Pencegahan Kanker Mulut

523
Pencegahan Kanker Mulut
(Credit: luckybusiness / Adobe Stock)

Diedit:

Serangan kanker mulut bisa jadi membuat Anda merasa khawatir. Namun, adakah cara untuk mencegah kanker mulut sejak dini? Bagaimana tindakan pencegahan kanker mulut dapat dilakukan? Artikel berikut akan membantu Anda melihat beberapa metode yang dapat Anda coba guna mencegah terjadinya kanker mulut.

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi seputar pencegahan kanker mulut, mulai dari menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, hingga mewaspadai konsumsi makanan. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut!

Pencegahan Kanker Mulut

Sebenarnya para ahli masih melakukan riset mendalam sehubungan dengan kaitan antara perubahan gaya hidup maupun risiko kanker. Salah satu perubahan gaya hidup yang bisa mengurangi risiko kanker mulut adalah mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang kaya akan serat.

Apa saja cara lain yang dapat membantu Anda untuk mencegah kanker mulut? Pencegahan kanker mulut berkaitan erat dengan menghindari penyebab kanker mulut yang ada.

Jagalah Kebersihan Mulut

Ternyata menggosok gigi tak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau mulut ataupun sisa-sisa makanan. Tindakan menjaga kebersihan mulut yang satu ini membantu Anda untuk terhindar dari kanker mulut. Bagaimana mungkin?

Penumpukan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri. Bakteri ataupu mikro organisme ini lama-kelamaan akan berkembang biak didalam mulut. Begitu banyaknya bakteri didalam mulut dapat menyebabkan peradangan pada mulut, lidah, gusi dan gigi.

Pada saat zat karsinogen masuk kedalam jaringan yang mengalami peradangan atau terinfeksi ini, maka kanker bisa saja menjangkiti Anda.

Hentikan Kebiasan Merokok

Merokok sebenarnya merupakan tindakan bunuh diri yang banyak orang lakukan tanpa mereka sadari. Kesenangan sesaat yang Anda rasakan dari merokok tidak sebanding dengan risiko serangan kanker mulut. Bagaimana ini dapat terjadi? Rokok jenis apapun itu mengandung zat-zat berbahaya yang bersifat karsinogen. Zat-zat beracun ini juga dapat menyebabkan peradangan dan memperparah kondisi kesehatan Anda termasuk risiko serangan kanker.

Baca juga:  Penyebab Kanker Mulut

Untuk dapat benar-benar bersih dari pengaruh rokok, Anda membutuhkan waktu sekitar 15 tahun. Bayangkan berapa banyak racun yang ada di dalam tubuh Anda, jika proses pembuangan toksin saja membutuhkan waktu selama itu. Hentikanlah kebiasaan merokok yang dapat membunuh nyawa Anda, membunuh orang disekitar Anda bahkan merampas uang Anda.

Batasi Konsumsi Alkohol

Masih belum diketahui secara pasti antara kaitan konsumsi alkohol dengan kanker mulut, namun tampaknya kandungan alkohol juga dapat memicu reaksi peradangan yang memperbesar potensi serangan kanker. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pasien kanker mulut dengan latar belakang peminum alkohol tingkat berat.

Perhatikan Pengolahan Makanan

Banyak orang seringkali mengabaikan pentingnya memerhatikan proses pengolahan makanan. Beberapa proses memasak dengan cara dibakar, dipanggang, ataupun digoreng dapat meningkatkan potensi serangan kanker. Bagaimana mungkin?

Pada saat Anda mengolah makanan dengan cara dibakar, maka zat-zat beracun saat reaksi pembakaran berlangsung akan turut terkontaminasi ke dalam makanan tersebut. Misalnya, Anda membakar sate dengan arang ataupun kayu bakar maka sisa pembakaran yang bersifat racun akan menguap berbentuk asap dan mengkontaminasi sate Anda.

Bagaimana dengan yang dipanggang? Jika kondisi pemanggang Anda cukup baik bisa jadi kontaminasi zat berbahaya tidak begitu mengkhawatirkan. Namun, saat pemanggang yang Anda gunakan sudah tidak layak dan Anda tetap menggunakannya. Sebenarnya Anda sedang mempersiapkan racun pada makanan yang sedang dipanggang.

Menggoreng makanan juga berpotensi meningkatkan serangan kanker. Hal ini dikarenakan proses oksidasi bisa saja terjadi pada minyak goreng yang dipakai secara berulang.

Demikianlah beberapa metode pencegahan kanker mulut yang bisa Anda terapkan. Menjaga kesehatan Anda sejak dini lebih baik daripada harus menjalani perawatan medis yang membutuhkan banyak biaya dan tidak begitu menyenangkan. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kanker mulut untuk memastikan keberadaan kanker.

Baca juga:  Obat Kanker Mulut Alami Khas Indonesia
Advertisement
Alinesia