Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Vertigo
  • Posisi Tidur Vertigo untuk Meredakan Pusing dan Sensasi Berputar

Posisi Tidur Vertigo untuk Meredakan Pusing dan Sensasi Berputar


By Cindy Wijaya

Sensasi berputar dan pusing akibat vertigo bisa membuat Anda mual dan susah untuk tidur. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakannya, salah satunya adalah mengatur posisi tidur saat vertigo kambuh.

Ini terutama penting karena kualitas dan kuantitas tidur berpengaruh pada kekambuhan gejala-gejala vertigo. Ada kemungkinan lebih besar vertigo kambuh kalau Anda kurang tidur. Jadi mengetahui posisi tidur vertigo penting agar Anda mendapat kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik, tanpa diganggu oleh vertigo.

Posisi Tidur Vertigo

Menemukan posisi tidur untuk meredakan vertigo biasanya perlu beberapa kali percobaan. Masing-masing orang punya posisi tidurnya sendiri yang dirasa nyaman dan tidak memicu kekambuhan vertigo. Namun ada beberapa tips berdasarkan pengalaman banyak penderita vertigo yang bisa Anda coba juga.

Tidur Miring

Anda mungkin merasa bahwa tidur miring ke salah satu posisi membuat vertigo kambuh atau bertambah buruk. Itu kemungkinan karena sisi telinga itulah yang terkena vertigo. Jika ini yang terjadi, maka posisi tidur saat vertigo kambuh adalah dengan tidur miring ke sisi sebaliknya. Dan buatlah agar posisi tidur ini tidak mudah berganti jadi miring ke sisi yang buruk itu.

Anda juga bisa mencoba posisi tidur telentang dan tengkurap untuk melihat apakah itu membuat keadaannya jadi lebih baik atau lebih buruk. Tidak ada satu posisi tidur yang pasti baik untuk semua penderita, jadi teruslah coba cari posisi tidur yang terbaik sesuai kondisi Anda.

Tinggikan Kepala

Meninggikan kepala dengan bantal adalah posisi tidur untuk meredakan vertigo. Ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal Laryngoscope Investigative Otolaryngology. Penelitian itu mendapati bahwa meninggikan posisi kepala setinggi 45 derajat saat berbaring bisa meredakan gejala vertigo.

Sewaktu tidur Anda bisa menyangga kepala dengan dua bantal untuk membuatnya setinggi 45 derajat. Atau bisa juga menggunakan wedge pillow untuk menopang kepala. Jika kurang nyaman, sesuaikanlah tinggi bantalnya dengan kenyamanan tidur Anda.

Anda juga bisa menambahkan body pillow untuk mencegah badan miring ke sisi kanan atau kiri. Karena salah satu posisi tidur yang memicu kambuhnya vertigo adalah posisi miring ke sisi telinga yang bermasalah.

Saat Bangun Tidur

Selain memperhatikan posisi tidur saat vertigo kambuh, Anda juga perlu memperhatikan saat bangun tidur. Kalau Anda gampang mengalami vertigo, jangan langsung bangun dari tempat tidur. Sebaliknya, bangunlah pelan-pelan dan jaga kepala agar tidak banyak bergerak. Lakukan gerakan secara lambat.

Kalau Anda menyetel alarm, pasanglah musik yang lembut untuk meminimalkan risiko Anda terbangun dengan kaget dan membuat kepala bergerak dengan cepat.

Memastikan Telinga Mana yang Terkena Vertigo

Salah satu jenis vertigo yang paling umum adalah BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). Ini terjadi ketika kristal kecil kalsium lepas di telinga bagian dalam. Anda mungkin merasakan vertigo BPPV saat naik atau turun dari tempat tidur, atau saat memiringkan kepala. Lansia di atas 60 tahun lebih mungkin menderita BPPV. Jenis vertigo ini juga termasuk yang paling mudah diobati.

