Gejala Vertigo: Gangguan Keseimbangan

525

Diedit:

Gejala vertigo, sebelum masuk lebih mendalam, apakah Anda sudah mengerti yang dimaksud dengan vertigo? Jenis gangguan apakah ini? Dan mengganggu bagian tubuh yang mana? Mungkin sebagian besar orang beranggapan jika vertigo adalah pusing biasa, kebanyakan orang menganggapnya sebagai sebuah penyakit yang sama. Tetapi fakta sebenarnya vertigo adalah sesuatu yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan sakit kepala biasa.

Vertigo merupakan salah satu dari jenis gangguan pada keseimbangan telinga bagian dalam. Gangguan keseimbangan yang disebabkan oleh vertigo ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami pusing yang benar-benar mengganggu, bahkan keadaan sekeliling yang dirasakan penderita juga akan serasa berputar. Anda tentu bisa membayangkan betapa menderitanya jika terkena gangguan ini. mari baca selengkapnya.

Ada beberapa sumber juga yang menyebutkan jika gangguan vertigo ini merupakan rasa gerakan dari lingkungan sekitarnya atau tubuh, bisa diikuti oleh gejala yang lain, khususnya yang berasal dari jaringan otonomik karena gangguan pada alat keseimbangan tubuh.

Macam-Macam Penyebab Vertigo

  • Gangguan telinga di bagian dalam

    Vertigo yang dialami oleh orang-orang sebagian besar disebabkan karena posisi kepala yang tiba-tiba berubah, contohnya saat bangun tidur maupun berdiri namun dilakukan dengan cepat. Anda mungkin sudah pernah merasakannya sendiri, Anda akan merasa pusing yang tiba-tiba terjadi, tetapi bisa menghilang sendirinya untuk waktu beberapa menit. Jenis vertigo yang satu ini terjadi karena terdapat masalah di telinga bagian dalam, dikenal juga sebagai Benign Paroxysmal Positional.

  • Migrain

    Penyebab ketiga terjadinya vertigo adalah migrain. Migrain termasuk salah satu jenis sakit kepala namun juga termasuk penyakit yang bisa mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang diakibatkan karena migrain ini bisa berlangsung untuk waktu beberapa menit sampai dengan beberapa hari.

  • Penyakit pada Sistem Saraf Pusat

    Gangguan pada sistem saraf pusat yang disebabkan beberapa contoh penyakit, seperti kerusakan leher, multiple sclerosis, tumor, dan stroke juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab seseorang terkena vertigo.

  • Penyakit Meniere

    Penyakit Meniere yang terjadi karena peningkatan dari volume endolimfe, memiliki hubungan ke distensil keseluruhan sistem hidrops endolymphatic. Telinga bagian dalam seseorang akan mempunyai banyak cairan jika terkena penyakit Meniere, kondisi inilah yang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh. Untuk rasa pusing dari vertigo yang dialami karena penyakit Meniere ini bisa terjadi selama setengah jam, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi lebih lama.

Baca juga:  Memahami Obat untuk Vertigo Secara Medis

Gejala Penyakit Vertigo

Apabila seseorang mengalami gangguan vertigo, dapat merasakan beberapa gejala ini. Gejala tersebut yaitu rasa pusing, mual, gangguan keseimbangan, lebih peka pada cahaya, kelelahan, dan nyeri otot. Beberapa keadaan yang mengakibatkan gangguan vertigo, contohnya penyakit Meniere, umumnya akan diikuti gejala muncul suara dering pada telinga, tekanan pada telinga, dan juga gangguan pendengaran.

Gaya Hidup untuk Mengatasi Vertigo

  • Makan dengan waktu teratur
  • Usahakan hidup yang sehat setiap harinya
  • Jangan kurang tidur, kurangi begadang
  • Tidur harus cukup
  • Banyak tertawa sebab menyehatkan

Obat Herbal untuk Menyembuhkan Gangguan Vertigo

Walaupun vertigo ini bukan termasuk penyakit tetapi jika tak disembuhkan Anda akan merasa tak nyaman. Daun sirsak termasuk salah satu obat herbal yang dipercaya bisa mengatasi gangguan vertigo yang Anda alami. Daun sirsak mempunyai kandungan lemak, acetogenins, fosfor, besi, fruktosa, kalsium, vitamin B, dan vitamin A. Yang bisa menurunkan depresi, stress, tekanan darah, dan menjaga keseimbangan sistem saraf adalah senyawa acetogenins dari daun sirsak tersebut.

Kenalilah hal-hal yang biasanya memicu gejala vertigo Anda. Dengan begitu Anda bisa menghindari berbagai aktivitas, makanan, maupun minuman yang menyebabkan kepala pusing berputar-putar. Dan jangan lupa lakukan gaya hidup mulai dari sekarang agar Anda semakin terhindar dari serangan vertigo.

Advertisement
Alinesia