Tips Mengobati Vertigo dengan Cara Rumahan

864

Diedit:

Vertigo adalah salah satu jenis sakit pusing yang paling mejengkelkan, mengganggu, dan berbahaya bila Anda mengalaminya saat sedang di tempat tinggi seperti di atas tangga. Untuk mencegah agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda cari tahu bagaimana cara mengobati vertigo secara cepat.

Jika dunia sekitar Anda tampak seperti berputar, walaupun Anda sama sekali tidak bergerak, kemungkinan itu adalah gejala vertigo. Sensasi berputar ini dapat sangat membingungkan, menyebabkan rasa mual, ketidakstabilan tubuh, dan keringat berlebihan.

Mengatasi vertigo seperti ini sebenarnya tidak harus selalu dengan obat dokter, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah sebagai solusi cepat. Simaklah artikel ini yang akan membahas apa saja bahan-bahan rumahan sebagai obat vertigo alami.

  • Vitamin C

    Berbagai penelitian telah mengaitkan antara peningkatan asupan vitamin C dengan penurunan gejala-gejala vertigo tertentu, khususnya vertigo yang dipicu oleh penyakit Meniere serta jenis lain dari penyakit ini. Jadi cobalah untuk menambahkan asupan lebih banyak buah dan sayuran, khususnya bayam, stroberi, tomat, dan paprika hijau, yang sanggup membantu Anda tetap berdiri tegak.

  • Bawang Putih

    Untuk mengatasi vertigo akibat infeksi telinga bagian dalam atau masalah telinga lainnya, salah satu solusi alami terbaik ialah bawang putih. Pertama, Anda bisa memasak sesiung bawang putih dengan minyak wijen sampai berwarna kecokelatan, lalu tiriskan sisa-sisa minyak dari wajan.

    Setelah minyak sudah kering, gunakan alat penitis mata untuk mengambil sedikit minyak tersebut lalu teteskan ke dalam telinga Anda. Gabungan dari fungsi anti oksidan dan anti bakteri bawang putih serta minyak wijen sanggup membersihkan infeksi dan membantu Anda memperoleh kembali keseimbangan tubuh Anda.

  • Biji Ketumbar

    Beberapa gejala vertigo dapat terjadi akibat kekurangan mineral dalam tubuh sehingga menyebabkan fungsi kognitif tubuh menjadi lambat. Karena itu biji ketumbar yang mengandung fitonutrien dan mineral penting bagi fungsi kognitif tubuh dapat dijadikan obat herbal vertigo.

    Untuk cara mengobati vertigo menggunakan biji ketumbar, pertama rendamlah biji ini semalaman dalam segelas air minum. Keesokan harinya minumlah air minum hasil rendaman biji ketumbar ini di pagi hari sebagai solusi cepat untuk mengatasi vertigo.

  • Akupresur

    Dalam hal menangani kondisi penyakit yang seaneh vertigo, dimana dunia sekitar tiba-tiba tampak berguncang, Anda mungkin membutuhkan metode yang tidak biasa—yaitu dengan akupresur. Akupresur adalah salah satu metode pengobatan tradisional Cina yang sangat populer. Akupresur memiliki cara mengobati vertigo dengan mencari dan menekan sejumlah titik-titik tekanan pada tubuh yang diyakini berdampak langsung terhadap gejala vertigo.

  • Teh Jahe

    Banyak orang penderita penyakit ini mengalami mual sewaktu merasakan gejala vertigo. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, maka pertimbangkanlah teh jahe sebagai obat herbal vertigo. Teh jahe adalah salah satu herbal anti muntah terbaik yang juga sanggup menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan—pemicu lain dari vertigo.

  • Hidrasi Ekstra

    Kurang minum air dapat memicu gejala vertigo. Karena sedikit dehidrasi saja sanggup membuat Anda pusing. Air adalah bagian paling penting dari tubuh kita, jadi apabila Anda mulai kekurangan air maka tubuh akan merasakan beragam efek. Oleh sebab itu Anda perlu sering minum air demi menjaga otak tetap bekerja secara benar untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

  • Kacang Almond

    Beberapa nutrisi utama yang dimiliki Almond yaitu vitamin B dan E. Beragam penelitian telah mengaitkan langsung antara asupan kedua vitamin ini dengan pemulihan vertigo. Anda bisa menggunakan Almond sebagai obat vertigo alami dengan merendamnya dulu semalaman, lalu menggilingnya, dan kemudian dicampurkan ke dalam air atau susu untuk diminum.

  • Cukup Tidur

    Kelelahan dapat menyebabkan fungsi kognitif jadi melambat, seakan tubuh Anda selalu telat merespon perintah dari otak, atau sebaliknya. Banyak penderita vertigo kronis (berkepanjangan) juga mengeluhkan masalah tidur. Jadi jika Anda ingin bangun tanpa gangguan keseimbangan, pastikanlah untuk mendapatkan jam tidur yang cukup setiap malam.

  • Pijat Kepala

    Pijatan di kepala dapat merangsang sirkulasi pada bagian penting dari kepala, dan juga bisa membuat tubuh rileks serta menghilangkan stres. Anda bisa memijat sendiri atau dibantu orang lain, namun pastikan Anda melakukannya dengan pijatan memutar pada bagian antara alis dan atas telinga, serta bagian belakang kuping.

  • Kurangi Garam

    Seperti sudah disinggung di atas, dehidrasi adalah salah satu pemicu gejala pusing. Dan semakin banyak garam di dalam tubuh, semakin banyak juga air yang ditahan, sehingga menciptakan sensasi dehidrasi. Cobalah untuk mengurangi asupan garam jika Anda sering mengalami vertigo.

Baca juga:  Gejala Vertigo: Gangguan Keseimbangan

Meskipun cara-cara mengobati vertigo di atas terbukti sangat efektif bagi beberapa orang, tetapi ingatlah bahwa vertigo bisa jadi adalah indikasi adanya penyakit yang serius. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter sewaktu mengalami vertigo, walaupun gejalanya bisa diatasi dengan obat vertigo alami.

Dokter akan mencari tahu apa penyebab dibalik gejala-gejala vertigo yang Anda alami dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan demikian pengobatan yang dilakukan dapat lebih tepat sasaran. Jika dokter mengijinkan, Anda juga boleh memadukan perawatan medis dengan pengobatan secara alami seperti yang dibahas di atas.