Apa yang Disebut dengan Penyakit Vertigo?

505

Diedit:

“Pusing 7 keliling”. Mungkin ini adalah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan apa yang dialami oleh penderita vertigo. Vertigo merupakan istilah untuk sekumpulan gejala. Apakah Anda salah seorang yang kerap mengalaminya? Ada baiknya untuk mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya di artikel ini.

Apa Penyebab Vertigo?

Vertigo sering kali disebabkan oleh gangguan pada mekanisme keseimbangan di dalam telinga. Meskipun demikian, penyebabnya boleh jadi adalah masalah pada bagian-bagian tertentu di otak Anda.

Penyebab umum dari vertigo yang pertama adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)—saat dimana suatu pergerakan kepala tertentu memicu vertigo. Yang kedua, Penyakit Meniere—suatu kondisi yang mempengaruhi telinga bagian dalam. Ketiga, Migrain—sakit kepala parah. Dan yang terakhir, Vestibular Neuronitis—peradangan pada saraf vestibular yang membentang sepanjang telinga bagian dalam dan mengirim pesan ke otak untuk membantu keseimbangan tubuh.

Apa Sajakah Gejala Vertigo?

Gejala-gejala vertigo yakni sensasi berputar, bergoyang, atau seolah sekeliling Anda terus bergerak yang dialami bahkan pada saat Anda sedang diam. Sensasi berputar tersebut mungkin disertai dengan gejala lain, misalnya kehilangan keseimbangan, mual, muntah, dan kepala terasa ringan.

Banyak anak-anak mencoba menciptakan sensasi vertigo dengan berputar-putar di tempat untuk sementara waktu. Sensasi yang sengaja dipicu tersebut hanya bertahan sebentar. Berbeda dengan vertigo yang terjadi secara tiba-tiba atau akibat dari cedera, gejalanya cenderung berlangsung selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Bagaimana Cara Mencegah Vertigo?

Dalam upaya mencegah terjadinya serangan vertigo, Anda bisa mengikuti saran-saran praktis di bawah ini.

  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dengan menggunakan bantal.
  • Ketika hendak bangun dari kasur, bangunlah secara perlahan dan duduk selama beberapa menit di pinggir kasur sebelum berdiri.
  • Jangan membungkuk ketika mengangkat benda.
  • Hindari mendongakkan kepala ke atas, misalnya ketika mengambil barang di atas lemari.
  • Gerakkan kepala dengan hati-hati dan perlahan selama melakukan aktivitas sehari-hari.
Baca juga:  Kenali 4 Teknik Fisioterapi Sederhana untuk Mengatasi Vertigo

Bagaimana Cara Mengobati Vertigo?

Ada penderita vertigo yang dapat pulih sendiri tanpa harus minum obat, seperti pada kasus vertigo yang disebabkan oleh infeksi telinga (misalnya vestibular neuronitis). Namun, ada juga yang mengalami gejala vertigo berulang selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, misalnya pada kasus penyakit Meniere.

Terdapat jenis-jenis pengobatan spesifik untuk mengatasi masing-masing penyebab vertigo. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna menentukan perawatan terbaik bagi gejala yang dialami. Berikut dijabarkan saran-saran yang mungkin diberikan oleh dokter Anda berdasarkan penyebabnya:

  • Vestibular Neuronitis

    Karena disebabkan oleh infeksi virus, maka gejala vertigo biasanya akan membaik dalam beberapa minggu tanpa perlu pengobatan. Dokter biasanya menyarankan untuk terus berbaring di kasur apabila gejalanya cukup parah. Ia juga mungkin akan meminta Anda menghindari berbagai pemicu vertigo, misalnya minum alkohol dan kelelahan.

  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

    Sampai gejalanya menghilang, Anda disarankan untuk bangun tidur secara perlahan serta tidak mendongakkan kepala ke atas.

  • Penyakit Meniere

    Di samping meminum obat yang mungkin diresepkan dokter, Anda juga disarankan untuk menjalankan diet rendah garam.

  • Migrain

    Jika mengalami migrain, Anda boleh jadi hanya butuh istirahat di rumah dan melakukan perawatan sendiri. Ada beberapa jenis obat yang sering diresepkan dokter guna mengobati migrain. Tanyakanlah pada dokter mana yang cocok bagi Anda.

Demikianlah ulasan mengenai vertigo dan gejala-gejala yang menandai kedatangannya. Selain itu diulas juga informasi mengenai cara mengobati vertigo berdasarkan penyebabnya. Dengan begitu Anda diperlengkapi pengetahuan mengenai cara menangani gejala sakit kepala secara tepat.

Advertisement
Alinesia