanan darah. Diungkapkan juga bahwa khasiat buah belimbing untuk darah tinggi dapat diperoleh hanya dengan meminum 100 – 200 ml atau 1 – 2 gelas jus belimbing manis saja.

Perawatan Kecantikan

Manfaat buah belimbing untuk kecantikan melibatkan dua segi, yaitu kecantikan kulit dan rambut. Belimbing dilengkapi dengan berbagai senyawa aktif yang dapat menjadi antioksidan bagi kulit. Mereka melawan efek dari stres oksidatif dan menetralkan radikal bebas sebelum itu merusak kulit.

Dengan rutin makan belimbing atau memakainya sebagai masker, itu akan mencegah atau mengurangi kemunculan kerutan, sekaligus menjaga kelembapan kulit dan bebas noda seiring usia bertambah.

Sedangkan manfaat buah belimbing untuk kecantikan rambut adalah karena adanya kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C, di samping karena antioksidan. Dua vitamin itu dan juga antioksidan akan bekerja sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Baik untuk Ibu Hamil

Buah asam-manis ini aman bagi janin, bahkan ada manfaat buah belimbing bagi ibu hamil. Buah ini mengandung mineral, vitamin, folat, dan nutrisi-nutrisi lain yang memberikan stamina yang ibu hamil butuhkan. Kandungan vitamin C di dalamnya juga memperkuat kekebalan tubuh agar selama masa kehamilan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Kemudian khasiat buah belimbing untuk darah tinggi juga berlaku pada ibu hamil. Sudah jadi rahasia umum bahwa para ibu yang sedang mengandung lebih rentan mengalami hipertensi, dan buah ini bagus untuk dijadikan makanan penurun darah tinggi.

Baca juga  Info Lengkap Seputar Manfaat Belimbing, Salah Satunya sebagai Penurun Kolesterol!

Baik untuk Diet Kesehatan

Belimbing hanya sedikit mengandung lemak, punya banyak kandungan air, memiliki sejumlah mineral dan serat. Semua kandungan itu memungkinkan adanya manfaat buah belimbing untuk diet kesehatan yang kita jalani. Kandungan seratnya akan membuat perut lebih cepat penuh dan mengurangi nafsu makan kita. Kandungan airnya akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik selama berolahraga dan aneka mineralnya akan mempertahankan keseimbangan elektrolit tubuh.

Di samping itu, juga ada kandungan vitamin C dosis tinggi yang dapat menguatkan kekebalan tubuh kita supaya lebih tahan terhadap penyakit. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan untuk menetralkan pengaruh racun-racun dan radikal bebas di dalam tubuh sehingga kesehatan kita bisa terpelihara baik.

Bahaya Buah Belimbing yang Perlu Diperhatikan

Belimbing merupakan salah satu buah yang mengandung asam oksalat dengan kadar tertinggi. Dalam 100 g belimbing segar terkandung sebanyak 50.000 – 95.800 ppm asam oksalat. Asam oksalat dianggap sebagai senyawa anti-nutrien karena mengganggu penyerapan dan metabolisme dari beberapa mineral alami, misalnya kalsium, magnesium, dsb.

Senyawa itu juga dapat memicu terjadinya oksaluria, yaitu kondisi dimana di dalam tubuh cenderung terbentuk batu-batu ginjal. Pada beberapa orang yang mengidap masalah ginjal, mengonsumsi belimbing dapat mengakibatkan gagal ginjal atau bahkan kematian. Karena itulah, orang-orang yang punya penyakit ginjal sangat tidak dianjurkan untuk makan belimbing.

Selain itu, belimbing juga diketahui dapat berinteraksi secara negatif dengan banyak jenis obat-obatan. Beberapa senyawa di dalam belimbing bisa menghambat kerja enzim cytochrome P450 3A4 (CYP3A4) pada usus dan hati. Hal ini mengakibatkan kenaikan efek obat yang bisa memicu efek samping berbahaya dan keracunan. Karena itu jika sedang minum obat, Anda sangat dianjurkan untuk konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi belimbing.

Kesimpulan

Kandungan buah belimbing cukup lengkap, terdiri dari aneka vitamin, mineral, juga sedikit elektrolit. Dan sebagian kandungan itu juga termasuk senyawa-senyawa aktif yang dapat menjadi antioksidan di dalam tubuh kita.

Berkat kandungan bernutrisinya, khasiat buah belimbing juga bagus untuk kesehatan. Di artikel ini telah dibahas manfaatnya untuk kolesterol, darah tinggi, kecantikan, diet kesehatan, juga bagi ibu hamil.

Hanya saja, berhati-hatilah terhadap bahaya buah belimbing bagi fungsi ginjal kita. Karena mengandung asam oksalat yang tergolong tinggi, buah ini sangat tidak dianjurkan dimakan oleh para penderita sakit ginjal. Belimbing juga sebaiknya tidak dimakan bila sedang minum obat-obat tertentu.

Demikianlah ulasan artikel tentang buah belimbing. Semoga dengan membaca informasi ini, kita jadi lebih punya pengetahuan mengenai tumbuh-tumbuhan bermanfaat yang ada di sekitar kita. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar herbal, pemanfaatan herbal, dan info serta tips kesehatan lain hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.