Ketahui Manfaat dan Efek Samping Serum Vitamin C Sebelum Mencobanya


By Cindy Wijaya

Vitamin C adalah salah satu elemen nutrisi yang memiliki begitu banyak manfaat bagi kulit. Vitamin C sendiri adalah elemen nutrisi yang bisa bekerja sebagai stimulan imunitas, anti bakteri, anti inflamasi, anti aging, anti oksidan, stimulan produksi  kolagen hingga membantu mengatasi noda hitam dan mencerahkan kulit.

Anda bisa lihat bagaimana vitamin C bekerja dengan demikian banyak cara dalam merawat kesehatan kulit sehingga kemudian dikenal sebagai salah satu bahan favorit yang ditambahkan dalam beragam merek perawatan kulit. Dan salah satu yang belakangan sedang naik daun adalah serum vitamin C.

Sebelum Anda mencoba untuk memakainya, ketahuilah apa itu serum vitamin C, apa manfaat serum vitamin C untuk kulit, dan apa efek samping serum vitamin C yang perlu diwaspadai.

Apa Itu Serum Vitamin C?

Serum vitamin C adalah produk perawatan kulit yang dengan vitamin C. Serum vitamin C berbentuk cair atua gel, dan dioleskan ke kulit. Anda bisa menemukan serum ini dimana pun Anda biasanya membeli produk perawatan kulit, offline maupun online.

Pada kemasannya, Anda mungkin akan melihat kata-kata yang menggembar-gemborkan manfaat serum vitamin C untuk kulit seperti “mengencangkan”, “mencerahkan”, atau “meningkatkan kolagen”. Manfaat-manfaat tersebut adalah alasan banyak orang menambahkan serum vitamin C ke rutinitas perawatan kulit Anda.

Bagaimanapun, vitamin C memang bermanfaat sebagai antioksidan, sehingga diyakini membantu membuat kulit menjadi lebih glowing dan awet muda dengan cara mencegah pembentukan radikal bebas yang memecah kolagen dan elastin

Apa Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit?

Pada dasarnya vitamin C memang menjadi salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Kulit yang mendapatkan suplai vitamin C dengan memadai akan tercermin dari permukaan kulit yang tampak lebih cerah, bersih, bebas noda, bebas jerawat dan bebas keriput. Kulit tampak segar dan tidak kusam.

Hanya saja, untuk bisa memberikan suplai vitamin C yang memadai untuk kulit, rasanya tak cukup dengan hanya mengonsumsi buah-buahan belaka. Tubuh membutuhkan vitamin C hingga 1000 mg perhari untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan sel, termasuk sel kulit.

Ini bukan angka yang kecil serta mudah untuk Anda penuhi. Dan pada kenyataannya vitamin C sendiri bekerja secara kontradiktif berkat kandungan asam di dalamnya, demikian penjelasan nhs.uk. Di satu sisi seluruh bagian sel membutuhkan vitamin C sedang di sisi lain kadar asamnya akan meningkatkan asam lambung yang bisa menyebabkan iritasi lambung dan acid reflux.

Karenanya salah satu solusi untuk bisa mensuplai vitamin C pada  kulit adalah dengan menggunakan terapi topikal vitamin C pada permukaan kulit. Anda bisa saja menggunakan terapi lotion atau pelembab yang mengandung vitamin C sekitar 10%. Namun bila dirasa terapi ini kurang membantu Anda bisa menambahkan dosis perawatan kulit dengan serum vitamin C.

Lalu apa saja manfaat serum vitamin C untuk kulit Anda?

Perlindungan Terhadap Matahari

Vitamin C adalah antioksidan. Ini artinya vitamin ini dapat mengurangi kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas adalah partikel yang menyebabkan peradangan.

Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, beberapa efek antioksidan vitamin C pada kulit antara lain:

  • Mengurangi kematian dini pada sel-sel
  • Mengurangi pelepasan sitokin, yang merupakan senyawa peradangan
  • Mengurangi kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV)

Memang kita tidak bisa mengganti tabir surya (sunscreen) dengan serum vitamin C untuk melindungi kulit, namun mengoleskan vitamin C ke kulit juga dapat membantu melindungi terhadap efek berbahaya dari matahari.