Sebelum Anda mencoba untuk mengobatinya sendiri, periksalah ke dokter. Kalau Anda memiliki vertigo, Anda perlu tahu apa jenisnya dan telinga bagian mana yang bermasalah. Lakukan tips berikut untuk memastikan sisi telinga yang bermasalah:

  • Duduklah di tempat tidur agar bisa berbaring, dengan kepala sedikit di ujung tempat tidur.
  • Putar kepala ke kanan dan berbaringlah dengan cepat.
  • Jika Anda merasa pusing, maka telinga kanan lah yang terkena vertigo.
  • Jika tidak merasa pusing, kembalilah duduk.
  • Tunggu selama 1 menit.
  • Putar kepala ke kiri dan berbaringlah dengan cepat.
  • Tunggu selama 1 menit.
  • Jika Anda merasa pusing, maka teling kiri lah yang terkena vertigo.

Jika Anda mengalami vertigo jenis BPPV, ada tindakan atau gerakan tertentu yang dapat memindahkan kristal kalsium penyebab masalah keluar dari saluran telinga Anda. Melakukannya bisa meredakan gejala-gejala vertigo. (Sumber: artikel “Home Remedies for Vertigo” oleh WebMD).

Dokter atau terapis yang menangani Anda dapat menunjukkan cara melakukan gerakan-gerakan ini. Memang gerakan ini bukan posisi tidur vertigo, namun melakukannya juga bisa membantu Anda mendapat kualitas dan kuantitas tidur yang baik.

Manuver Epley

Apabila vertigo berasal dari sisi telinga kiri, coba lakukan ini:

  • Duduk di ujung tempat tidur. Belokkan kepala 45 derajat ke kiri (tidak sampai searah dengan bahu kiri). Taruh bantal di bawah sehingga saat berbaring, bantal berada di antara bahu, bukan di bawah kepala.
  • Cepatlah berbaring telentang, dengan kepala di atas tempat tidur (masih pada sudut 45 derajat). Bantal harus berada di bawah bahu. Tunggu 30 detik (agar vertigo berhenti).
  • Belokkan kepala setengah (90 derajat) ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik.
  • Miringkan kepala dan tubuh ke kanan, sehingga Anda melihat ke lantai. Tunggu 30 detik.
  • Perlahan duduk, tapi tetap di tempat tidur selama beberapa menit.

Apabila vertigo berasal dari telinga kanan, lakukan petunjuk-petunjuk di atas dari posisi sebaliknya. Duduklah di tempat tidur, belokkan kepala 45 derajat ke kanan, dan seterusnya.

Lakukanlah gerakan manuver Epley ini tiga kali sebelum tidur setiap malam, sampai Anda sudah melewati 24 jam tanpa merasakan pusing vertigo.

Manuver Semont

Lakukan gerakan ini untuk meredakan pusing yang berasal dari sisi telinga kiri:

  • Duduk di pinggir tempat tidur. Belokkan kepala 45 derajat ke kanan.
  • Cepatlah berbaring di sisi kiri Anda. Tetap pada posisi itu selama 30 detik.
  • Cepatlah bergerak untuk berbaring ke ujung tempat tidur yang sebaliknya.
  • Jangan ubah arah kepala Anda. Pertahankan pada sudut 45 derajat dan berbaringlah selama 30 detik. Lihatlah ke lantai.
  • Kembali perlahan ke posisi duduk dan tunggu beberapa menit.

Lakukan gerakan-gerakan ini ke arah sebaliknya jika masalahnya berasal dari telinga kanan.

Sekali lagi, lakukan manuver Semont tiga kali sehari sampai Anda bebas vertigo selama 24 jam.

Kesimpulan tentang Posisi Tidur Vertigo

Posisi tidur untuk meredakan vertigo bisa berbeda-beda pada setiap penderita. Namun pada umumnya poisisi tidur yang disarankan adalah posisi miring ke arah sebaliknya dari sisi telinga yang bermasalah dan posisi telentang dengan kepala lebih tinggi sekitar 45 derajat.

Perhatikan juga saat bangun tidur, jangan bangun terlalu cepat. Bangunlah secara perlahan dan jaga kepala agar tidak terlalu banyak bergerak.

Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan seperti manuver Epley dan Semont untuk membantu mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang baik. Dengan tidur yang baik, Anda akan terbantu untuk mencegah gejala vertigo.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang posisi tidur saat vertigo kambuh. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}