Mengenal Lebih Baik Penyebab Vertigo

513

Diedit:

Vertigo merupakan jenis penyakit yang terkait dengan keseimbangan. Di sini pasien bukan sekedar terserang pusing, melainkan rasa limbung seperti sedang berayun atau seperti berputar. Kadang serangan vertigo bisa muncul sesaat hanya untuk beberapa menit, namun pada beberapa orang serangan bisa sangat berat dan tidak hilang hingga beberapa jam atau malah beberapa hari.

Apa sebenarnya penyebab vertigo? Bagaimana penyakit ini bisa terjadi? Kenapa seseorang bisa terserang penyakit vertigo? Sederet pertanyaan macam ini kerap kali muncul pada pengidap vertigo. Terlebih karena penyakit ini berbeda dari kebanyakan penyakit kepala lain yang mudah saja diatasi dengan obat penghilang rasa sakit biasa.

Vertigo sendiri terbagi dalam dua jenis. Pertama adalah vertigo perifer yang muncul sebagai akibat ketidakseimbangan area telinga dalam bagian kanan dan kiri. Sedang vertigo lain adalah vertigo central yang berasal dari masalah pada sistem saraf pusat.

Berdasarkan 2 jenis tersebut, penyebab vertigo juga bisa dibagi dalam dua kategori, yakni:

Vertigo Perifer

Vertigo ini berasal dari ketidakseimbangan sinyal yang diterima otak dari kedua sisi telinga dalam. Sebagaimana diketahui rongga telinga dalam merupakan area sensitif yang menjadi pusat dari sistem keseimbangan. Ketika terjadi masalah pada salah satu bagian dari rongga telinga dalam, maka sinyal yang diterima dari dua sisi telinga akan berbeda dan inilah yang memicu kebingungan otak untuk merespon.

Pada skala ringan, serangan muncul secara singkat dan ditandai dengan rasa limbung sesaat selama beberapa menit seperti tengah berada di atas ayunan. Kadang muncul ketika pasien langsung bangkit dari posisi jongkok atau tidur. Namun pada kondisi yang berat, pasien akan merasa seperti diayun kencang sampai berputar hebat. Penyebab vertigo perifer ini antara lain:

  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

    Diperkirakan sebagai efek dari munculnya serpihan debris kalsium yang lepas dari liang telinga dalam dan hanyut dalam cairan telinga dalam. Cairan ini merupakan alat penjaga keseimbangan tubuh sehingga benda asing yang hanyut di dalamnya mengacaukan titik keseimbangan.

  • Infeksi Telinga Dalam

    Beberapa kondisi infeksi baik karena virus atau bakteri seperti flu yang menyerang telinga, labirinitis atau infeksi pada liang labirin telinga dalam atau vestibular neuritis bisa memicu ketidakseimbangan sinyal antara telinga kiri dan kanan dan menjadi penyebab vertigo.

  • Migrain

    Migrain yang kerap muncul bisa memicu serangan vertigo. Biasanya karena migrain membuat sinyal-sinyal yang masuk ke dalam otak tidak terolah dengan tepat sehingga terjadi kebingungan.

  • Masalah Penglihatan

    Ketika seorang pasien mengalami keluhan penglihatan terutama penglihatan karena silindris namun diabaikan, pasien lama kelamaan akan mengalami serangan vertigo. Silindris menyebabkan gambar yang diterima otak berbayang dan kadang seperti terpecah. Ini menimbulkan efek limbung pada kepala.

Baca juga:  Mengenal Gejala Vertigo, Penyebab, Tindakan Antisipasi, serta Penyembuhan Alaminya

Vertigo Central

Berbeda dengan vertigo perifer yang terjadi karena ketidakseimbangan antara telingan bagian dalam kanan dan kiri. Maka di sini masalahnya terletak pada sistem saraf pusat. Seringnya efek yang muncul adalah rasa berputar, seperti penglihatan semua berputar. Pasien kerap kali merasa mual hebat seiring efek berputar ini. Penyembuhan lebih lama dari vertigo perifer kadang bisa sampai berjam-jam, bahkan berhari-hari. Adapun penyebab vertigo central adalah:

  • Masalah pada Batang Otak

    Beberapa kondisi pada batang otak seperti infeksi, tumor atau lepasnya beberapa subtransmitter dalam jaringan otak tengah bisa memicu kebingungan dan tidak sampainya semua sinyal ke pusat saraf. Akhirnya terjadi kebingungan dan vertigo.

  • Masalah pada Sistem Saraf Tulang Belakang

    Masih terkait dengan saraf pusat, saraf dalam tulang belakang sangat terkait dengan saraf pusat. Jadi masalah seperti infeksi, keluhan kanker, tumor, atau keluhan perapuhan kadang bisa memicu vertigo.

Itulah beberapa penyebab vertigo dari dua jenis vertigo. Vertigo secara umum serupa dengan serangan pusing yang kerap kali merupakan sebuah gejala dari adanya masalah dalam sistem otak Anda. Cari tahu apa yang menjadi penyebab vertigo dalam diri Anda agar masalahnya bisa diatasi secara tuntas dan permanen.