Bagi Kaum Wanita: Inilah 6 Manfaat Tongkat Ali untuk Anda!

861

Diedit:

Selama ini kebanyakan dari kita mendengar manfaat Tongkat Ali sebagai herbal khusus bagi pria dewasa. Kemampuannya sebagai stimulan produksi testosteron juga sudah terbukti secara empiris. Ini membuat Tongkat Ali dianggap sebagai salah satu pesaing berat herbal ginseng asal kawasan Asia Timur.

Sementara Tongkat Ali demikian populer di kalangan pria, banyak wanita justru khawatir untuk mengonsumsi herbal asli Asia Tenggara dan India ini. Kebanyakan wanita menganggap tidak seharusnya tubuh mereka mengasup herbal yang memiliki fungsi sebagai stimulan testosteron semacam ini.

Sebenarnya, meski di dalam tubuh pria Tongkat Ali bekerja secara mutlak sebagai peningkat testosteron, manfaat Tongkat Ali justru sedikit berbeda jika dikonsumsi oleh wanita. Ini dijelaskan dalam salah satu riset oleh Henkel RR, Wang R, Bassett SH, Chen T, Liu N, Zhu Y, dan Tambi MI yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam Journal of National Institutes of Health.

Dalam riset tersebut dikatakan justru Tongkat Ali bekerja unik dengan menstimulasi produksi hormon androgen sekaligus membentuk keseimbangan hormonal baru. Pada wanita, androgen merupakan bentuk hormon pembawa faktor pria yang penting untuk fungsi seksual dan libido wanita. Namun kelebihan androgen ternyata mengganggu sistem kerja sirkulasi haid mereka, termasuk mengganggu kelancaran produksi telur.

Disinilah peran Tongkat Ali dibutuhkan. Karena herbal ini membantu produksi fitoestrogen yang akan menyeimbangkan androgen dalam tubuh, sekaligus mendorong kelancaran sirkulasi seksual wanita dengan rutin.

Untuk lebih jelasnya, berikut ringkasan 6 manfaat Tongkat Ali yang menyehatkan fungsi tubuh wanita.

Membuat tubuh jadi lebih berenergi

Wanita dengan kadar androgen rendah cenderung mengalami penurunan produksi energi. Ini karena androgen erat kaitannya dengan hormon adrenalin yang berperan besar sebagai pendorong produksi energi.

Dengan mengonsumsi Tongkat Ali akan membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan produksi energi dan meningkatkan vitalitas. Membuat tubuh lebih segar, tidak mudah lelah dan lemas karena aktivitas harian.

Mood jadi lebih baik

Selain metabolisme dan energi yang tersuplai baik menyebabkan tubuh terasa lebih segar dan ringan untuk menjalankan aktivitas, ternyata Tongkat Ali juga mendorong produksi endorfin yang bekerja untuk memberi mood positif. Anda akan merasa lebih bersemangat, lebih nyaman, lebih ceria, dan lebih fokus dalam bekerja.

Androgen juga mendorong terbentuknya rasa nyaman, rasa mencintai, dan rasa tenang yang diciptakan oleh hormon oksitoksin. Itu sebabnya mereka yang mengonsumsi Tongkat Ali biasanya tampak lebih tenang dan ceria.

Sebagai peningkat libido

Seperti ditulis di atas, libido pada wanita juga berkaitan erat dengan androgen. Androgen dalam kadar yang cukup akan membantu wanita lebih bergairah dalam aktivitas seksual dan memiliki vitalitas seksual yang baik.

Ada manfaat Tongkat Ali pula dalam meningkatkan kesuburan karena bisa meningkatkan hormon estrogen melalui kandungan fitoestrogen di dalamnya. Ini akan menyeimbangkan kebutuhan sistem hormonal wanita.

Sebagai suplemen untuk program diet

Diketahui manfaat hormon androgen dapat meningkatkan metabolisme—artinya tubuh akan mengalami peningkatan pembakaran lemak untuk pembentukan energi. Pembakaran lemak dan cadangan lemak akan membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh yang sangat membantu program diet Anda untuk mendapatkan tubuh ideal.

Membantu mengendalikan kadar gula darah

Di kadar normal, hormon androgen akan membantu meningkatkan pembakaran lemak dan gula darah serta cadangan lemak atau trigliserida dan cadangan gula glikogen.

Dengan peningkatan pembakaran pada sel-sel tubuh Anda, maka setiap sel ini akan lebih banyak menarik gula darah dari dalam pembuluh darah dan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hanya saja androgen sendiri bisa berbahaya jika berlebihan, karena justru menyebabkan sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap sinyal dari hormon insulin. Sel-sel sudah tersuplai baik dengan energi sehingga tidak lagi mampu menampung glukosa baru. Sampai akhirnya glukosa dalam darah tertahan di dalam darah tanpa bisa terserap lagi oleh sel.

Membentuk tubuh jadi kencang dan indah

Wanita kerap terganggu oleh bentuk tubuh mereka yang terkesan kendur dan bergelambir. Sebenarnya ini berkaitan dengan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh yang kerap menyebabkan terjebaknya air dalam jaringan lemak tubuh, sehingga lemak bawah kulit terkesan kendur dan lunak.

Dengan meningkatkan kadar androgen, tubuh akan terdorong untuk membentuk otot dan mengalirkan air dalam lemak untuk terserap menuju sistem urin. Ini akan membentuk lekuk tubuh, mengencangkan otot, dan mengurangi gelambir.

Karena ada 6 manfaat diatas, kenapa kaum wanita harus ragu untuk mengonsumsi Tongkat Ali? Asalkan dikonsumsi dengan takaran yang sesuai, Tongkat Ali justru memberi manfaat besar yang penting untuk kesehatan dan vitalitas Anda.

Baca juga:  Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan oleh Wanita: Bagian 1
Advertisement
Alinesia