Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung?


By Cindy Wijaya

Baru saja beberapa suap menelan ketoprak favorit, tapi perut Anda sudah kembung dan jadi tidak ingin lanjut makan lagi. Tentu tidak nyaman rasanya jika itu terjadi berulang kali padahal sedang asyik menikmati makanan/minuman favorit. Bagaimana cara mengatasi perut kembung?

Perut kembung adalah salah satu sinyal dari tubuh yang memberitahu bahwa makanan yang dikonsumsi kurang tepat sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Sebenarnya tubuh tidak dapat menghasilkan gas, jadi gas yang membuat perut kembung seringkali berasal dari makanan atau faktor eksternal lain.

Secara garis besar, terdapat 2 penyebab terkumpulnya gas di perut, yaitu dari udara yang tertelan dan dari bakteri yang hidup di dalam usus. Udara yang tertelan termasuk udara yang berasal dari minuman berkarbonasi dan seringkali memicu sendawa. Bakteri yang hidup di usus (ini adalah hal yang normal) mengubah gula dari makanan yang tidak dicerna menjadi gas.

Perut kembung terjadi apabila udara berlebih di perut tidak dikeluarkan melalui sendawa atau kentut. Bagi Anda yang bermasalah dengan hal ini, cobalah ikuti cara mengatasi perut kembung berikut ini.

  • Perbanyak konsumsi potasium.

    Semakin banyak makanan bergaram yang Anda konsumsi setiap hati, semakin banyak juga kebutuhan potasium yang harus dipenuhi. Potasium bisa didapatkan diantaranya dari kacang-kacangan, sayuran hijau gelap, kentang, ikan, alpukat, dan pisang.

  • Minum teh peppermint.

    Teh peppermint bisa mengurangi gas di perut dengan cara merelaksasi saluran pencernaan dan meningkatkan gerakan peristaltik normal. Penelitian menunjukkan bahwa minyak peppermint yang sudah dikemas dalam kapsul juga bisa membantu mengatasi sakit perut.

  • Hindari makanan karbohidrat sederhana dan banyak gula.

    Makanan ini termasuk makanan yang manis misalnya permen dan kue.

  • Makan dengan tidak terburu-buru.

    Makan terlalu cepat akan membuat semakin banyak udara yang tertela sehingga semakin dapat menyebabkan perut kembung karena gas.

  • Minum tanpa sedotan.

    Setiap kali Anda minum menggunakan sedotan, udara ikutan tersedot dan tertelan ke dalam perut Anda. Hal tersebut sama tidak baiknya dengan makan terlalu cepat.

  • Hindari minuman bersoda/berkarbonasi.

    Jenis minuman ini mengandung banyak gas dan seringkali menyebabkan problem perut kembung.

  • Rajin olahraga.

    Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan agar setiap orang rutin berolahraga untuk menghindari problem kesehatan. Olahraga juga bisa jadi cara mengatasi perut kembung. Namun hindarilah olahraga yang berat jika perut sedang kembung.

  • Konsumsi probiotik.

    Probiotik dapat berperan untuk mendorong gas berlebih keluar dari dalam perut. Jenis makanan yang mengandung probiotik contohnya adalah yogurt.

  • Hindari mengunyah permen karet.

    Kebiasaan mengunyah permen karet membuat Anda banyak menelan udara sehingga dapat menyebabkan perut kembung. Jika ingin mengunyah permen, lebih baik kunyahlah perment mint yang bisa membantu mengurangi masalah perut kembung.

Demikianlah cara-cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda ikuti. Cermatilah apa yang menyebabkan perut kembung, mungkin setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu, dan hindarilah makanan tersebut di kemudian hari.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}