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C tidak dapat membalikkan munculnya kerutan yang berkembang secara alami dari waktu ke waktu. Namun ada manfaat serum vitamin C untuk mengurangi penuaan dini dengan cara melindungi kulit dari kerutan dini akibat paparan sinar matahari.

Vitamin C juga membantu mengurangi kerutan dini dengan cara merangsang pertumbuhan kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit.

Sebuah studi skala kecil menemukan bahwa mengoleskan cairan vitamin C 5% selama 6 bulan membantu meningkatkan ketebalan kulit. Kulti yang lebih tebal dan kaya kolagen cenderung tidka menunjukkan kerutan daripada kulit yang lebih tipis.

Meskipun penelitian ini hanya melibatkan 60 partisipan, namun hasil penelitian ini menunjukkan potensi dari manfaat serum vitamin C sebagai penguat kolagen.

Meratakan Warna Kulit

Beberapa orang mengharapkan manfaat serum vitamin C untuk mengatasi hiperpigmentasi, yang membuat suatu area kulit tampak lebih gelap daripada area sekitarnya. Paparan sinar matahari atau perubahan hormon yang terkait dengan penuaan biasanya adalah penyebab dari hiperpigmentasi ini.

Para peneliti berpendapat bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi produksi melanin, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University.

Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk tampilan yang lebih gelap di area hiperpigmentasi. Dengan mengurangi produksinya, Anda dapat terbantu untuk mengurangi munculnya area kulit yang lebih gelap.

Ilustrasi Efek Samping dan Manfaat Serum Vitamin C
Credit Photo: Yurii_Yarema – Shutterstock

Bagaimana Efek Samping Serum Vitamin C?

Sebenarnya serum vitamin C bukan jenis perawatan kulit yang bisa diterapkan pada kulit dengan sembarangan. Tak sedikit pengguna serum justru menunjukan reaksi kulit yang berat pasca menjalankan terapi serum vitamin C.

Vitamin C pada umumnya aman dan bisa ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Yang menjadi risiko efek samping serum vitamin C adalah beberapa produk serum ini memiliki banyak bahan berbeda di dalamnya. Menambahkan bahan-bahan ekstra dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa serum ini tidak menimbulkan iritasi atau reaksi negatif, kecuali pada orang yang memiliki kulit sensitif. Penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology mendapati bahwa 6 persen partisipan mengalami gatal-gatal, yang menurut para peneliti kemungkinan akibat keasaman vitamin C.

Orang yang memiliki kulit sangat sensitif harus berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan serum ini karena jenis vitamin C yang kuat kadang dapat mengiritasi kulit sensitif.

Menurut penelitian di Indian Dermatology Online Journal, serum ini dapat menyebabkan kulit atau pakaian menguning, perih, atau kering, meskipun efek samping serum vitamin C ini jarang terjadi. Para peneliti menyarankan untuk berhati-hati saat mengoleskannya di sekitar mata.

Memang beberapa orang mungkin mengalami efek samping serum vitamin C seperti sedikit rasa perih atau panas atau kesemutan, tetapi itu biasanya hanya sebentar. Jika Anda terus mengalami rasa panas atau tanda-tanda reaksi alergi, seperti pembengkakan atau gatal-gatal, segera lah cuci kulit untuk menghilangkan serumnya.

Kesimpulan tentang Manfaat dan Efek Samping Serum Vitamin C

Terdapat potensi manfaat serum vitamin C untuk memperbaiki penampilan kulit Anda, dengan cara mencegah kerutan dini dan mengurangi area kulit yang tidak merata akibat hiperpigmentasi.

Biasanya Anda perlu mengoleskan serum vitamin C secara teratur dalam waktu beberapa bulan sebelum melihat hasilnya, karena butuh waktu untuk memperbarui sel-sel kulit.

Sama seperti produk perawatan kulit lain, beberapa orang dapat mengalami efek samping serum vitamin C seperti gatal-gatal, kemerahan, iritasi kulit, dan kesemutan. Segera cuci bersih kulit dan hentikan pemakaian jika Anda mengalami efek samping serius atau reaksi alergi.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang efek samping dan manfaat serum vitamin C. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medical News Today. Top 3 benefits of vitamin C serum. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325801

Everyday Health. Vitamin C Serums 101: Best Products, Benefits, Side Effects, and More. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/what-are-benefits-risks-vitamin-c-serums/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>