Apa Sebenarnya Flu Burung Itu?


By Cindy Wijaya

Flu burung adalah infeksi yang disebabkan oleh sejenis virus influenza avian. Meskipun ada banyak jenis flu burung, jenis yang kini dikhawatirkan oleh masyarakat ialah virus flu burung H5N1. Virus ini terdapat pada unggas-unggas liar.

Sering kali, unggas liar tidak terkena efek dari virus. Akan tetapi, unggas liar dapat dengan mudah menularkan virusnya kepada unggas-unggas yang diternakkan sebagai bahan makanan, seperti ayam, bebek, dan kalkun. Virus flu burung dapat menyebabkan unggas-unggas ini menjadi sangat sakit.

Dulu virus flu burung tidak langsung ditularkan dari unggus ke manusia. Namun sejak 1997, beberapa orang telah jatuh sakit akibat infeksi virus flu burung yang mematikan. Sebagian besar kasus flu burung terjadi di negara-negara Asia diantara orang-orang yang pernah berurusan langsung dengan unggas di peternakan. Namun para ahli meyakini bahwa virus ini suatu saat nanti bisa menyebar ke seluruh bagian dunia.

Apa yang Menyebabkan Flu Burung?

Seperti yang sudah disebutkan flu burung disebabkan oleh virus. Setelah seekor unggas liar menularkan seekor unggas ternak, virus tersebut dapat dengan mudah dan cepat menyebar diantara ratusan atau ribuan unggas ternak lainnya. Unggas yang sakit harus dibunuh agar penyebaran virus terhenti.

Orang yang berurusan langsung dengan ayam, bebek, atau kalkun sakit sangat rentan ikut terinfeksi. Virus flu burung dapat ditularkan melalui kotoran dan air liur unggas pada permukaan kandang, traktor, atau peralatan ternak lainnya.

Meski begitu, mayoritas orang tidak perlu khawatir terinfeksi virus flu burung. Anda tidak akan jatuh sakit akibat mengonsumsi daging ayam, kalkun, atau bebek yang matang sempurna karena suhu panas membunuh virus.

Mengapa Masyarakat Begitu Khawatir dengan Flu Burung?

Dalam beberapa kasus, para ahli berpikir bahwa flu burung ditularkan langsung dari manusia ke manusia, bukan dari unggas ke manusia. Karena virus bisa bermutasi dengan cepat, para ahli khawatir bahwa suatu hari nanti flu burung dapat dengan mudah menular antar manusia. Ini adalah kemungkinan yang menakutkan, karena virus H5N1 dapat membuat orang lebih sakit daripada jenis-jenis virus influenza lainnya. Dari sekian banyak kasus flu burung, lebih dari setengah pasiennya tidak dapat diselamatkan.

Para ahli juga khawatir karena virus H5N1 sangat berbeda dengan virus flu lainnya dan tubuh manusia tidak punya imunitas terhadap virus tersebut. Tidak memiliki imunitas berarti tubuh mengalami kesulitan dalam memerangi infeksi virus flu burung. Ini juga berarti bahwa siapapun, termasuk mereka yang kondisi tubuhnya sangat sehat, dapat menjadi sangat sakit apabila tertular flu burung.  Namun ingatlah, flu burung kemungkinan besar bukanlah ancaman jika Anda tinggal di wilayah yang tidak terdapat peternakan unggas.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}