Pengobatan Kanker Mulut

495
Pengobatan Kanker Mulut
(Credit: Kzenon / Adobe Stock)

Diedit:

Tentu saja, keberadaan sel kanker yang bersarang didalam rongga mulut bukanlah pengalaman menyenangkan bagi Anda! Jika Anda mengalami kanker mulut, adakah pengobatan kanker mulut secara medis yang mampu atasi kanker mulut? Jangan khawatir, ada beragam pilihan pengobatan kanker mulut yang bisa Anda pertimbangkan. Apa sajakah itu?

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan pilihan informasi pengobatan kanker mulut baik secara medis ataupun secara herbal. Ayo temukan beberapa informasi menarik lainnya dalam artikel berikut!

Pengobatan Kanker Mulut

Bagaimana pengobatan kanker mulut dilakukan? Setelah Anda menjalani serangkaian pemeriksaan kanker. Barulah tenaga medis dapat memberikan beberapa pilihan pengobatan kanker mulut yang tersedia. Pemeriksaan kanker dilakukan agar pengobatan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dengan demikian pengobatan kanker bisa lebih efektif dan tepat sasaran. Setelah hasil pemeriksaan keluar dengan hasil yang menyatakan bahwa Anda mengidap kanker, maka dokter akan memberikan penjelasan rinci seputar tindakan medis yang akan diambil. Misalnya;

Operasi atau Pembedahan

Tindakan medis ini dapat dilakukan baik pada tahap awal atau pada saat kronis, manakala jaringan sel dalam rongga mulut tak dapat dipertahankan. Pembedahan merupakan tindakan medis yang dilakukan dengan mengangkat sel kanker.

Karena sel kanker yang bersifat parasit menempel pada jaringan sel sehat, maka tak heran jika pembedahan mencakup jaringan disekitarnya.

Tindakan medis ini memiliki risiko yang bisa jadi pertimbangan Anda, sebagai contoh; jika sel kanker berada dekat dengan pita suara. Ada kemungkinan manakala sel kanker menyebar sehingga pita suara turut diangkat dan bisa jadi Anda harus kehilangan suara.

Pembedahan tak hanya berupa pengangkatan sel kanker, melainkan juga perbaikan terhadap jaringan sel yang telah rusak dengan rekonstruksi ulang. Sekalipun rekonstruksi jaringan dilakukan, hasilnya tentu tidak sama seperti sediakala.

Baca juga:  Kanker Gusi: Bedakan Gejala Kanker dengan Radang Gusi

Namun, para ahli medis tentu memiliki pertimbangan lain sewaktu memaparkan pilihan pengobatan kanker mulut ini.

Radiasi

Sama seperti jenis kanker lainnya, radiasi juga digunakan dalam pengobatan kanker mulut. Radiasi biasanya dilakukan setelah prosedur pengangkatan kanker. Mengapa? Sifat dari paparan radiasi adalah merusak komponen atau susunan sel baik itu sel kanker maupun sel sehat. Radiasi dapat dilakukan dari dalam tubuh ataupun dari luar tubuh. Tentu radiasi dalam jumlah yang merusak dapat menjadi penyebab kanker mulut.

Dalam tubuh kita terdapat sel-sel yang didalamnya berisi informasi genetika. Informasi genetika yang dikenal dengan DNA ini, kemudian membentuk jaringan dan organ tubuh.

Setiap sel memiliki ‘cetak biru’ atau fungsinya sendiri dalam membentuk organ, contohnya; tubuh Anda sewajarnya tidak akan menumbuhkan gigi pada lidah Anda, melainkan tertanam erat dalam gusi. Itulah fungsi dari DNA. Radiasi mampu mengganggu proses pembentukan sel, termasuk sel kanker.

Karena radiasi berhasil mengganggu perkembangan sel kanker dalam membentuk jaringan tidak normal, berupa gumpalan atau benjolan. Maka metode ini dapat dilakukan sebagai tahap pencegahan kambuhnya kanker untuk kedua kali pada area yang sama. Hanya saja metode ini dapat berdampak pada indera pengecapan, misalnya; kehilangan indera perasa baik sementara atau permanen.

Kemoterapi

Metode lainnya yang juga sering digunakan ialah kemoterapi. Metode ini dilakukan dengan penggunaan obat medis anti-kanker baik yang disuntikkan atau dikonsumsi. Cara kerja obat bila disuntikan tentu akan masuk melalui saluran pembuluh darah dan menyebar keseluruh jaringan tubuh secara umum. Bila dikonsumsi tentu akan melalui proses pencernaan dan penyerapan kandungan obat.

Kandungan anti-kanker dalam tubuh akan bereaksi dan menyerang sel kanker, menghancurkan komponen inti sel didalamnya. Penghancuran ini mengakibatkan sel kanker tidak dapat berkembang bahkan mati. Metode ini cukup efektif, namun memiliki efek samping lainnya berupa kerontokan rambut.

Baca juga:  Penyebab Kanker Mulut

Sarang Semut

Herbal yang satu ini dikenali dapat membantu proses pemulihan dari serangan kanker, bahan dasar alaminya sendiri ialah Sarang Semut Papua yang terdapat pada tanaman epifit asli Papua. Kandungan anti kanker dalam Sarang Semut menjadikannya sebagai obat kanker mulut yang bisa menjadi pilihan pengobatan.

Demikianlah empat pilihan utama pengobatan kanker mulut yang dapat menjadi pertimbangan. Kanker mulut bukanlah penyakit yang tidak mudah disembuhkan, Anda tentu dapat pulih kembali.

Janganlah menyerah jika Anda mengidap kanker mulut, proses pemulihan cenderung lebih efektif saat Anda memiliki semangat hidup. Jadi, jangan pernah merasa terpuruk dengan kondisi kesehatan Anda! Banyak pasien kanker yang berhasil menghadapi masa-masa sulit ini dengan hati dan pikiran yang tenang.

Cobalah untuk berpikir positif terhadap kesembuhan Anda, perjuangan Anda dalam menghadapi penyakit ini tidaklah sia-sia. Jika anggota keluarga atau kerabat Anda mengalami kanker mulut, cobalah untuk terus memberikan dukungan.

Advertisement
Alinesia