Berat Badan Ideal–Bagaimana Cara Mendapatkannya?

500

Diedit:

Berat badan ideal. Bagaimana cara mendapatkannya dan berapakah berat badan ideal yang bagus untuk kesehatan? Pertanyaan ini tentu sering terngiang-ngiang di benak Anda. Di sini kami berusaha untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut. Anda dapat melihat bahwa berat badan berkaitan erat dengan masalah kesehatan, khususnya kesehatan jantung.

Contoh nyata saja, Anda dapat melihat penduduk negara Amerika, di mana gaya hidup penduduk Amerika jaman sekarang sudah rusak, mereka sudah terbiasa mengkonsumsi junk food, karena memang itu merupakan makanan sehari-hari penduduk Amerika. Dan Anda lihat hasilnya, berat badan yang tak ideal, dalam artian berat badan berlebih benar-benar terlihat pada diri masyarakat Amerika. Memang tidak semuanya, namun sebagian besar. Mari baca selengkapnya.

Mengontrol Berat Badan

Oleh karena itu, Anda harus mengerti mengenai bagaimana cara mengontrol berat badan yang sempurna dan tepat. Mengontrol berat badan di sini merupakan metode untuk menjaga dan mempertahankan berat badan supaya senantiasa ideal, dapat juga sesuai apa yang Anda inginkan, karena tiap-tiap orang terkadang ingin memiliki berat badan tertentu, dengan berbagai tujuan.

Dengan mengontrol berat badan, otomatis kematian mendadak dapat Anda hindari. Ya, kematian mendadak itu seringkali terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Sama seperti yang disebutkan sebelumnya, penduduk Amerika yang terlalu banyak makan junk food memiliki resiko kematian mendadak karena serangan jantung atau penyakit lainnya diakibatkan lemak berlebih dalam tubuh.

Apabila Terlalu Kurus

Namun bukan berarti jika Anda terlalu kurus itu juga baik. Di sini yang harus menjadi patokan adalah berat badan ideal, jadi seimbang. Anda tak boleh terlalu gemuk namun juga tak boleh terlalu kurus. Apabila terlalu kurus, nanti fungsi organ ada yang tidak dapat berjalan dengan semestinya. Belum lagi masalah kekurangan gizi, yang akan berpengaruh kepada organ-organ tubuh Anda.

Baca juga:  Diet Sehat Menurunkan Berat Badan dengan Manfaat Bangle

Masalah berat badan yang di bawah standar ini (terlalu kurus) seringkali menimpa banyak orang, khususnya di negara berkembang. Mungkin di negara maju sudah cukup jarang, karena kebutuhan gizi di sana sudah tercukupi. Tak dapat dipungkiri bahwa di negara Indonesia, juga banyak orang yang terlalu kurus.

Terlalu kurus di sini tak selalu diakibatkan oleh tak memiliki uang untuk membeli makanan 4 sehat 5 sempurna, namun juga bisa karena faktor gaya hidup, misalnya saja terlalu sering begadang, diet berlebihan, pemakaian narkoba, konsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok, dan berbagai gaya hidup buruk yang lain yang akan mempengaruhi nafsu makan normal seseorang. Kesemua gaya hidup buruk tersebut harus dihindari apabila ingin memperoleh tubuh yang fit dan sehat, sehingga dapat menjalani aktivitas keseharian tanpa hambatan.

Sesuai dengan Tinggi Tubuh

Salah satu cara mengetahui berapakah berat badan ideal yang harus Anda miliki adalah dengan menghitung berdasarkan tinggi tubuh Anda. Sebab berat badan ideal setiap orang itu berbeda, tergantung kepada banyak faktor, salah satu faktornya adalah tinggi tubuh ini.

Rumus Body Mass Index

Body Mass Index, yang selanjutnya akan kami singkat dengan BMI, juga mempunyai nama lain Indeks Massa Tubuh atau IMT. BMI ini sudah umum dimanfaatkan untuk acuan dalam mengetahui berat badan dari seseorang. Rumus BMI mengkombinasikan perhitungan antara berat badan dan tinggi seseorang. Hasil yang diperoleh menggunakan perhitungan rumus BMI adalah berat badan ideal orang itu. Berikut rumus BMI, dapat Anda lihat di bawah ini:

Berat badan ideal seseorang: Berat badan dalam Kg / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m))

Untuk contoh saja, penerapan dari rumus tersebut yaitu. Apabila berat Anda itu 51 kg, maka: 51 kg / (1,5 m x 1,5 m) = 51 / 2.2 = 23.1 merupakan nilai BMI Anda.

Apabila Anda tak ingin direpotkan, Anda juga dapat menggunakan kalkulator BMI online yang sudah tersedia beberapa situs kesehatan. Hasil perhitungan rumus BMI sudah mempunyai kategori atau kriteria dari WHO (Badan Kesehatan Dunia) serta mereka sudah menetapkan kriteria Itu.

Standar BMI Pria

  • BMI > 27: Obesitas
  • BMI 23 – 27: Kegemukan / Overweight
  • BMI 17 – 23: Normal / Normal weight
  • BMI < 17: Kurus / Underweight

Standar BMI Wanita

  • BMI > 27: Obesitas
  • BMI 25 – 27: Kegemukan / Overweight
  • BMI 18 – 25: Normal / Normal weight
  • BMI < 18: Kurus / Underweight

Bahaya Berat Badan yang Berlebihan

Orang yang memiliki tubuh gemuk cenderung bahagia pada keadaannya namun jika dilihat dari sisi medis itu justru akan membawa efek berbahaya untuk kesehatan tubuh orang tersebut. Biasanya terdapat banyak faktor yang mengakibatkan seseorang berubah jadi gemuk, faktor penyebabnya bisa karena orang tersebut memiliki kebiasaan makan secara berlebihan, dengan artian melebihi jumlah kebutuhan yang tubuh mereka perlukan sehari-harinya.

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Makanan

Makanan yang berlebih akan menjadi timbunan lemak dalam tubuh. Ini akan memberi beban ke ginjal, jantung, persendian dan juga organ hati seseorang. Tubuh akan menjadi cepat rusak karenanya.

Apabila Anda memiliki berat tubuh berlebih, Anda dapat menggunakan herbal untuk menghilangkan lemak perut. Salah satunya adalah kemuning. Kemuning dikenal juga dengan areca catechu, mempunyai fungsi mempertahankan sel tubuh atas serangan lemak jahat. Kemuning memang merupakan bahan herbal yang terbukti bagus untuk menurunkan lemak tubuh berlebih. Sekian artikel tentang cara mendapatkan berat badan ideal. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia