Blog Herbal No. 1 Indonesia

Bukan Hanya untuk Pria, Ternyata Ada Manfaat Tongkat Ali untuk Wanita!


By Cindy Wijaya

Selama ini kebanyakan dari kita mendengar manfaat Tongkat Ali sebagai herbal khusus bagi pria dewasa. Kemampuannya sebagai stimulan produksi testosteron juga sudah terbukti secara empiris. Ini membuat Tongkat Ali dianggap sebagai salah satu pesaing berat herbal ginseng asal kawasan Asia Timur.

Sementara Tongkat Ali demikian populer di kalangan pria, banyak wanita justru khawatir untuk mengonsumsi herbal asli Asia Tenggara ini. Kebanyakan wanita menganggap tidak seharusnya tubuh mereka mengasup herbal yang memiliki fungsi sebagai stimulan testosteron semacam ini. Benarkah tidak ada manfaat Tongkat Ali untuk wanita?

Sebenarnya, meski di dalam tubuh pria Tongkat Ali bekerja secara mutlak sebagai peningkat testosteron, manfaat Tongkat Ali justru sedikit berbeda jika dikonsumsi oleh wanita. Ini dijelaskan dalam salah satu riset oleh Henkel RR, Wang R, Bassett SH, Chen T, Liu N, Zhu Y, dan Tambi MI yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam Journal of National Institutes of Health.

Dalam riset tersebut dikatakan justru Tongkat Ali bekerja unik dengan menstimulasi produksi hormon androgen sekaligus membentuk keseimbangan hormonal baru. Pada wanita, androgen merupakan bentuk hormon pembawa faktor pria yang penting untuk fungsi seksual dan libido wanita. Namun kelebihan androgen ternyata mengganggu sistem kerja sirkulasi haid mereka, termasuk mengganggu kelancaran produksi telur.

Disinilah peran Tongkat Ali dapat membantu. Karena herbal ini membantu produksi fitoestrogen yang akan menyeimbangkan androgen dalam tubuh, sekaligus mendorong kelancaran sirkulasi seksual wanita dengan rutin.

Di samping itu, terdapat beragam manfaat Tongkat Ali lainnya yang bukan hanya dapat dirasakan oleh kaum pria, tetapi juga oleh kaum wanita. Di bawah ini adalah ringkasan dari 5 manfaat Tongkat Ali untuk wanita.

Membuat Mood Anda Jadi Lebih Baik

Tongkat Ali dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh Anda, mengurangi kecemasan, dan memperbaiki mood Anda.

Salah satu penelitian awal yang menemukan manfaat Tongkat Ali untuk mood dalah penelitian pada tahun 1999 terhadap subjek hewan percobaan yang dimuat dalam Japanese Journal of Pharmacology. Didapati bahwa ekstrak Tongkat Ali punya efek mengatasi kecemasan yang sebanding dengan obat diazepam, yang sering diresepkan dokter untuk gangguan kecemasan.

Lalu dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2013 dimuat penelitian pada orang-orang dewasa (32 pria dan 31 wanita) untuk menyelidiki manfaat Tongkat Ali bagi mood dan stres. Didapati bahwa ekstrak Tongkat Ali sanggup mengurangi kadar hormon stres. Juga mereka dilaporkan secara signifikan lebih sedikit stres, marah, dan tegang setelah mendapat Tongkat Ali.

Ini membuktikan manfaat Tongkat Ali untuk wanita sebagai suplemen mood booster, yang membantu mengendalikan mood dan tingkat stres sehari-hari.

Membantu Membentuk Tubuh Lebih Kencang dan Indah

Tongkat Ali dianggap sebagai suplemen untuk fitness karena pengaruhnya untuk meningkatkan performa fisik dan massa otot. Ini karena Tongkat Ali mengandung senyawa yang disebut quassinoid, antara lain eurycomaoside, eurycolactone, dan eurycomanone, yang dapat membantu tubuh Anda untuk menggunakan energi lebih efisien, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan kata lain, suplemen herbal ini dapat memberi manfaat ergogenik, yaitu untuk meningkatkan performa fisik dan memperbaiki komposisi tubuh.

