Penyebab Kanker Mulut

481
Penyebab Kanker Mulut
Shutterstock

Diedit:

Tahukah Anda Apa penyebab kanker mulut atau pemicu kanker mulut? Alangkah baiknya jika Anda mengetahui sebab kanker mulut sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan. Mengingat kanker mulut sering disalah gambarkan dengan sariawan biasa. Mari kita perhatikan apa penyebabnya!

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan kaitan pola hidup, faktor keturunan, dan penyakit lainnya yang turut menjadi penyebab kanker mulut. Beberapa mungkin bisa dihindari, namun adapula yang tak bisa Anda hindari!

Penyebab Kanker Mulut

Hingga saat ini banyak ahli dan dokter yang belum dapat memecahkan misteri penyebab kanker mulut atau pemicu kanker mulut secara pasti. Namun, bukan berarti para ahli dan dokter tidak dapat membantu Anda mengatasi penyakit ini. Anda hanya perlu memahami bagaimana kanker mulut dapat terjadi berdasarkan ciri-ciri kanker mulut yang ada.

Genetika

Penyakit ini sering dikaitkan dengan perubahan genetika yang disebut DNA. Ini merupakan kode genetika yang dapat digambarkan sebagai cetak biru (blue print) yang digunakan arsitek sewaktu membangun gedung. Terbentuk tubuh Anda berdasarkan atas kode genetika. DNA berisi informasi bawaan yang didapatkan dari kedua orangtua. Lalu, apa kaitannya dengan kanker mulut? Mari kita ulas bersama!

Sebelumnya Anda perlu memahami bahwa DNA memiliki gen yang disebut proto-oncogenes. Gen tersebut bertugas dalam mengontrol proses pembelahan maupun pertumbuhan sel, itulah sebabnya tubuh Anda memiliki kemampuan untuk memulihkan diri sewaktu mengalami luka.

Masih ada gen lainnya seperti oncogenes yang memiliki kemampuan mempercepat proses pembelahan sel. Keberadaan gen ini dipicu ketika terjadi mutasi gen dalam tubuh Anda. Anda juga perlu tahu tentang tumor suppressor genes yang berfungsi melambatkan atau menghentikan pembelahan sel.

Apa alasan Anda perlu memahami ketiga gen ini? Karena ini berkaitan dengan terbentuknya sel kanker. Mekanisme kerjanya sebagai berikut; Oncogenes terbentuk saat terjadi mutasi gen, kemudian menekan fungsi tumor suppressor genes, sehingga sel kanker bertumbuh terus-menerus tanpa henti, tidak bisa dikendalikan, cepat serta ganas.

Baca juga:  Kanker Mulut

Hal inilah yang disebut dengan kanker, jika lokasinya di sekitar mulut – maka disebut juga kanker mulut! Para ahli berhasil melihat kaitan beberapa faktor yang diduga kuat menjadi penyebab kanker mulut atau pemicu kanker mulut, kebanyakan berasal dari pola hidup.

Gaya Hidup

Oleh sebab itu, banyak yang menyebut penyakit kanker sebagai penyakit gaya hidup, karena penyebab kanker mulut atau pemicu kanker mulutsering kali berasal dari kebiasaan Anda. Misalnya; merokok dan minum alkohol berlebihan. Bagaimana mungkin?

Anda sebenarnya sudah sering mendengar bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, tapi tak seorangpun menghiraukannya karena mereka menikmati reaksi kimia yang dihasilkan oleh rokok. Tanpa Anda sadari, secara perlahan zat berbahaya dalam rokok akan merusak DNA anda secara langsung sehingga memicu kemunculan sel kanker, hal ini tentu terjadi.

Adapula kebiasaan menginang yang menurut laporan The China Post ada sekitar 85% ‘penginang’ di Taiwan mengidap kanker mulut. Selain itu, kebiasan minum alkohol memperparah keadaan Anda, penyebab kanker mulut atau pemicu kanker mulut ini bekerja dengan cara melemahkan diri Anda dan membuka peluang bagi radikal bebas untuk dapat masuk kedalam tubuh Anda.

Bagaimana dengan hubungan seks? Ya, tentu saja melakukan hubungan seksual – khususnya oral seks akan memperbesar kemungkinan tersebut. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan keberadaan HPV (Human Papilloma Virus).

Ada yang mungkin berpikir, sekalipun mereka melakukan kebiasaan tersebut – tampaknya kanker tidak menyerang mereka, benarkah seperti itu? Ya, hal ini bisa saja terjadi – namun perlu diingat, kanker bukanlah penyakit yang timbul satu malam.

Penyakit ini seringkali terjadi karena akumulasi dari kebiasaan Anda. Ketika diagnosis pertama kali, karena Anda merasakan adanya keluhan tertentu dalam diri Anda, kanker sudah berada dalam tahap yang perlu diwaspadai. Jika kanker sudah menyerang Anda tak perlu merasa panik dan putus asa, mengingat obat kanker mulut bisa menjadi solusi alternatif penyakit Anda.

Baca juga:  Pemeriksaan Kanker Mulut
Advertisement
Alinesia