Berbagai Cara Penyakit Masuk ke Tubuh Manusia


By Fery Irawan

Manusia selalu berusaha menghindari berbagai jenis penyakit karena ubuh yang berpenyakit tentu dapat menurunkan kualitas hidup Anda dan bahkan bisa jadi mengancam kehidupan Anda.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus mengupayakan agar diri Anda tidak terkena oleh berbagai jenis penyakit. Untuk meminimalisir resiko terkena penyakit, Anda harus mengetahui banyak hal terutama tentang bagaimana caranya penyakit-penyakit tersebut bisa menyerang tubuh Anda. Dan berikut merupakan beberapa cara penyakit bisa masuk ke dalam tubuh manusia yang tentunya harus diwaspadai.

Saluran Pernapasan (Inhalasi)

Ada beberapa jenis penyakit yang masuk melalui saluran pernapasan seperti penyakit paru-paru, pneumonia, selesma, cacar, dan juga influenza. Penularan melalui saluran pernapasan ini ada dua cara.

Pertama, melalui infeksi debu (airbone infection). Benih-benih penyakit terdapat di udara. Benih-benih penyakit tersebut berasal dari ludah yang sudah jatuh ke tanah dan mendebu. Kok bisa di udara? Karena sangat halus dan ringan, benih itu bisa berada di udara untuk sementara waktu.

Dan cara yang kedua yakni benih-benih penyakit terdapat dalam titik-titik cairan yang dikeluarkan oleh hidung atau mulut ketika penderita batuk, berbicara, atau bersin. Cara infeksi ini disebut juga dengan infeksi titik ludah (droplet infection). Benih-benih penyakit ini sangat mudah hilang dari udara dan jatuh ke tanah.

Penularan Melalui Kulit

Beberapa penyakit yang penyebarannya melalui kulit ialah malaria, tetanus, bisul, syphilis, gonnorhoe, penyakit cacing tambang, dan lainnya. Biasanya, penyakit yang memiliki penyebaran dengan cara kontak langsung ini akan mudah terjadi di tempat yang padat seperti di perkampungan kumuh di pinggiran kota-kota besar, pasar, dan lainnya.

Kedua yakni cara penularan yang terjadi dengan perantaran suatu benda mati seperti sapu tangan, selendang, dan lainnya. Penyakit kudis atau masyarakat awam menyebutnya dengan gudikan bisa terjadi melalui kontak langsung atau secara tidak langsung.

Karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk tidak sama sekali-kecuali kalau mendesak dan terpaksa-bertukar pakaian dengan siapapun terlebih dengan orang yang memiliki jenis penyakit di atas.

Anda sebaiknya tidak tidur bersama orang yang memiliki masalah penyakit yang bisa menular lewat kontak kulit untuk mencegah tertular penyakit tersebut.

Melalui Saluran Pencernaan

Ada beberapa jenis penyakit yang masuk melalui saluran pencernaan manusia seperti kolera, tipus, cacingan, keracunan makanan, paratyphus, dan lain-lain. Bibit-bibit penyakit tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia lewat makanan atau minuman ataupun alat makan yang sudah tercemar.

Basil-basil akan masuk ke dalam rongga mulut bersamaan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berbagai makanan yang sudah dihinggapi lalat atau telah tercampur dengan racun akan menyebabkan orang yang memakannya terjangkit penyakit-penyakit yang disebutkan di atas.

Penularan Melalui Plasenta

Penyakit juga bisa masuk lewat plasenta, misalnya dari ibu kepada anaknya. Infeksi melalui plasenta diperoleh anak dari ibunya yang menderita penyakit ketika mengandungnya, seperti syphilis, AIDS, hepatitis, dan juga toxoplasmosis.

Melalui Hubungan Kelamin

Beberapa penyakit juga bisa masuk melalui hubungan kelamin baik sesama jenis maupun berlainan jenis. Penyakit-penyakit yang ditularkan lewat cara ini antara lain: keputihan, infeksi gonokokal, herpes genital, hepatitis B, AIDS, klamidia, dan juga sipilis. Karena itu, Anda disarankan untuk tidak berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan untuk menurunkan resikonya.

Dengan mengetahui bagaimana berbagai jenis penyakit masuk ke dalam tubuh, Anda bisa lebih mewaspadai untuk tidak melakukan hal-hal yang akan membuat penyakit-penyakit masuk ke dalam tubuh seperti melalui mulut, saluran cerna, hubungan kelamin, dan lainnya.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}