Mengonsumsi Tongkat Ali sebagai pendamping diet Anda yang disertai olahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Selain itu herbal ini juga membantu meningkatkan kekuatan otot.

Apabila tubuh memiliki massa lemak yang lebih sedikit daripada massa otot, tubuh Anda akan menjadi lebih kencang dan indah.

Membantu Mengendalikan Gula Darah

Di sejumlah negera, misalnya di Malaysia dan India, herbal Tongkat Ali secara tradisional telah dimanfaatkan untuk membantu pengobatan diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Tongkat Ali dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki kinerja dari hormon insulin. Insulin merupakan hormon penting untuk mengendalikan kadar gula darah.

Penelitian lain yang diulas dalam jurnal Molecules tahun 2016 juga mendapati bahwa ekstrak Tongkat Ali meningkatkan sensitivitas insulin melalui penyerapan glukosa (gula darah) lebih dari 200% pada 50 g/mL.

Hal ini menunjukkan bahwa Tongkat Ali memang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengendalikan gula darah. Tentunya ini adalah manfaat Tongkat Ali untuk wanita penderita diabetes maupun yang sedang berupaya mencegah diabetes.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat Tongkat Ali untuk wanita yang selanjutnya adalah sebagai anti-kanker. Herbal ini memiliki kandungan senyawa yang bernama eurycomanone yang memiliki aktivitas anti-kanker, sehingga dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan dari sel-sel kanker.

Penelitian yang diulas dalam jurnal Molecules 2016 mendapati bahwa eurycomanone memilki aktivitas antiproliferatif terhadap sel-sel kanker, tetapi tidak bersifat racun atau merusak pada sel-sel normal (non-kanker). Antiproliferatif artinya adalah kemampuan untuk mencegah atau memperlambat penyebaran sel-sel ke jaringan sekitarnya.

Senyawa ini juga diketahui bersifat sitotoksik terhadap sel-sel kanker. Sitotoksik artinya bersifat racun atau merusak terhadap sel-sel, sehingga dapat menghasilkan kerusakan atau bahkan kematian pada sel-sel tersebut.

Sebagai Anti-Inflamasi

Inflamasi atau peradangan yang terjadi secara kronis dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Ditambah dengan stres, konsumsi makanan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik, semakin membuat risiko kesehatan bertambah besar.

Salah satu cara untuk mengatasi inflamasi di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi herbal anti-inflamasi. Dan Tongkat Ali diketahui memiliki aktivitas anti-inflamasi, sehingga tentunya ada manfaat Tongkat Ali untuk wanita yang ingin tubuhnya sehat bebas dari inflamasi kronis.

Penelitian in vitro menunjukkan bahwa Tongkat Ali pada sel makrofag menginaktivasi jalur NF-kB dan menurunkan ekspresi dari COX-2, menginduksi sintesis nitrat oksidase. Hal ini menunjukkan bahwa Tongkat Ali memiliki potensi untuk dikonsumsi sebagai anti-inflamasi.

Kelima manfaat di atas tidak hanya berguna untuk kaum pria, tetapi juga kaum wanita. Karena ada 5 manfaat Tongkat Ali untuk wanita seperti di atas, kenapa kaum wanita harus ragu untuk mengonsumsi Tongkat Ali? Asalkan dikonsumsi dengan takaran yang sesuai, Tongkat Ali justru memberi manfaat besar yang penting untuk kesehatan Anda.

Sumber

Healthline. Tongkat Ali (Eurycoma longifolia): Everything You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/tongkat-ali-longjack-review

Henkel, R. R., Wang, R., Bassett, S. H., Chen, T., Liu, N., Zhu, Y., & Tambi, M. I. (2014). Tongkat Ali as a potential herbal supplement for physically active male and female seniors–a pilot study. Phytotherapy Research : PTR, 28(4), 544–550. https://doi.org/10.1002/ptr.5017

Rehman, S. U., Choe, K., & Yoo, H. H. (2016). Review on a Traditional Herbal Medicine, Eurycoma longifolia Jack (Tongkat Ali): Its Traditional Uses, Chemistry, Evidence-Based Pharmacology and Toxicology. Molecules (Basel, Switzerland), 21(3), 331. https://doi.org/10.3390/molecules21030331

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}